26 February 2024

SinarHarapan.id-PT Uni-Charm Indonesia memperingati hari jadinya ke 25.

Rangkaian acara dan sejumlah public figure turut memeriahkan acara tersebut, seperti mitra bisnis, perwakilan pemerintah, serta brand ambassador pembalut wanita Charm dan popok dewasa Lifree, yaitu Syifa Hadju dan Titiek Puspa, dengan total lebih dari 150 partisipan.

PT Uni-Charm Indonesia Tbk mengapresiasi seluruh pihak yang telah mendukung bisnis perusahaan hingga saat ini, sekaligus berkomitmen untuk terus tumbuh dan berkontribusi pada konsumen, lingkungan dan masyarakat.

Menilik sejarahnya dan produksinya, PT Uni-Charm Indonesia Tbk adalah anak perusahaan dari Unicharm Corporation yang berada di Jepang, yang berdiri pada tahun 1997.

Pada saat awal pendirian, bisnis perusahaan dimulai dari produk pembalut wanita Charm, lalu meluncurkan popok bayi MamyPoko di tahun 2000, dan popok dewasa Lifree di tahun 2008.

Melalui 3 brand utama ini, kami mendukung keperluan ibu dan anak,
membantu wanita untuk hidup lebih nyaman saat menstruasi, dan mendukung orang tua untuk hidup sehat dan bahagia.

Ketiga brand ini berhasil menjadi market leader. Selanjutnya PT Uni-Charm Indonesia Tbk juga meluncurkan kapas kecantikan Silcot untuk wanita dan Kirey Wipes yang memiliki fungsi anti bacteria, dan di tahun 2021 masuk ke market pet care untuk menciptakan kehidupan pemilik peliharan dan hewan peliharaan (partner animal) yang sehat.

Berkat inovasi-inovasi ini, kami terus menyertai kehidupan konsumen Indonesia selama 25 tahun, dan berhasil mendapatkan rekor MURI serta berbagai penghargaan dari hasil survey oleh aplikasi maupun blog parenting di Indonesia pada produk kategori baby care.

Untuk merealisasikan SDGs (Sustainable Development Goals) yang menjadi purpose/tujuan perusahaan, PT Uni-Charm Indonesia Tbk menjadikan konsep melakukan kebaikan kecil di kehidupan sehari-hari yaitu Ethical Living for SDGs sebagai company slogan, dan melakukan berbagai kegiatan perusahaan yang sejalan dengan konsep tersebut.

Beberapa diantaranya ialah kegiatan untuk berkontribusi menyelesaikan permasalahan lingkungan di Indonesia mulai dari kegiatan bersih-bersih sungai, edukasi pemilahan sampah kepada siswa pondok pesantren dan SMA, pemasangan PLTS di 4 Factory untuk mengurangi emisi CO2, serta peluncuran produk ramah lingkungan berbahan dasar kertas daur ulang dan bio material selama 3 tahun berturut-turut.

Lalu terkait kontribusi sosial, PT Uni-Charm Indonesia Tbk telah melakukan aktivitas pink ribbon mulai tahun 2021 untuk mendukung penemuan kasus kanker payudara stadium awal demi meningkatkan kualitas hidup wanita Indonesia, dan juga memberikan donasi uang dan produk ke area yang terdampak bencana alam.

Tim Marketing dan Research & Development PT Uni-Charm Indonesia Tbk. sempat menggelar demonstrasi produk yakni pembalut malam Charm Safe Night dengan tema “daya serap yang dapat mencegah bocor di malam hari”, popok dewasa Lifree dengan “metode 2 pieces care yang diakui oleh riset bersama CRSU FKUI dapat mengurangi resiko terjadinya luka dekubitus pada lansia”, dan Deo-Toilet untuk kucing yang diluncurkan pada tahun 2021 dengan tema “fungsi cegah bau”.

Presiden Direktur Takumi Terakawa menyatakan, “Berkat dukungan dari semua pihak, perusahaan kami menjadi satu-satunya anak perusahaan dari Unicharm Corporation yang menjadi perusahaan terbuka di tahun 2019. Selain itu, berkat kerja keras dari seluruh karyawan, kami berhasil melalui periode sulit di tengah virus COVID19 dan menjaga supply produk yang stabil di seluruh Indonesia. Terakhir, tujuan dari keberadaan perusahaan kami adalah untuk mewujudkan masyarakat simbiosis Indonesia yang lebih sehat, mandiri, nyaman dan bahagia melalui produk yang berkualitas. Kedepannya kami akan memperkuat partnership bersama seluruh mitra bisnis untuk terus bertumbuh di masa depan”.

Syifa Hadju sebagai brand ambassador Charm mengatakan, “Untuk kedepannya saya ingin berkontribusi mendukung aktivitas wanita untuk tetap beraktivitas dengan nyaman meskipun sedang menstruasi dengan produk-produk value added dari Charm, agar dapat meningkatkan kualitas hidup wanita Indonesia”.

Selain itu, Titiek Puspa sebagai brand ambassador Lifree menambahkan, “Saya ingin terus mendukung aktivitas/kehidupan orang tua gar sehat dan bahagia bersama keluarganya dengan Lifree.”

Takahisa Takahara President & CEO turut mengucapkan terima kasih dalam Ceremony 25th PT Uni Charm Indonesia Tbk, “Sejak awal pendirian PT Uni-Charm Indonesia Tbk di tahun 1997, kami mendapatkan dukungan besar hingga dapat bertumbuh seperti sekarang. Untuk kedepannya, kami akan terus memberikan produk dan pelayanan yang terbaik untuk merealisasikan SDGs, serta menciptakan lapangan kerja untuk berkontribusi pada masyarakat Indonesia.”