TOKKO Semesta Hadir di Surabaya, Dukung UMKM Daerah Berjualan Online

In Teknologi

Sinarharapan.id-Sukses membuka TOKKO Semesta pertama di kota Bandung pada bulan Oktober lalu, kini dibuka kembali yang kedua, kali ini di kota Surabaya.

Melalui aplikasi TOKKO Semesta, UMKM memungkinkan untuk membuka usahanya secara online dengan cara mudah sekaligu memiliki website-nya sendiri.

TOKKO Semesta adalah sebuah komunitas yang mewadahi dan melakukan pendampingan kepada pelaku usaha yang ingin fokus mengembangkan bisnisnya.

Peluncuran TOKKO Semesta di Surabaya ini bertujuan untuk mendorong lebih banyak UMKM di Jawa Timur khususnya Surabaya untuk lebih cepat mengembangkan usahanya dengan berjualan online. Peluncuran TOKKO Semesta ini dikukuhkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, serta manajemen TOKKO, Fandy Silalahi (VP of Community & Merchant Success TOKKO), dan Tri Sukma Anreianno (VP of MSME Growth).

TOKKO Semesta mendorong digitalisasi UMKM di daerah dengan memberikan pendampingan, pelatihan, dan mentorship melalui pendekatan personalisasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan skala bisnis UMKM dan tersedia secara online maupun offline.

Berbeda dari platform jualan online lainnya, TOKKO memberikan pemerataan akses bagi para pelaku usaha untuk menjual langsung kepada pelanggan mereka, membantu mereka untuk membangun brandnya, dan memaksimalkan keuntungan dengan cara ‘Jualan Online Beneran’.

Saat ini TOKKO telah memiliki 2,5 juta pengguna di seluruh Indonesia yang terdiri dari pelaku usaha kecil, menengah dan besar.

Merchant TOKKO juga dapat mengoptimalkan strategi pemasaran digital dengan memanfaatkan fitur TOKKO Plus untuk menjangkau pelanggan yang lebih banyak demi mengembangkan bisnis onlinenya melalui solusi pemasaran digital yang terintegrasi.

“UMKM membutuhkan pemasaran go-digital untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Tantangan lain yang dihadapi oleh UMKM setelah go-digital yaitu persaingan ketat di market online yang membutuhkan strategi, kekuatan produk, serta pemahaman yang baik terhadap pelanggan agar brand mereka dapat terus bertahan,” jelas Tri Sukma Anreianno, VP of MSME Growth TOKKO, di Surabaya.(20/11/2021)

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur dalam sambutan arahan di Peresmian TOKKO Semesta Surabaya menyampaikan, “Kontribusi UMKM pada PDRB Jawa Timur tahun 2020 mencapai 57,25 persen atau setara dengan Rp 1 T. Artinya perkuatan UMKM di Surabaya dan Jawa Timur secara keseluruhan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih pesat di daerah. Saya sangat mengapresiasi kontribusi TOKKO dalam mendorong kemajuan UMKM di Jawa Timur.”

Fandy Silalahi VP of Community & Merchant Success TOKKO mengatakan, “TOKKO Semesta memberikan pelatihan gratis secara online dan offline pada komunitas-komunitas UMKM dan pebisnis di Surabaya. Kami mendorong kemajuan ribuan UMKM lokal dan pebisnis yang berdaya saing dan fokus jualan online bergabung di TOKKO Semesta. Hingga saat ini, kami telah melakukan pendampingan pada lebih dari 40 komunitas UMKM di Surabaya”.

Komunitas TOKKO Semesta di Bandung mendapatkan antusiasme yang sangat baik dan telah berhasil menjaring lebih dari 400 UMKM sejak diluncurkan September lalu, pungkas Fandy.

You may also read!

Pospay Gebu Minang

Kolaborasi Pospay Gebu Minang Diluncurkan

SinarHarapan.id - PT Pos Indonesia (Persero) menjalin kerja sama dengan Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang meluncurkan . Pospay Gebu

Read More...

realme Luncurkan “Unleash The Mighty Power”

SinarHarapan.id, Jakarta- realme, merek Favoritnya Anak Muda hari ini resmi menggelar acara peluncuran Unleash The Mighty Power dengan rangkaian

Read More...

Begini Strategi Pemasaran Kendaraan Honda SUV di Tanah Air

SinarHarapan.id-Dalam beberapa tahun terakhir, pasar otomotif di Indonesia terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan masyarakat akan sebuah

Read More...

Mobile Sliding Menu