Indonesia Galang Dukungan Keanggotaan Dewan Maritim Internasional

In Internasional

SinarHarapan.id –   Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London menyelenggarakan resepsi dalam rangka penggalangan dukungan kepada Indonesia dalam pencalonan kembali sebagai Anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) kategori C untuk periode 2020-2021.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dan Wakil Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Bapak Agus Joko Pramono berkesempatan hadir dalam resepsi yang diselenggarakan di Church House, Westminster, London – Inggris.

Resepsi dihadiri oleh Sekretaris Jenderal IMO Kitack Lim dan sejumlah perwakilan asing yang merangkap IMO. Tidak kurang dari 100 orang hadir pada acara tersebut.

Duta Besar RI untuk Inggris Raya, Irlandia dan Organisasi Maritim Internasional, Dr Rizal Sukma mengawali sambutannya dengan menyampaikan ucapan terima kasih perwakilan negara sahabat yang hadir.

Dubes Rizal Sukma menyatakan bahwa sebagai negara yang memiliki posisi strategis, yaitu di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, Indonesia dapat berkontribusi lebih banyak bagi IMO jika terpilih sebagai anggota Dewan IMO Kategori C untuk periode 2020 – 2021.

Komitmen ini sejalan dengan kebijakan Indonesia yang menempatkan sektor maritim sebagai prioritas utama.

Dubes Rizal Sukma mengatakan bahwa melalui keanggotaan Indonesia tersebut, Indonesia akan terus mendukung implementasi Rencana Strategis IMO dalam rangka menyeimbangkan pembangunan ekonomi dan pelayaran internasional yang aman dan selamat serta berdasar pada keberlangsungan lingkungan.

Sejalan dengan hal tersebut, Indonesia juga menominasikan tim auditor eksternal untuk periode 2020 – 2023.

Menhub Budi  Karya mengumumkan pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan IMO Kategori C untuk periode 2020 – 2021.

Menhub RI juga menegaskan komitmen Indonesia untuk menjalankan instrumen hukum IMO guna menciptakan pelayaran yang aman, selamat, serta berdasar pada keberlangsungan lingkungan.

Indonesia akan terus mendukung IMO dalam implementasi Konvensi IMO, Standard dan Guidines serta manjaga keseimbangan pembangunan ekonomi dan fasilitasi perdagangan internasional dengan pelayaran internasional yang aman, selamat dan memberikan perlindungan bagi lingkungan hidup.

Hal ini sejalan dengan visi besar Indonesia sebagai Global Maritime Fulcrum sehingga dapat mewujudkan diplomasi maritime Indonesia.

Untuk itu, Menhub RI  mengajak seluruh perwakilan negara anggota IMO untuk memberikan suaranya bagi Indonesia dalam pemilihan anggota Dewan IMO Kategori C untuk periode 2020–2021 dan juga dalam pemilihan auditor eksternal IMO periode 2020– 2023

Pada kesempatan berikutnya, Wakil Kepala BPK RI mengumumkan secara formal mengenai pencalonan BPK RI sebagai Auditor Eksternal IMO untuk periode 2020 – 2023 dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan audit yang professional dan efisien bagi IMO, the World Maritime University dan juga the International Maritime Law Institute.

Dalam skala internasional, pengalaman BPK RI sebagai auditor eksternal telah teruji dengan pengalamannya sebagai auditor eksternal the International Atomic Energy Agency (IAEA) untuk periode 2016 – 2021 dan the International Anti-Corruption Academy untuk periode 2015 – 2016 dan 2018 – 2020.

Wakil Kepala BPK RI menyampaikan jika terpilih sebagai auditor eksternal IMO untuk periode 2020 – 2023, maka Indonesia merupakan negara pertama dari Kawasan Asia Tenggara yang menduduki posisi tersebut. Hal ini akan memberikan makna penting bagi azas keterwakilan negara-negara dari berbagai Kawasan yang ada.

Pada acara resepsi tersebut juga diputarkan video singkat yang menggambarkan capaian Indonesia dalam bidang maritim dan komitmen kuat dalam mengembangkan serta memajukan kerjasama maritim dengan seluruh anggota IMO serta video mengenai pencalonan BPK RI sebagai auditor eksternal IMO.

Para hadirin juga dihibur dengan penampilan tari Réjang Sari dari Bali yang dibawakan oleh kelompok tari Lila Bhawa dan kelompok gamelan Bali, Lila Cita.

Di sela-sela acara tersebut, para diplomat Indonesia dari KBRI London memanfaatkannya untuk melakukan pendekatan kepada diplomat negara lainnya guna memberikan dukungan kepada Indonesia untuk menjadi anggota kembali Dewan IMO kategori C untuk periode 2020–2021 dan pencalonan BPK RI sebagai auditor eksternal IMO untuk periode 2020–2023.

(Sumber: KBRI London)

You may also read!

Junimart Girsang Kritis SK KLHK Sebagai Pemicu Konflik Sengketa Lahan Masyarakat

SinarHarapan.id  - Wakil Ketua Komisi II DPR, Junimart Girsang. Melaporkan persoalan konflik lahan yang terjadi pada sejumlah daerah di Indonesia,

Read More...

Tingkatkan Pemberantasan IUU Fishing Transnasional, KKP Gandeng Kerjasama Dengan Interpol

SinarHarapan.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus meningkatkan upaya pemberantasan aksi penangkapan ikan ilegal (IUU Fishing), dengan kerjasama

Read More...

DPR Desak Panglima TNI dan Kapolri Segera Tangkap Kelompok Teroris Bersenjata di Papua

SinarHarapan.id - Dalam rapat Paripurna DPR RI pembukaan masa sidang ke V, tahun 2020-2021. Ketua DPR Puan Maharani, mengungkapan lembaga

Read More...

Mobile Sliding Menu