Kala Tari Melayu ‘Melawan’ Tari Sufi At-Tanaura di Assiut, Mesir

In Budaya

SinarHarapan.id –  Tari Melayu, Zapin menjadi penampilan pembuka pada acara pertukaran seni dan budaya sekaligus promosi perdagangan seni dan budaya Indonesia yang dikemas dalam pagelaran “Atmosphere of Indonesia” di Cultural Palace atau Pusat Seni Budaya Provinsi Assiut, Mesir, Rabu (21/8).

Lebih dari 300 masyarakat dan para pejabat Pemerintah  Assiut hadir menyaksikan pagelaran budaya dan pameran perdagangan tersebut.

Pejabat daerah Provinsi Assiut, Muhammad Abdul Galil, Wakil Kementerian Kebudayaan Mesir, Fauziah Abulnaga, turut memberikan sambutan saat acara pembukaan.

Acara yang digelar atas kerja sama KBRI Kairo dan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir serta Pemda Assiut berhasil memukau para penonton.

Selain Zapin, Indonesia menampilkan tari Rapai Geleng, Rampak Bedug dan Angklung. Dua lagu Mesir yang populer turut dinyanyikan dengan iringan angklung, dan menambah meriah sambutan penonton.

Pihak Mesir tak mau kalah dengan menampilkan tiga tarian tradisional mereka antara lain tarian sufi At-Tanaura. Tarian Mesir tersebut ditampilkan pemuda pemudi setempat.

“Atmosphere of Indonesia memang menjadi salah satu kegiatan promosi seni dan budaya Indonesia yang diadakan KBRI Kairo kerja sama dengan PPMI melalui penampilan di pusat-pusat seni di kota-kota propinsi di Mesir, ” kata M. Aji Surya, Wakil Kepala Perwakilan RI dalam sambutannya.

Kegiatan ini juga memberdayakan tim kesenian para mahasiswa Indonesia di Mesir. “Seluruh penampil adalah para mahasiswa kita,” imbuhnya.

Dijelaskan juga tentang Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dan keragaman seni dan budayanya. Identitas dan keragaman budaya tersebut ditampilkan dalam pagelaran Atmosphere of Indonesia.

Selain promosi budaya dan seni, KBRI Kairo juga memanfaatkan momen tersebut dengan melakukan promosi perdagangan. Beberapa produk Indonesia dipamerkan oleh Atase Perdagangan KBRI Kairo antara lain kopi, briket, coklat dan produk kerajinan Indonesia.

“Selain beberapa produk Indonesia, kami juga promosikan Trade Expo Indonesia 2019 kepada para pengusaha di Assiut,” kata Atase Perdagangan Irman Adi Purwanto.

Hingga pertunjukkan telah usai, para penonton enggan untuk beranjak dari tempat duduknya walaupun waktu menunjukkan hampir tengah malam. Mereka memanfaatkan kesempatan dengan berfoto bersama para penampil dari Indonesia.

Menurut A Ramadhan, Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI, tour budaya Indonesia seperti di Assiut tersebut akan dilanjutkan di beberapa kota lain seperti Wadi Natroun dan Matrouh.

(Sumber: KBRI Kairo)

You may also read!

Tingginya Minat Pelanggan, BMW Astra Kembali Gelar BMW Joyfest 2020

Sinarharapan.id-BMW Astra Used Car merespons tingginya minat konsumen, pelanggan untuk kembali mengikuti keseruan rangkain acara BMW Joyfest 2020. Berbeda dibanding

Read More...

Terkait Calon Kapolri, Gus Jazil : UU Jelas Tidak Disebutkan Syarat Agama

SinarHarapan.id - Pucuk pimpinan Kapolri akan berganti di 2021 mendatang. Sejumlah nama juga ikut bermunculan. Belakangan, ada calon kuat kapolri

Read More...

Bamsoet: Prestasi Aero Raih Gelar Juara Dunia Harus Diikuti Semua Atlet Indonesia

SinarHarapan.id - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bangga terhadap berbagai capaian yang diraih kakak adik atlet Jetski nasional, Aero Sutan

Read More...

Mobile Sliding Menu