Tingkatkan “Governance”, RUPSLB IPCM Angkat Tiga Komisaris dan Seorang Direktur Baru

In Ekonomi

SinarHarapan.id – PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IDX: IPCM) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dengan agenda tunggal Perubahan Pengurus Perseroan. RUPSLB diselenggarakan di Gedung IPC cabang Tanjung Priok, Jakarta, dengan penerapan protokol kesehatan yang tinggi, Selasa (13/10/20).

RUPSLB menyetujui pengangkatan Zuhri Iryansyah sebagai Komisaris Utama IPCM. Saat ini, Zuhri Iryansyah menjabat sebagai Direktur Teknik PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC, dan sebelumnya menduduk berbagi posisi strategis grup IPC dan PT Pengembang Pelabuhan Indonesia. Beliau memiliki latar belakang Pendidikan Teknik Sipil dan Master Degree bidang Coastal Engineering and Port Development dari Unesco IHE di Belanda.

RUPSLB juga mengangkat Eko Putro Adijayanto sebagai Komisaris. Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia ini sekarang menjabat sebagai Staf Khusus Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN dan pernah menjabat berbagai posisi strategis lain di lingkungan kementerian maupun korporasi.

Selain itu, RUPSLB mengukuhkan Sayed Junaidi Rizaldi sebagai Komisaris Independen. Seorang profesional yang pernah menjabat komisaris di beberapa perusahaan, serta memiliki gelar Magister Ilmu Politik dan Sarjana Perbandingan Politik, keduanya dari Universitas Indonesia.

Selain pengangkatan tiga orang Komisaris baru, RUPSLB juga mengangkat Muhammad Iqbal sebagai Direktur Armada dan Teknik, menggantikan Capt Supardi. Muhammad Iqbal adalah seorang Ahli Nautika Tingkat I serta Sarjana Nautika dari Akademi Ilmu Pelayaran.  Sebelumnya menjabat sebagai Vice President Pelayanan Kapal PT Pelabuhan Indonesia II (Persero).

Dengan demikian, setelah RUPSLB IPCM tersebut, susunan Pengurus Perseroan menjadi sebagai berikut:

 

Dewan Komisaris

  1. Komisaris Utama: Zuhri Iryansyah
  2. Komisaris: Eko Putro Adijayanto
  3. Komisaris Independen: Sayed Junaidi Rizaldi
  4. Komisaris Independen : Bay Mokhamad Hasani

 

Direksi

  1. Direktur Utama: Amri Yusuf
  2. Direktur Komersial dan Operasi: Shanti Puruhita
  3. Direktur Armada dan Teknik: Muhammad Iqbal
  4. Direktur Keuangan dan SDM: Rizki Pribadi Hasan

Direktur Utama IPCM, Amri Yusuf mengatakan, “Kami percaya bahwa keputusan pemegang saham untuk menambah jajaran Komisaris yang 2 (dua) diantaranya komisaris independen yang profesional di bidangnya masing-masing merupakan tindakan yang tepat dalam rangka meningkatkan penerapan good corporate governance (GCG) di lingkungan IPCM.”

Pada tahun ini, IPCM telah memperoleh berbagai penghargaan di bidang GCG dan Corporate Social Responsibilty (CSR) di lingkup nasional maupun internasional diantaranya 2019 Vision Awards – Annual Report Competition yang diselenggarakan oleh League of American Communications Professionals LCC dengan peroleh peringat Gold, TOP CSR Awards 2020, TOP Leader on CSR Commitment 2020, serta TOP GRC (Governance, Risk Management & Compliance) Awards 2020.

PT Jasa Armada Indonesia Tbk merupakan satu satunya perusahaan dalam bidang jasa pemanduan dan penundaan yang mencatatkan sahamnya pada Bursa Efek Indonesia sejak 22 Desember 2017.

Emiten dengan kode (ticker) IPCM ini merupakan anggota dari IPC Group (PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) dengan komposisi kepemilikan saham IPC 76,89%, PT Multi Terminal Indonesia 0,11% dan publik 23%).

Bisnis utama Perseroan adalah bergerak dalam bidang pelayanan jasa pemanduan dan jasa penundaaan dengan pangsa pasar utama yaitu melayani kegiatan pelayanan kapal di seluruh wilayah kerja PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang meliputi 11 (sebelas) pelabuhan dengan perluasan pasar di seluruh wilayah Indonesia. Pada tahun 2017 Perseroan mulai memperluas sayap bisnisnya dengan melayani angkutan laut (shipping) dan pengelolaan kapal.

You may also read!

Rawat Kulit dan Rambut Sesuai DNA dengan Prodia Skin and Hair Genomics

SinarHarapan.id - PT Prodia Widyahusada Tbk kembali meluncurkan pemeriksaan berbasis gen dari rangkaian Prodia Genomics yang ke-9, yakni Prodia

Read More...

Intip Pembuatan Lampu Hias Dari Pipa Paralon

SinarHarapan.id - Lukman (25) menyelesaikan pembuatan lampu hias yang terbuat dari pipa paralon di workshop Bedahan, Depok, Jumat (30/10/2020). Di

Read More...

BBC London Siaran Indonesia 71 tahun, Ditandai Peluncuran Buku

SinarHarapan.id - Ulang tahun ke-71 BBC London Siaran Indonesia yang jatuh pada tanggal 30 Oktober 2020 ditandai dengan peluncuran

Read More...

Mobile Sliding Menu