Menkeu: Sertifikasi Halal Buat UMKM Akan Digratiskan

In Ekonomi

SinarHarapan.id – Pemerintah lewat Kementerian Keuangan sedang menggodok Peraturan Menteri Keuangan (PMK) mengenai tarif nol rupiah alias gratis untuk sertifikasi halal. Hal ini sesuai dengan aturan Undang-undang Cipta Kerja.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan aturan ini berlaku untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan diharapkan bisa membantu pengembangan produk tanpa adanya tambahan biaya.

“Terakhir untuk sertifikasi halal, untuk umkm akan dilakukan tarif 0 rupiah dan sehingga bisa kurangi beban, dan tarif ini bisa disampaikan kepada pengguana jasa secara transfaran,” ujar Sri Mulyani dalam diskusi virtual, Sabtu (24/10/2020).

Seluruh UMKM yang memiliki produk makanan dan minuman bisa mengajukan sertifikasi ini.

“Jadi kami sekarang sedang susun PMK-nya ini sesuai dengan Omnibus Law. Lembaga-lembaga pemeriksa halal yang nanti kita liat kesiapannya dalam melaksanakan tugas ini,” bebernya.

Saat ini, pemerintah juga sedang memperluas lembaga-lembaga pemeriksa halal yang nantinya bisa ikut melihat UMKM-UMKM yang produksinya berpotensi untuk diekspor. Agar, Indonesia sebagai pusat produsen halal terbesar di dunia pada 2024 mendatang.

“Nanti kita lihat kesiapannya dalam melaksanakan tugas ini,” pungkasnya.

You may also read!

Dukungan Keluarga Kunci Utama Kembangkan Kemampuan Penyandang Disabilitas

SinarHarapan.id - Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Sosial RI, Grace Batubara mengatakan dukungan penuh keluarga terhadap penyandang disabilitas

Read More...

Gisella Anastasia Luncurkan Skincare Series di Situasi Pandemi

SinarHarapan.id -  Gisella Anastasia beri harapan dan semangat di situasi yang lagi sulit saat ini ditengah masa pandemi Covid-19 yang

Read More...

Bersatu Hadapi Pandemi, Backstagers Indonesia Jadi Perkumpulan Berbadan Hukum

 SinarHarapan.id - Pandemi Covid-19 belum juga berakhir, namun hal ini membuat Backstagers Indonesia semakin kompak. Perkumpulan Komunitas yang berisi

Read More...

Mobile Sliding Menu