KBRI Addis Ababa Bagikan Paket Bantuan Covid-19 bagi WNI di Ethiopia

In Internasional

SinarHarapan.id – Untuk membantu masyarakat Indonesia meningkatkan daya tahan tubuh dan bantuan penanganan pandemi Covid-19, KBRI Addis Ababa membagikan paket bantuan kepada semua masyarakat Indonesia yang bermukim dan bekerja di kota Hawassa, Jumat (30/4). Paket bantuan berupa vitamin, masker dan hand sanitizer.

Di kota yang terletak 300 km selatan Addis Ababa itu, bermukim sekitar 40 orang masyarakat Indonesia, sebagian besar bekerja di perusahaan Indonesia. Bantuan diserahkan oleh Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur di kota tersebut.

“Pada kunjungan itu, Duta Besar Al Busyra juga mengadakan pertemuan dengan masyarakat Indonesia untuk memberikan informasi peraturan terkini dan berbuka puasa bersama serta pelayanan konsuler, seperti lapor diri, perpanjangan paspor dan lain-lain,” kata Ravky Adi Permato, Pejabat Fungsi Pensosbud KBRI Addis Ababa.

Pada pertemuan tersebut Dubes Al Busyra menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia agar tetap menjaga kesehatan dengan baik. Ia juga mendorong masyarakat Indonesia di Ethiopia untuk terus meningkatkan peran sebagai aktor terdepan diplomasi publik Indonesia, terutama di lingkungan tempat kerja masing-masing.

Tidak semua masyarakat Indonesia bisa hadir untuk acara buka puasa bersama tersebut karena seorang WNI yang bekerja di sebuah perusahaan dinyatakan positif Covid-19. Menurut informasi yang disampaikan perusahaan kepada KBRI, karyawan Indonesia di perusahaan itu bisa dikategorikan “suspected” sampai minggu pertama Mei 2021. Saat ini terdapat satu WNI yang positif Covid-19 di Ethiopia, sementara di negara Djibouti tidak ada.

Sejak terjadi pandemi Covid-19, KBRI Addis Ababa terus menghimbau masyarakat Indonesia agar tetap waspada. Berbagai bantuan untuk masyarakat Indonesia termasuk yang pernah positif Covid-19 dan sudah sehat, juga diberikan KBRI Addis Ababa, meskipun ada perusahaan yang terlambat memberitahu KBRI Addis Ababa tentang kondisi WNI.

Banyak pesan lewat aplikasi media sosial WhatsApp masyarakat Indonesia yang disampaikan langsung kepada Dubes Al Busyra, antara lain:

“Pak, makanannya sudah sampai. Terima kasih banyak ya pak atas bantuannya. Kami terharu. Tuhan yg balas kebaikan bapak”.

“Pak saya mau nangis. Terima kasih banyak pak perhatiannya. Kami gabisa bayangkan kalo ga ada bapak dan KBRI 😭😭😭. Sudah kami makan. Kenyang hehehe.”

“Selamat siang, pak dubes. Pak, kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan bapak. Kami ga tau cara balasnya. Banyak doa kami kirimkan buat bapak dan KBRI. Terharu kami pak.”

You may also read!

Junimart Girsang Kritis SK KLHK Sebagai Pemicu Konflik Sengketa Lahan Masyarakat

SinarHarapan.id  - Wakil Ketua Komisi II DPR, Junimart Girsang. Melaporkan persoalan konflik lahan yang terjadi pada sejumlah daerah di Indonesia,

Read More...

Tingkatkan Pemberantasan IUU Fishing Transnasional, KKP Gandeng Kerjasama Dengan Interpol

SinarHarapan.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus meningkatkan upaya pemberantasan aksi penangkapan ikan ilegal (IUU Fishing), dengan kerjasama

Read More...

DPR Desak Panglima TNI dan Kapolri Segera Tangkap Kelompok Teroris Bersenjata di Papua

SinarHarapan.id - Dalam rapat Paripurna DPR RI pembukaan masa sidang ke V, tahun 2020-2021. Ketua DPR Puan Maharani, mengungkapan lembaga

Read More...

Mobile Sliding Menu