Optimalisasi Teknologi Epson Sukseskan Pembelajaran Jarak Jauh

In Teknologi

Sinarharapan.id-Pendidikan di tengah pandemi Corona saat ini terus menjadi bagian penting dalam Kegiatan Belajar Mengajar.

Terbatasnya jarak antara pengajar dan siswa (mahasiswa) tidak menjadi kendala suksesnya proses pembelajaran tersebut.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi solusi dan perhatian bagi pelbagai kalangan, guna meminimalisir penyebaran virus Corona.

Komunikasi dua arah antara pengajar dan yang belajar masih terkendala karena jarak dan ruang serta instrumen pendukungnya.

Epson dengan produk-produk anyarnya seperti proyektor dan printernya menghadirkan beberapa solusi untuk mensukseskan pembelajaran jarak jauh ini.

Solusinya antara lain dengan melanjutkan kerja sama dan kolaborasi bersama education consultant serta berbagai asosiasi pendidikan, seperti dengan Komunitas Guru TIK Se-Indonesia, Cerdas dan Ikatan Guru Indonesia.

Kerjasama tersebut diimplementasikan dengan mengadakan webinar, schools training dan pembimbingan, serta teacher  motivation ke sekolah-sekolah atau universitas.

Epson Indonesia menghadirkan teknologi digital mumpuni untuk pembelajaran jarak jauh tersebut.

“Epson Indonesia terus hadir, memberikan solusi dan dukungan bagi guru maupun sekolah-sekolah untuk keberlangsungan PJJ”, terang Senior Product Marketing Manager Visual Instrument & Printer Epson Indonesia, Zanipar Siadari, Rabu (23/9/2020).

Kegiatan belajar mengajar jarak jauh yang efektif dan kelas interaktif diantaranya yaitu dengan memanfaatkan interaktif proyektor dengan display yang besar seperti tipe EB-1485Fi milik Epson atau multifunction printer, kemudian document camera serta tambahan tools smart device seperti laptop atau smartphone serta video conference, ungkap Zanipar.

Zanipar menambahkan dengan demikian pembelajaran lebih interaktif, seluruh presentasi pun dapat disimpan di dalam flashdisk atau dikirimkan melalui email.

Melalui proyektor interaktif dan tambahan aplikasi easy interactive tools yang sudah disiapkan, guru akan mengkoneksikan dengan aplikasi video conference.

Kemudian, siswa akan menggunakan aplikasi video conference yang sama dengan guru sehingga dapat melihat apa yang dituliskan oleh guru, dan guru pun dapat melihat yang dituliskan siswa pada layar ponsel atau laptopnya sehingga disini terjadi komunikasi dua arah, dimana guru dapat mengajar di sekolah dan siswa tetap di rumah, papar Zanipar lagi.

Selain itu, Epson EB-1485Fi juga memiliki fitur Screen Sharing yaitu 2 buat proyektor terhubung melalui jaringan LAN sehingga proyektor dapat menampilkan materi yang sama di kedua proyektor pada saat yang bersamaan sehingga Guru atau Dosen dapat mengajar untuk jumlah siswa yang sama di satu waktu tapi pada 2 ruangan yang terpisah.

Perlu diketahui, proyektor interaktif EB-1485Fi, Epson menggunakan sumber cahaya laser dengan tingkat kecerahan warna (CLO) dan kecerahan warna putih (WLO) sebesar 5000 Lumens dengan usia laser hingga 20000 jam, sehingga hemat perawatan.

Epson Indonesia juga menawarkan solusi printer multifungsi yaitu printer business inkjet yang memiliki resolusi tinggi, kecepatan yang tinggi dan juga memiliki volume cetak yang cukup tinggi.

Sehingga, memungkinkan siswa-siswi yang memiliki akses internet untuk mengirimkan tugas-tugas mereka melalui email dan nantinya dapat langsung tercetak pada printer yang terdapat di sekolah dan guru pun dapat melihat hasil kerja siswa.

“Dengan menghadirkan tiga line up produk Epson, seperti projector EB-1485Fi, document camera pendukung serta printer Epson, tingkat keberhasilan pembelajaran jarak jauh ini mencapai 80 persen”, pungkas Zanipar.

 

 

You may also read!

Selama IIMS 2021, Mandiri Tunas Finance Tawarkan Program “New Car Passenger dan Cash Aja”

Sinarharapan.id-Perusahaan pembiayaan PT Mandiri Tunas Finance (MTF) kembali memeriahkan pameran lndonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. Dalam pembukaan pameran

Read More...

Italjet Dragster Dirilis di IIMS 2021

Sinarharapan.id-Sukses dengan konsep Dragster yang diperkenalkan dalam ajang EICMA 2018 dan respons positif dari penggemar sepeda motor serta adanya

Read More...

Bahagia Bersama Honda di IIMS Hybrid 2021

Sinarharapan.id-Honda kembali hadir di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021 yang digelar pada 15 April – 25 April

Read More...

Mobile Sliding Menu