Toyota Hadirkan 2 SUV Tangguh, All New Land Cruiser dan New Fortuner

In Otomotif

Sinarharapan.id-PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengawali tahun 2022 dengan meluncurkan 2 SUV tangguh sekaligus All New Land Cruiser dan New Fortuner.

“Selama 1 dekade terakhir, segmen SUV menjadi populer baik di Global juga di Indonesia. Karena itulah selama ini kami terus menghadirkan berbagai jenis line-up SUV di Indonesia dari segmen entry hingga premium. Hari ini kami memperkenalkan tidak hanya satu, tetapi dua SUV baru, All New Land Cruiser dan New Fortuner. Kami berharap keduanya dapat semakin mendukung mobilitas masyarakat Indonesia,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda.(13/1/2022).

Land Cruiser dan Fortuner dikenal sebagai SUV Toyota yang tangguh, bertenaga dan dapat diandalkan. Land Cruiser menjadi cikal bakal dari segmen SUV Toyota di Indonesia. Sedangkan Fortuner dihadirkan sebagai High SUV untuk mendukung mobilitas kalangan menengah ke atas yang aktif dan dinamis.

Untuk pasar Indonesia, pilihan model Premium SUV yang ditawarkan adalah All New Land Cruiser VX-R untuk pemilik yang menyukai citarasa berkelas, dan All New Land Cruiser GR Sport sebagai flagship untuk pecinta sporty car.

All New Land Cruiser hadir dengan desain eksterior dan interior yang lebih fresh semakin menegaskan jati dirinya sebagai Premium SUV. Terdapat Exclusive 70th Anniversary Emblem pada sisi samping-belakang bodi dan pada door scuff plate yang dilengkapi lampu iluminasi mewah. Termasuk di Floor Mat dengan aksen bordir senada yang di desain secara eksklusif untuk menemani perjalanan bersejarah bersama Land Cruiser sejalan dengan perayaan 70 tahun hadirnya Land Cruiser di tahun 2021 silam.

Toyota juga melengkapi dilengkapi Premium SUV legendaris ini dengan fitur kenyamanan terbaik seperti New Expansive Luggage Room, di mana tipe VX-R mendapatkan tambahan Power Back Door with Kick Sensor. Selain itu, terdapat juga fitur New Digital Video Recorder, New Wireless Charger, New Rear Seat Entertainment serta Electronic Parking Brake with Brake Hold untuk kenyamanan saat berkendara dengan All New Land Cruiser.

Untuk mesin, All New Land Cruiser kini mengadopsi mesin V6D-turbo yang dikembangkan dengan 3.346 cc untuk mencapai performa berkendara terdepan di kelasnya, serta mampu mengurangi konsumsi bahan bakar. Dapur pacu berkode F33A-FTV ini sanggup menghasilkan tenaga 305 PS pada 4.000 rpm dan torsi ‘brutal’ 71,4 Kgm pada 1.600 – 2.600 rpm. Performa mesin bertenaga ini didukung oleh transmisi 10-speed Direct Shift-10AT yang dapat menyalurkan tenaga mesin lebih efektif dan efisien pada berbagai kondisi berkendara.

All New Land Cruiser kini juga dirancang memanfaatkan platform TNGA-F. Memberikan kesempatan kepada engineer Toyota untuk meracik sistem suspensi terbaik pada All New Land Cruiser dengan menggunakan Double Wishbone di depan dan 4-link Coil Suspension di belakang, di mana tipe GR Sport memperoleh tambahan New Stability Control dan New Adaptive Variable Suspension. Performa suspensi telah diuji oleh para pembalap yang berpengalaman di Dakar Rally untuk menciptakan sebuah SUV yang tidak hanya berkemampuan tinggi, tapi juga mudah dikendalikan di berbagai kondisi jalan.

Spesial untuk tipe GR Sport, terdapat fitur E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) dan fitur Electronic Differential Lock di roda depan dan belakang, sementara tipe VX-R dibekali dengan Torque Sensing LSD di roda belakang.

All New Land Cruiser mempertahankan dimensinya, termasuk panjang dan lebar keseluruhan, jarak sumbu roda, serta departure dan approach angles sehingga tidak mengalami kesulitan ketika melewati jalan dengan sudut kemiringan yang variatif. Auto-MTS (Multi Terrain Select) mampu menilai kualitas permukaan jalan dan mengadopsi mode berkendara paling tepat untuk mengontrol dan mengoptimalkan traksi ban pada berbagai medan berpasir, berbatu, lumpur, dan medan berat lainnya.

Sebagai off-roader sekaligus penjelajah jalan raya, Premium SUV ini telah dilengkapi perangkat keamanan berkendara terbaik seperti rem yang dilengkapi Anti-lock Braking System + Electronic Brake-force Distribution + Brake Assist dan 8-airbags. Fitur safety lainnya adalah Blind Spot Monitor (BSM), Vehicle Stability Control (VSC), Hill-start Assist Control (HAC), dan Traction Control (TC). Khusus untuk kebutuhan off-road, tersedia juga fitur Downhill Assist Control (DAC), Crawl Control, Multi-Terrain Select (MTS), ditambah Tire Pressure Monitor (TPM).

