TNI AL Gagalkan Penyelundupan 179 kg Kokain senilai Rp. 1,25 Triliun

In Berita Kini

SinarHarapan.id- TNI Angkatan Laut (TNI AL) melalui Kapal Patroli Angkatan Laut (KAL) Sanghiang Lanal Banten jajaran Koarmada I berhasil menggagalkan penyelundupan 179 kg Narkoba jenis Kokain senilai Rp. 1,25 Triliun di Perairan Selat Sunda, Minggu (08/05) kemarin.

Keberhasilan penggagalan ini tidak terlepas dari penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang memerintahkan dan menggelar kapal perang TNI AL, untuk melaksanakan patroli di daerah yang rawan terjadi penyelundupan selama musim cuti bersama lebaran, dengan memanfaatkan keramaian arus balik lebaran khususnya melalui pelabuhan penyeberangan.

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Ahmadi Heri Purwono saat menggelar konferensi pers, Senin, (09/05) di Mako Koarmada I  menyampaikan bahwa, sesuai perintah Kasal bahwa dalam rangka antisipasi keamanan selama perayaan Idul  fitri dan mudik lebaran ini TNI AL telah membentuk satuan tugas pengamanan jalur laut dengan mengerahkan 40 KRI dan KAL serta sekitar 5.000 prajurit bertugas di seluruh Indonesia termasuk di jalur-jalur mudik di pelabuhan-pelabuhan.

Laksdya Heri lebih jauh mengatakan, tim Satgas TNI AL yang bertugas di perairan Selat Sunda pada hari Minggu sekitar jm 12.30 WIB telah menemukan benda berupa empat buah bungkusan plastik hitam mencurigakan mengapung di sekitat pelabuhan Merak. Selanjutnya, barang tersebut diangkut dan dibawa ke Lanal Banten untuk diadakan pemeriksaan. Kemudian TNI AL berkoordinasi dengan BNN Provinsi Banten dugaan awal ternyata benar, barang tersebut merupakan narkotika jenis kokain seberat 179 kg, dengan asumsi harga menurut BNN sekitar 5 sampai dengan 7 juta per gram, maka nilai total perkiraan adalah sekitar 1,25 Triliun rupiah.

“Tentunya dengan diketemukannya barang ini, TNI Angkatan Laut akan senantiasa berkoordinasi dengan BNN, Polri dan aparat terkait, sehingga harapan kita ke depan kalau memang masih ada temuan seperti ini, akan kita ketemukan bersama-sama dengan sinergitas antar instansi. Karena kita pahami betapa parahnya dampak dari benda tersebut terhadap generasi muda kita,” tegas Wakasal.

TNI Angkatan Laut bekerja sama dengan BNN dan Polri akan terus mendalami masalah ini, serta akan semakin meningkatkan kewaspadaan dengan melaksanakan patrol-patroli secara rutin di tempat-tempat yang dicurigai adanya pelanggaran-pelanggaran baik pelanggaran kedaulatan maupun pelanggaran hukum di laut sesuai dengan kewenangan TNI Angkatan Laut dan juga sesuai dengan perkembangan perintah ataupun keputusan dari pemerintah ataupun arahan dari Bapak Presiden RI.

Usai konferensi pers, Wakasal melaksanakan peninjauan dan melaksanakan uji menggunakan tes kit terhadap barang bukti kokain tersebut didampingi Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksdya TNI Agung Prasetiawan, Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, Kepala Deputi Pemberantasan BNN RI Irjen Pol Kennedy,  Kepala BNN Banten Brigjen Pol Hendri Marpaung, Waasops Kasal Laksma TNI Wasis Priyono, Danlantamal III Brigjen TNI Umar Farouq, Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono, Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Budi Iryanto, dan Kepala Kantor Bea Cukai Merak Benny Novri, serta pejabat terkait lainnya.

  1. Terhadap prestasi ini, Kasal selaku pimpinan TNI AL melalui Wakasal memberikan piagam peghargaan dan reward kepada 5 prajurit Lanal Banten yang telah bekerja dengan sangat baik.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut

You may also read!

Pospay Gebu Minang

Kolaborasi Pospay Gebu Minang Diluncurkan

SinarHarapan.id - PT Pos Indonesia (Persero) menjalin kerja sama dengan Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang meluncurkan . Pospay Gebu

Read More...

realme Luncurkan “Unleash The Mighty Power”

SinarHarapan.id, Jakarta- realme, merek Favoritnya Anak Muda hari ini resmi menggelar acara peluncuran Unleash The Mighty Power dengan rangkaian

Read More...

Begini Strategi Pemasaran Kendaraan Honda SUV di Tanah Air

SinarHarapan.id-Dalam beberapa tahun terakhir, pasar otomotif di Indonesia terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan masyarakat akan sebuah

Read More...

Mobile Sliding Menu