Jusuf Kalla Raih Penghargaan Tertinggi The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun dari Pemerintah Jepang

In Berita Kini

SinarHarapan.id-Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan ke-12 Muhammad Jusuf Kalla (JK) meraih penghargaan tertinggi bintang jasa utama The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun dari Pemerintah Jepang. Penganugerahan ini disampaikan langsung oleh Kaisar Jepang Naruhito melalui upacara kenegaraan di Istana Kekaisaran (Imperial Palace) pada Selasa, 10 Mei 2022.

Jusuf Kalla menerima penghargaan tertinggi Pemerintah Jepang ini karena telah berkontribusi besar untuk memperkuat hubungan bilateral dan mempromosikan persahabatan antara Indonesia dan Jepang. Jusuf Kalla didampingi Ibu Mufidah Jusuf Kalla, memasuki area kawasan Istana Kaisar sekitar pukul 09.30 Waktu Tokyo Jepang.

“Saya merasa bersyukur, tadi pagi oleh Kaisar Jepang diberikan kepada saya The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun, hal ini menunjukkan bahwa hubungan Indonesia dan Jepang sangat kuat,” demikian disampaikan Jusuf Kalla usai media briefing yang diselenggarakan di Wisma Duta.

“ini adalah penghargaan bukan hanya ke saya, tapi juga kepada bangsa Indonesia”, tegasnya.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi menyampaikan bahwa penghargaan ini adalah bentuk penghormatan Jepang kepada tokoh-tokoh terbaik dunia, termasuk Indonesia.

“Saya turut bangga, The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun merupakan penghargaan tertinggi Jepang. Ini adalah bentuk penghormatan Jepang kepada Bapak Wapres Jusuf Kalla yang telah berjasa memperkuat hubungan Indonesia dan Jepang. Kita harapkan dukungan yang terus menerus dari Bapak Jusuf Kalla, untuk terus mendorong dan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Jepang,” ujar Dubes Heri.

Bintang jasa The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun dari Kaisar Jepang sebelumnya pernah diterima oleh Menteri Luar Negeri RI periode 1988 – 1999 Ali Alatas pada 2007 dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2010 – 2014 Ginanjar Kartasasmita pada 2008.

Penghargaan Order of the Rising Sun diberikan kepada individu yang telah mencapai prestasi luar biasa dalam hubungan internasional, promosi budaya Jepang, dan pelestarian lingkungan. Penghargaan ini diberikan pertama kali oleh Kaisar Meiji pada tahun 1875.

Terdapat sejumlah tingkatan dari penghargaan Order of the Rising Sun ini, dari yang tertinggi yaitu: The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun; The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star; The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon; The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Rosette; The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Rays, dan terakhir The Order of the Rising Sun, Silver Rays

Untuk periode musim semi 2022, dari 112 warga negara asing yang menerima penghargaan Order of the Rising Sun, 3 tokoh berasal dari Indonesia dan 22 orang di antaranya adalah perempuan. Selain kepada JK, Pemerintah Jepang memberikan penghargaan bintang jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star  kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamenku Buwono X dan Duta Besar RI untuk Jepang periode 2013-2016 Yusron Ihza Mahendra. (MIC)

You may also read!

Pospay Gebu Minang

Kolaborasi Pospay Gebu Minang Diluncurkan

SinarHarapan.id - PT Pos Indonesia (Persero) menjalin kerja sama dengan Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang meluncurkan . Pospay Gebu

Read More...

realme Luncurkan “Unleash The Mighty Power”

SinarHarapan.id, Jakarta- realme, merek Favoritnya Anak Muda hari ini resmi menggelar acara peluncuran Unleash The Mighty Power dengan rangkaian

Read More...

Begini Strategi Pemasaran Kendaraan Honda SUV di Tanah Air

SinarHarapan.id-Dalam beberapa tahun terakhir, pasar otomotif di Indonesia terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan masyarakat akan sebuah

Read More...

Mobile Sliding Menu