DPR Desak Panglima TNI dan Kapolri Segera Tangkap Kelompok Teroris Bersenjata di Papua

In Politik

SinarHarapan.id – Dalam rapat Paripurna DPR RI pembukaan masa sidang ke V, tahun 2020-2021. Ketua DPR Puan Maharani, mengungkapan lembaga yang dipimpinnya sepakat satu suara. Mendesak Panglima TNI dan Kapolri untuk menggerakkan jajarannya agar segera mungkin menangkap seluruh kelompok terorisme bersenjata di Papua.

Hal itu disampaikan Puan, sebagai pernyataan sikap terhadap aksi penembakan yang mengakibatkan gugurnya perwira tinggi TNI Kepala BIN Daerah Papua, Mayor Jenderal TNI Anumerta I Gusti Putu Danny Nugraha Karya. Oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua pada tanggal 25 April 2021.

“Atas nama Pimpinan DPR dan segenap Anggota DPR, saya mendesak Panglima TNI dan Kapolri beserta jajarannya agar segera mengejar, menangkap dan memproses secara hukum anggota Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua dan melindungi seluruh masyarakat, tidak ada ruang bagi Kelompok Kriminal Bersenjata di seluruh wilayah NKRI,” ujar Puan Maharani dalam sambutannya, membuka sidang paripurna, Kamis (6/5/2021).

Ditegaskannya, saat ini aksi kejahatan yang dilakukan oleh KKB di Papua sudah sangat mengkhawatirkan. Dengan sejumlah catatan kejahatan yang berlangsung selama tahun 2021 ini, diantaranya :

1. Penembakan Tukang Ojek

Tukang ojek di Kampung Eromaga, Kabupaten Puncak ditembak, kemarin. Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Iqbal Al Qudusy menyebut nama korban bernama Udin (41) tinggal di kompleks Pasar Ilaga, rumah Haji Umar.

2. Pembakaran Sekolah

Kemudian tanggal 7 April dan 11 April 2021 sudah terjadi dua kali pembakaran yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Dua unit sekolah dibakar dan menyebabkan kerugian material mencapai Rp7,2 miliar.

3. Pembakaran Helikopter

Aksi kejahatan yang dilakukan Kelompok Kejahatan Bersenjata (KKB) juga terjadi pada 12 April 2021. Kelompok itu membakar helikopter milik PT Ersa Air.

4. Pembakaran Rumah Anggota DPRD

Selanjutnya pada tanggal 13 April 2021 sekitar pukul 12.00 WIT bertempat di bawah ujung landasan Bandara Beoga, Distrik Beoga Kabupaten Puncak, telah terjadi aksi gangguan keamanan (bunyi letusan senjata sebanyak 4 kali) dan pembakaran 2 (dua) unit rumah.

5. Penembakan Kepala BIN Daerah Papua

Perwira tinggi TNI Kepala BIN Daerah Papua, Mayor Jenderal TNI Anumerta I Gusti Putu Danny Nugraha Karya. Gugur setelah ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua pada tanggal 25 April 2021. SH/Edison

 

You may also read!

Pasca Perpanjangan Subsidi PPnBM, Wuling Umumkan Harga Terkini

Sinarharapan.id-Sejalan dengan rencana pemerintah yang akan memperpanjang kebijakan subsidi PPnBM 100% hingga Agustus 2021, Wuling Motors (Wuling) hari ini

Read More...

The MINI Paddy Hopkirk Edition Hadir di Indonesia

Sinarharapan.id-MINI Indonesia dengan bangga rayakan kemenangan pertama classic MINI pada kejuaraan legendaris Monte Carlo Rally pada tahun 1964 dengan

Read More...

20 Peserta Kompetisi e-Motorsport TOYOTA GAZOO Racing GT Cup 2021 Masuki Race Day Round 1

Sinarharapan.id-Pendaftaran kompetisi e-Motorsport TOYOTA GAZOO Racing GT Cup 2021 yang dibuka oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada 1

Read More...

Mobile Sliding Menu