Miris, Tohar Butbul Korban Diskriminasi Politik Olimpiade Tokyo 2020

In Berita Kini, Olahraga

TOKYO – Nama Tohar Butbul sempat naik daun dalam Olimpiade Tokyo 2020. Bukan karena pejudo asal Israel itu berprestasi tinggi di Tokyo 2020, tapi karena ia dua kali dihindari lawan karena alasan politik.

Butbul yang bertanding di kelas 73 kg pertama kali dihindari oleh calon lawannya, Fethi Nourine asal Aljazair. Alasan Nourine sungguh tak masuk akal jika dilihat dari kacamata olahraga. Ia menghindari Butbul karena sikap politik membela Palestina.

Nourine dan pelatihnya, Amar Benikhlef lantas dikenai sanksi. Akreditasi mereka dicabut, dan diusir dari Tokyo supaya segera balik ke negerinya.

Cerita diskriminasi Butbul belum usai . Lagi-lagi pejudo Israel itu dihindari lawan di babak kedua. Kali ini penolakan datang dari Mohamed Abdarasool, pejudo asal Sudan.

Abdarasool seharusnya menghadapi Nourine di babak pertama. Tapi karena Nourine mundur, ia mendapatkan bye dan maju ke babak kedua menghadapi Butbul. Akhirnya sama saja, Butbul urung bertanding karena lawannya menolak dengan alasan yang sangat jauh dari nilai sportivitas.

Federasi Judo Internasional (IJF) juga akan mengusir Abdarasool, sekaligus memberikan sanksi baginya akibat pengunduran diri dengan alasan yang tak rasional dan jauh dari nilai sportivitas itu.

IJF tegas menyebutkan bahwa alasan-alasan semacam Nourine dan Abdarasool itu sangat bertentangan dengan filosofi sportivitas olahraga.

“IJF memiliki kebijakan non-diskriminasi yang ketat, mempromosikan solidaritas sebagai prinsip utama, diperkuat oleh nilai-nilai judo,” demikian bunyi pernyataan induk organisasi judo tersebut.

Meskipun mendapat kemenangan gratis, langkah Butbul terhenti di babak 16 besar, Selasa (27/07/2021). Ia kalah ippon dari pejudo asal Kanada, Arthur Margelidon. Medali emas judo putra kelas 73 kg akhirnya dimenangi oleh atlet tuan rumah, Ono Shohei.  (Emmanuela)

 

You may also read!

Pospay Gebu Minang

Kolaborasi Pospay Gebu Minang Diluncurkan

SinarHarapan.id - PT Pos Indonesia (Persero) menjalin kerja sama dengan Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang meluncurkan . Pospay Gebu

Read More...

realme Luncurkan “Unleash The Mighty Power”

SinarHarapan.id, Jakarta- realme, merek Favoritnya Anak Muda hari ini resmi menggelar acara peluncuran Unleash The Mighty Power dengan rangkaian

Read More...

Begini Strategi Pemasaran Kendaraan Honda SUV di Tanah Air

SinarHarapan.id-Dalam beberapa tahun terakhir, pasar otomotif di Indonesia terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan masyarakat akan sebuah

Read More...

Mobile Sliding Menu