Resolusi 2018 yang Mudah Dicapai Buat Sehat

In Berita Khas

SinarHarapan.id – Resolusi di tahun yang baru, 2018, yang paling baik tentu adalah resolusi untuk menjaga kesehatan. Ini bisa resolusi untuk menurunkan berat badan, atau resolusi agar tampil lebih baik, dan sebagainya.

Nah, resolusi hidup sehat di bawah ini dijamin gampang dicapai dan tidak bikin stres, seperti dilansir dari hellosehat.com.

 

1. Banyak minum air

Banyak minum air, tentu resolusi yang mudah, bukan?

Air sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda – dari mengatur suhu tubuh, memelihara kesehatan ginjal dan usus, menjaga kesehatan kulit, hingga mencegah Anda dari dehidrasi, sembelit, mulut kering, dan penyakit ginjal.

Anda pasti sudah sering mendengar nasihat yang menekankan bahwa kita perlu minum air putih sebanyak 8 gelas air setiap hari, yang setara dengan 1,5 liter.

Namun, tahukah Anda bahwa takaran ini sebenarnya kurang tepat? Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board menyatakan bahwa wanita sebenarnya memerlukan 2,6 liter air setiap hari dan pria memerlukan sekitar 3,7 liter setiap hari.

Membiasakan diri untuk memperbanyak minum air putih bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya, membawa botol minum sendiri dengan desain yang menarik hati, atau mengonsumsi makanan pedas yang pasti bikin Anda ingin minum air.

Anda bisa menyiasatinya dengan minum infused water (air putih yang diberi “perasa” potongan buah dan sayur hingga rempah-rempah), minum sup kaldu ayam, hingga makan buah dan sayur-sayuran yang mengandung banyak air.

 

2. Kunyah makanan pelan-pelan

Mengunyah makanan terlalu cepat bisa meningkatkan risiko diabetes hingga dua kali lebih besar daripada mereka yang mengunyah makanan pelan-pelan hingga lebih halus.

Secara umum, mengunyah makanan dengan perlahan akan lebih memberikan rasa kenyang daripada makan terburu-buru.

Pasalnya, makan terlalu cepat dapat membuat sistem pencernaan tidak memiliki waktu yang cukup untuk bekerja optimal, terutama dalam memberikan respon kenyang setelah makan.

Semakin cepat Anda merasa lapar, Anda akan semakin rentan untuk mencari pelampiasan dengan camilan ringan yang tidak bergizi.

Selain itu, penelitian yang dilakukan Masaki Eto, MD, seorang profesor farmakologi dan kedokteran di Universitas Ohu Jepang, menemukan bahwa mengunyah makanan terlalu cepat ternyata membuat tubuh hanya sedikit melepaskan hormon glucagon-like peptide (GLP)-1 dan peptida YY (PYY).

Keduanya berperan penting dalam pengaturan gula darah yang berkaitan erat dengan resistensi insulin.

 

3. Banyak jalan kaki dan naik tangga

Biasakan jalan kaki setidaknya 30 menit sehari-10 menit sebelum bekerja (misalnya dari stasiun atau halte bus menuju kantor), 10 menit setelah makan siang, dan 10 menit setelah bekerja. Selain itu, memilih menaiki tangga daripada lift atau eskalator juga tanpa disadari bisa membantu membuat tubuh Anda lebih bugar.

Perubahan kecil ini, menurut kardiolog John Hopkins, Chiadi E. Ndumele, M.D., M.H.S., dapat membuat tubuh tetap aktif meski anda tidak suka berolahraga, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Jika Anda sudah mulai terbiasa, barulah buat perencanaan olahraga yang lebih matang lagi.

 

4. Tidur lebih teratur

Pola tidur lebih teratur meningkatkan produktivitas dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Pasalnya, kurang tidur berisiko memicu kegemukan, diabetes, hipertensi, menurunkan gairah seks, memicu depresi, hingga membuat Anda lebih rentan terkena penyakit jantung (termasuk serangan jantung dan stroke).

Idealnya, orang dewasa pada umumnya butuh tidur 7-8 jam setiap malam. Maka dari itu, mulailah dengan memperbaiki pola tidur Anda lewat prinsip tidur bersih yang disebut dengan sleep hygiene.

Yang perlu dilakukan di antaranya:

– Kurangi mengonsumsi kafein di sore hari dan dekat waktu tidur.

– Hindari merokok dekat waktu tidur

– Hindari makan besar sebelum tidur.

Makan makanan berat, makanan berlemak atau gorengan, hidangan pedas, buah sitrus, dan minuman berkarbonasi terlalu dekat dengan waktu tidur dapat memicu gangguan pencernaan yang bikin tidur tidak nyenyak.

– Batasi waktu tidur siang. Sebaiknya tidur siang hanya 15-3o menit saja jika perlu, dan lakukan sebelum jam 3 sore.

– Jauhkan diri Anda dari apapun yang mengganggu. Cahaya lampu, ponsel, dan posisi bantal yang salah dapat menganggu tidur Anda.

– Buat kamar tidur Anda menjadi tempat yang ideal untuk tidur. Pastikan kamar tidur Anda adalah tempat yang gelap, sejuk, dan tenang. Suhu kamar ideal untuk tidur nyenyak adalah 20-23C.

– Luangkan waktu untuk persiapan tidur selama 90 menit sebelum waktu tidur Anda. Misalnya, jika Anda tahu Anda harusnya tidur pukul 11 malam, hentikan apapun aktivitas fisik yang memberatkan pada pukul 9.30, atau lebih cepat jika bisa.

– Tidur dan bangun di jam yang sama, pasang alarm untuk membantu Anda terbiasa dengan hal ini.

 

5. Kurangi stres

Jangan biarkan stres berlarut-larut menumpuk dalam pikiran. Stres berat telah dikaitkan dengan banyak masalah serius, mulai dari rambut rontok, penyakit gusi dan gigi, kenaikan berat badan, hingga memicu perkembangan gangguan jiwa seperti depresi, gangguan kecemasan, hingga gangguan bipolar.

Ada berbagai cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stres harian, mulai dari meditasi, yoga, menulis jurnal, mendengarkan musik, membaca buku, hingga menonton komedi untuk membuat Anda tertawa lepas.

Ibadah dan mendekatkan diri dengan Tuhan juga bisa dijadikan cara untuk mengelola stres sehari-hari.

You may also read!

Suhadi Sesalkan Tanah Kliennya Dieksekusi Oleh Putusan yang Salah Alamat

SinarHarapan.id - Kepemilikan tanah oleh H Muhammad Yusuf Arsyad bin Jebing yang berlokasi di Jl Kebayoran Lama no 119 Rt

Read More...

Plaza MINI Bandung, Diler MINI Terbaru dan Pertama di Bandung

Sinarharapan.id-MINI Indonesia bersama dengan PT Plaza Auto Raya resmikan diler MINI terbaru dan pertama di Bandung, Plaza MINI Bandung. PT Plaza

Read More...

Tampilan Tangguh Mitsubishi New Pajero Sport Dengan Inovasi Mumpuni

Sinarharapan.id-Mitsubishi New Pajero Sport yang telah lama cukup dinanti pecinta otomotif tanah air, kini telah resmi hadir untuk pasar

Read More...

Leave a reply:

Mobile Sliding Menu