SinarHarapan.id – Pasar cat di Indonesia diperkirakan akan tumbuh semakin baik dan menarik. Kebutuhan cat cukup besar seiring dengan kehadiran proyek properti seperti perumahan, apartemen, perkantoran, dan infrastruktur lainnya.
“Kebutuhan cat di Indonesia bertumbuh 5%-6% per tahun. Jadi prospek pasar cat ini masih atraktif,” ungkap GM Sales & Marketing Pacific Paint Danny Tanurahardja, di sela pameran Pekan Raya Jakarta (PRJ), Jumat (7/7).
Karena itu, Pacific Paint sebagai pionir perusahaan cat di Indonesia terus memantapkan diri dengan berinovasi pasca pandemi covid-19. Danny menjelaskan ini diawali dengan keikutsertaan produsen cat yang sejak berdiri 1943 itu dalam pameran PRJ, 14 Juni-16 Juli 2023.
Pacific Paint pada kesempatan itu memperkenalkan inovasi rangkaian cat terbaru dengan mengambil inspirasi warna dari keindahan alam Indonesia.
“Alam memberikan anugerah keindahan menakjubkan. Kami pun terinspirasi dari keindahan ini sehingga mewujudkan beragam inspirasi warna, bukan lagi warna biasa, tapi jadi #PesonaWarnaPenuhCerita yang menghidupkan suasana hunian, gedung perkantoran, bangunan komersial, dan lainnya,” katanya.
“Apalagi, tahun ini sebagai tahun pertama Pacific Paint ikut ajang PRJ. Keikutsertaan kami karena perusahaan mengerti industri cat bukan lagi jadi barang bahan bangunan yang hanya dipahami pekerja bangunan maupun profesi painter,” kata Danny.
Produk cat kini jadi barang yang dibutuhkan konsumen yang sudah dapat memilih dan mengaplikasikan langsung cat sesuai kebutuhan.
Pada pameran ini, konsumen bisa berkunjung ke booth guna berkonsultasi soal warna dari simulasi 2D Paint Simulator via www.pacificpaint.com serta 3D Virtual Color Experience dilengkapi perangkat VR.
“Fitur-fitur ini untuk mempermudah konsumen menentukan warna yang akan diaplikasikan pada dinding hunian,” katanya.
Khusus di PRJ, Pacific Paint memperkenalkan produk terbaru, yakni Metrolite Brilliance Series, berupa dua cat dinding interior, Metrolite Brilliance Bright & Clean dan Metrolite Brilliance Color Bright.
Ada juga, produk cat dinding eksterior yakni Metrolite Brilliance Weatherbright. Metrolite Brilliance Series dipasarkan mulai dari Rp200 ribu hingga Rp1,4 juta disesuaikan dengan jenis kemasan dan pilihan warna. “Produk cat terbaru ini akan didistribusikan ke seluruh Indonesia pada Agustus dan full campaign pada September tahun ini,” ujar Danny.
Danny pun optimistis dengan peluncuran produk cat terbarunya itu akan meningkatkan penjualan cat secara keseluruhan hingga 30%. Head of Laboratory Pacific Paint Lusiana Simarmata menambahkan sebelum merilis varian cat terbaru, pihaknya selalu melakukan penelitian hingga Metrolite Brilliance Series siap diluncurkan ke pasaran.
“Kami benar-benar memahami cat seperti apa yang dibutuhkan konsumen,” kata Danny lagi.