Wulling Almaz dan Honda ADV 150 Sabet Gelar Terbaik di 2019 versi FORWOT

In Otomotif

SinarHarapan.id-Wuling Almaz sukses menyabet gelar Forwot Car of The Year (FCY) 2019. Almaz menyingkirkan 4 finalis lain yakni DFSK Glory 560, Honda Brio, Mazda 3 dan Suzuki Jimny.

Pada tahap awal FCY 2019 tercatat ada 36 mobil baru yang masuk nominasi. Mobil-mobil tersebut adalah yang diluncurkan dan sudah dijual di Indonesia dalam periode Agustus 2018 sampai Juli 2019.

Proses penjurian dilakukan oleh 21 jurnalis dari berbagai media online dan cetak yang merupakan anggota Forwot dengan jam terbang tinggi.

Tercatat ada 10 faktor utama yang menjadi penilaian penting. Mulai dari desain, kenyamanan, keamanan, nilai ekonomis, handling, performa, fungsional, keramahan lingkungan, pengalaman berkendara dan yang tak kalah penting adalah harga.

Penilain tersebut dilakukan secara online yang mengacu pada Car of The Year Commite atau www.caroftheyear.org. Proses penilaian tersebut digunakan untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa, namun sudah disesuaikan dengan pasar Indonesia.

Wuling Almaz yang terpilih sebagai FCY 2019 setelah meraup perolehan sebesar 159 poin. Di tempat kedua bertengger Suzuki Jimny dengan 140 poin, Glory 560 mendapatkan 92 poin, Honda Brio 89 poin dan Mazda 3 80 poin.

Dengan raihan ini, Wuling menjadi brand kedua non-Jepang yang menggondol gelar Mobil Terbaik versi FORWOT. Sebelumnya mobil asal Korea Selatan, Kia Carens menyandang Car of the Year di 2013.

Forwot Motorcycle of The Year (FMY) 2019
Sementara itu dari kategori FMY, gelar juara diraih Honda ADV 150. Skutik adventure tersebut meraih 155 poin.

Kendaraan-kendaraan roda-dua yang masuk nominasi adalah produk terbaru yang sudah terjun ke pasar dalam periode September 2018 sampai Agustus 2019. Di tahap awal terdapat 15 motor terbaru yang diluncurkan oleh masing-masing agen pemegang merek dalam periode tersebut.

Jenisnya cukup banyak, mulai dari naked bike, sport bike, sampai Skutik (skuuter otomatis) dan proses pemilihan pertama itu dilakukan oleh 83 juri dari berbagai media berbeda.

Kemudian terpilih 5 motor yang lolos ke tahap penilaian akhir, yakni Honda ADV 150, Yamaha MT-15, Suzuki GSX 150 Bandit, Yamaha FreeGo, Kawasaki Ninja 250.

Honda ADV 150 berhasil mengungguli Yamaha MT-15 yang berada di posisi kedua dengan catatan 105 poin, Suzuki GSX150 Bandit 93 poin, Yamaha FreeGo 93 poin dan Kawasaki Ninja 250 meraih 90 poin.

“Penghargaan kali ini kita bikin jadi satu (motor dan mobil). Mungkin ini bisa jadi batu loncatan kita untuk menjadi lebih baik di tahun mendatang. Semoga menjadikan referensi kepada masyarakat. Jadi mereka bisa membeli dan merasakan kualitasnya,” ujar Indra Prabowo, Ketua Umum Forwot.

 

You may also read!

Rawat Kulit dan Rambut Sesuai DNA dengan Prodia Skin and Hair Genomics

SinarHarapan.id - PT Prodia Widyahusada Tbk kembali meluncurkan pemeriksaan berbasis gen dari rangkaian Prodia Genomics yang ke-9, yakni Prodia

Read More...

Intip Pembuatan Lampu Hias Dari Pipa Paralon

SinarHarapan.id - Lukman (25) menyelesaikan pembuatan lampu hias yang terbuat dari pipa paralon di workshop Bedahan, Depok, Jumat (30/10/2020). Di

Read More...

BBC London Siaran Indonesia 71 tahun, Ditandai Peluncuran Buku

SinarHarapan.id - Ulang tahun ke-71 BBC London Siaran Indonesia yang jatuh pada tanggal 30 Oktober 2020 ditandai dengan peluncuran

Read More...

Mobile Sliding Menu