Tidak berhenti di situ, All New Land Cruiser juga sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS). TSS merupakan fitur safety canggih yang mulai disematkan pada beberapa model Toyota di Indonesia, termasuk pada semua tipe All New Land Cruiser seperti Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Rear Camera Detection (RCD), Adaptive High-Beam System (AHS), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

Untuk memberikan pengalaman konektivitas digital kehidupan sehari-hari serta solusi dan manfaat terintegrasi kepada pelanggan, All New Land Cruiser kini dilengkapi dengan fitur T Intouch. T Intouch adalah teknologi telematika yang menghubungkan mobil dengan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

New Fortuner Hadir Dengan Mesin Lebih Bertenaga dan Tipe Flagship Baru

Sejak generasi kedua diperkenalkan pada tahun 2016, selain berubah total, Toyota memperkuat DNA Fortuner yang tangguh dan dapat diandalkan dengan menghadirkan mesin diesel yang bertenaga dan responsif berkode 2GD 2.393 cc VNT Intercooler. Mesin diesel ini melengkapi mesin bensin bertenaga 2TR-FE 2.694 cc Dual VVT-i yang sudah ada sebelumnya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam.

Meski telah dibekali dengan pilihan dua (2) mesin yang bertenaga, masih ada pelanggan yang mengharapkan bahwa Fortuner dapat diberikan kepercayaan untuk menggunakan mesin dengan tenaga dan torsi yang lebih besar untuk meningkatkan unsur fun to drive, serta melengkapi eksterior dan interior yang kini sudah sporty berkat sentuhan DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing.

Berkomitmen dalam menjawab kebutuhan ini, Toyota memperkenalkan New Fortuner sebagai ever-better car yang kini dibekali dengan pilihan mesin diesel baru berkode 1GD-FTV 2.755 cc VNT Intercooler yang menghasilkan tenaga lebih besar hingga 203,9 PS pada 3.000 – 4.000 rpm dan torsi 50,9 Kgm pada 1.600 – 2.800 rpm. Sementara mesin 2GD-FTV 2.393 cc 4 silinder VNT Intercooler bertenaga 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi 40,8 Kgm pada 1.600 – 2.000 rpm masih dimanfaatkan oleh Fortuner tipe lainnya.

Dengan output tenaga yang lebih besar 36% serta torsi lebih tinggi sekitar 25%, mesin 1GD mencatatkan waktu akselerasi 0 – 100 km/h yang lebih cepat yaitu 11,9 detik, sementara mesin 2GD 14 detik. Begitu juga pada saat berakselerasi pada kecepatan 60 – 80 km/h, mesin 1GD mencatatkan waktu lebih capat yaitu hanya 2,8 detik, sementara mesin 2GD 3,7 detik.

“Sejak awal, Fortuner kami kembangkan sebagai 7-seater SUV yang tangguh dan dapat diandalkan. Dibekali dengan DNA ini, Fortuner dapat mendukung segala bentuk aktivitas pelanggan di berbagai kondisi jalanan di Indonesia yang beragam. Seiring waktu, kami terus meningkatkan performa Fortuner dengan menghadirkan mesin-mesin yang bertenaga. Mulai dari mesin bensin 2TR, lalu mesin diesel 2KD yang diteruskan dengan 2GD, hingga kini kami hadirkan pilihan mesin diesel baru yaitu 1GD yang menawarkan tenaga dan torsi yang lebih besar. Kehadiran mesin baru ini diharapkan dapat memberikan pilihan lebih lengkap dan memenuhi ekspektasi pelanggan yang memprioritaskan aspek performa dari Fortuner,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy.

Toyota juga melengkapi New Fortuner tipe GR Sport dengan sistem penggerak semua roda (4×4) yang memakai mesin diesel 1GD dan dilengkapi dengan fitur Easy 4×4 Switch serta fitur Downhill Assist Control (DAC). Dengan hadirnya tipe flagship dan mesin baru ini, kini New Fortuner memiliki delapan (8) tipe yaitu 2.8 4×4 GR Sport A/T, 2.8 4×2 GR Sport A/T, 2.8 4×2 VRZ A/T, 2.7 4×2 GR Sport A/T, 2.4 4×2 GR Sport A/T, 2.4 4×2 VRZ A/T, 2.4 4×2 G A/T, 2.4 4×2 G M/T.

“Selain menghadirkan pilihan mesin baru yang lebih bertenaga, kami juga perluas varian GR Sport pada New Fortuner ke tipe 4×4 untuk melengkapi performanya yang kini menjadi terdepan di kelasnya,” tambah Anton.

Secara total ada sembilan (9) pilihan aksesoris yaitu Engine Hood List Chrome, Outer Mirror Ornament, Side Body Moulding, Rear License Ornament, Rear Bumper Ornament, Cargo Net, Spare Tire Cover, Sporty Floor Mat dan Air Purifier.

Seluruh aksesoris tersebut dapat dipesan saat membeli New Fortuner secara satuan atau paket, di outlet Toyota terdekat dan akan langsung dipasang dengan garansi 3 tahun atau 100.000 km jika diorder bersamaan dengan pemesanan kendaraan baru.

 

You may also read!

Membuka Akses Air Bersih untuk Kehidupan yang Lebih Baik di Nusa Tenggara Timur

Sinarharapan.id-“Tidak terpikirkan sebelumnya saya bisa menanam sayur di tanah yang dulunya sangat kering. Ini layaknya mimpi,” ucap Roni Y.

Read More...

Aktifitas PTM Aman dan Menyehatkan Dengan Segala Persiapan dan Protokolnya bersama SoKlin Antisep

Sinarharapan.id-Pembelajaran tatap muka terbatas (PTM Terbatas) disikapi beragam di tengah masyarakat. Ada yang mendukung dengan syarat ada juga yang

Read More...

Kaspersky dan Para Pakar Bersama Perkuat Pertahanan Rantai Pasokan TIK di Asia Pasifik

Sinarharapan.id-Telah terjadi lompatan besar secara digitalisasi selama pandemi ini. Langkah-langkah keamanan siber kerap terlewat yang mengakibatkan beberapa serangan rantai pasokan

Read More...

Mobile Sliding Menu