Indonesia Diharapkan Bantu Tingkatkan Kemampuan Pekerja Djibouti

In Internasional

SinarHarapan.id – Djibouti memerlukan dukungan Indonesia dalam meningkatkan kemampuan dan kualitas pekerja di bidang hospitality terutama pelayanan yang berkaitan dengan pariwisata, maintenance dan operator mesin termasuk di bidang geotermal.

Negara itu juga memerlukan pelatihan dibidang logistik berupa training center, termasuk simulator karena Djibouti memiliki pelabuhan barang yang sangat penting dan besar di kawasan Afrika Timur.

Hal itu mengemuka dalam pertemuan Youssuf Moussa Dawaleh, Ketua KADIN Djibouti dengan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, di kantor KADIN Djibouti, Selasa (30/4).

Duta Besar Al Busyra didampingi oleh Ni Putu Anggraeni, Fungsi Ekonomi KBRI Addis Ababa.

Lebih lanjut Dawaleh yang juga penasehat Presiden Djibouti itu mengatakan pula bahwa Djibouti memerlukan vocational training untuk para pekerjanya.

“Indonesia negara yang secara ekonomi cukup maju dan berkembang pesat memiliki apa yang saat ini dibutuhkan oleh Djibouti,” kata Dawaleh.

Djibouti, sebuah negara di Afrika Timur seluas 23.200 km persegi dengan penduduk 950.000 orang itu memiliki lokasi yang sangat strategis dan penting bagi perdagangan dunia, terutama lalu lintas kapal antara Asia, Afrika, Timur Tengah dan Eropa.

Duta Besar Al Busyra Basnur mengatakan bahwa Djibouti adalah salah satu negara sahabat yang penting bagi Indonesia, baik secara bilateral, regional maupun multilateral. Potensi hubungan dan kerjasama bilateral kedua negara sangat besar, terutama di bidang ekonomi.

Pada Oktober 2019, sejumlah pengusaha Djibouti merencanakan akan ikut dalam Trade Expo Indonesia (TEI) yang akan diselenggarakan di Jakarta. Sementara pada awal Desember 2019, Indonesia akan berpartisipasi dalam Djibouti International Trade Fair yang akan diselenggarakan di Djibouti. Tahun 2018, nilai total perdagangan Indonesia-Djibouti sebesar USD 211.55 juta, surplus untuk Indonesia sebesar USD 211.53 juta. (Sumber: KBRI Addis Ababa)

You may also read!

Membuka Akses Air Bersih untuk Kehidupan yang Lebih Baik di Nusa Tenggara Timur

Sinarharapan.id-“Tidak terpikirkan sebelumnya saya bisa menanam sayur di tanah yang dulunya sangat kering. Ini layaknya mimpi,” ucap Roni Y.

Read More...

Aktifitas PTM Aman dan Menyehatkan Dengan Segala Persiapan dan Protokolnya bersama SoKlin Antisep

Sinarharapan.id-Pembelajaran tatap muka terbatas (PTM Terbatas) disikapi beragam di tengah masyarakat. Ada yang mendukung dengan syarat ada juga yang

Read More...

Kaspersky dan Para Pakar Bersama Perkuat Pertahanan Rantai Pasokan TIK di Asia Pasifik

Sinarharapan.id-Telah terjadi lompatan besar secara digitalisasi selama pandemi ini. Langkah-langkah keamanan siber kerap terlewat yang mengakibatkan beberapa serangan rantai pasokan

Read More...

Mobile Sliding Menu