Gubug Makan Mang Engking Hadirkan Kesegaran di Ancol dengan Resep Khas Desa Sunda

In Leisure

SinarHarapan.id – Restoran ini memang salah satu tempat yang berusaha menyulap suasana desa di tengah keriuhan perkotaan. Ya, Gubug Makan Mang Engking di mana saja lokasinya selalu menawarkan cita rasa desa, tak terkecuali cabangnya yang ke-24 di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.

“Dari pintu masuk, pengunjung akan kami ajak merasakan suasana pedesaan dengan banyak dekorasi bambu, gubuk, kolam, pepohonan, dan gambar sawah. Di sini ada 40 gubuk besar dan kecil yang bisa dipilih untuk dinikmati sambil berkumpul bersama keluarga,” kata General Manajer Gubuk Makan Mang Engking Ancol, Deni Hamdani, beberapa waktu lalu.

Panorama lukisan desa dan berbagai ornamen dari bambu menjadi ciri khas di Gubug Makan Mang Engking di Ancol. (Redaksi)

Penerangan di sini juga mengandalkan lampion-lampion yang diletakkan di beberapa sudut.

“Sengaja lampion yang dipilih agar konsepnya menyatu dengan gubuk yang kami buat. Kami juga pakai gubuknya tidak sembarangan, dengan bambu yang sudah diawetkan dan bisa bertahan hingga 10 tahun,” kata dia.

Gubuk-gubuk ini berdiri di atas kolam seluas 500 meter persegi.

Gubuk-gubuk di Gubug Makan Mang Engking ini berdiri di atas kolam seluas 500 meter persegi. (Redaksi)

Lokasi restoran ini terletak di depan Hotel Mercure Ancol dan berdampingan dengan Ecopark Ancol. Keadaan Ecopark yang telah ditumbuhi banyak pepohonan menjadi keuntungan tersendiri bagi restoran ini karena cuaca panas Ancol jadi tidak terlalu terasa.

Gubuk Makan Mang Engking malah bisa menjadi oase kesegaran dengan konsep berbeda di antara berbagai fasilitas hiburan dan restoran di Ancol.

“Kami juga menyediakan fasilitas memancing ikan buat anak-anak. Di kolam air payau ini anak bisa memancing ikan bandeng dengan durasi 15 menit dengan tariff Rp 25.000. Ikannya bisa dibawa pulang atau dimakan di sini dengan harga Rp 40.000 per kilogramnya,” katanya.

 

Menu Khas Mang Engking

Terkait menu unggulan sendiri, Gubug Makan Mang Engking tetap mengandalkan menu makanan khas Sunda di lokasi Taman Impian Jaya Ancol ini.

“Saya jamin, cita rasanya tidak berubah dimana pun pengunjung merasakan masakan Gubug Makan Mang Engking. Kami memilliki standar yang sangat ketat untuk itu,” kata Deni Hamdani.

Salah satunya tentu saja menu favorit pengunjung Gurame Bumbu Cobek. Bumbu sambal asli khas Banjar ini dipadukan dengan ikan gurame yang gurih yang terasa pas dimakan dengan nasi hangat.

Gurame Bumbu Cobek

 

“Menu favorit kita ada Ikan Gurame Cobek. Sambalnya khas Banjar, namanya sambal leuceuh atau artinya sambal yang diulek kasar,” kata Deni.

Aneka macam sambal khas Jawa Barat pun menjadi sajian andalan juga.

“Kami punya lima sambal, ada sambal ijo, sambal mangga muda, sambal terasi dadak, sambal tomat, dan sambal kecap. Jagoannya sambal terasi dadak karena terasi dan gula arennya hanya dimiliki oleh Mang Engking Group,” kata Deni Hamdani.

Aneka Sambal

Menu lainnya adalah Udang Bakar Manis Madu. Rasanya manis dan pedas serta daging empuk udang disajikan dalam tusukan sate.

Menu Sunda tentu tidak boleh terlewatkan pesanan sayuran karedok dengan bumbu kacang yang khas di lidah.

“Karedoknya itu bumbu kacangnya diulek kasar dan ditambah gula aren khas Jawa Barat. Tingkat pedasnya juga bisa disesuaikan sesuai keinginan pembeli,” kata Deni.

Karedok

Salah satu menu favorit yang tampilannya cukup heboh adalah Kepiting Asam Manis. Kepiting merah dibumbui dengan saos asam manis tentu saja sajiannya akan membutuhkan piring dalam porsi cukup besar.

Pengunjung akan merasakan nikmatnya kelembutan daging kepiting serta paduan saos asam manis.

Kepiting Asam Manis

Satu hidangan penutup yang jadi favorit pengunjung, yaitu Es Krim Kelapa. Tiga scoop es krim dengan rasa cokelat, vanilla, dan stroberi ditaro di belahan kelapa kopyor, dipadukan dengan potongan alpukat dan taburan butiran cokelat warna-warni.

Es Krim Kelapa

 

Jika pengunjung datang di siang hari nan panas, bisa dipertimbangkan memesan minum Es Teh Leci yang tampilan warnanya unik, dan juga Es Kelapa Kopyor.

Es Teh Leci

Beberapa menu favorit termasuk di dalam paket khusus Ramadan. Terdapat dua paket untuk menyambut bulan suci Ramadan ini dengan harga mulai dari Rp 983.500 dan Rp 1.445.000.

Paket Marhaban Ramadan untuk enam orang (termasuk tiket masuk Ancol dengan reservasi) terdiri dari takjil, udang bakar madu, ikan kuwe gepeng bakar acar, ikan gurame bumbu cobek, cumi goreng tepung, ayam bakar kecap 1 ekor, nasi putih, tumis kangkung, karedok, tahu dan tempe goreng, sambal terasi dadak, buah potong, pisang goreng keju dan minuman.

Sedangkan Paket Berkah Ramadan untuk 10 orang (termasuk tiket masuk Ancol dengan reservasi) terdiri dari takjil, udang bakar madu, ikan kuwe gepeng bakar acar, ikan gurame bumbu cobek, cumi goreng tepung, cumi saus asam manis, sop iga sapi, ayam bakar kecap 1 ekor, Nasi putih, tumis kangkung, karedok, tahu dan tempe goreng, sambal terasi dadak, sambal tomat, buah potong, pisang goreng keju serta minuman.

 

You may also read!

Jadi Mitra Resmi Online Tiket Partner PON XX Papua, tiket.com Gelar Diskon Tiket Pesawat

Sinarharapan.id-tiket.com, pionir Online Travel Agent (OTA) platform di Indonesia yang baru saja memperingati hari jadi ke-10, turut meriahkan PON (Pekan Olahraga

Read More...

Bakrie Amanah Gelar Khitanan 500 Anak Negeri

JAKARTA- Acara Pembukaan Program Khitanan sebagai bagian dari Festival Muharam Ceria 2021 diselenggarakan di Masjid Roosniah Al-Achmad Bogor, Sabtu,

Read More...

Penelitian Terbaru Mengenai Pengalaman Pelanggan (CX) dari NTT, Teknologi yang Digunakan dalam Pengalaman Pelanggan (CX) Menetapkan Dasar Baru

Sinarharapan.id-NTT Ltd. pada hari ini merilis Global Customer Experience Benchmarking Report (GCXBR) edisi tahun 2021, yakni sebuah survei tahunan

Read More...

Mobile Sliding Menu