Ekonomi

Hari Ketiga Pameran Inacraft, Transaksi UMKM Pertamina Tembus Hingga Rp 1,8 Milyar

×

Hari Ketiga Pameran Inacraft, Transaksi UMKM Pertamina Tembus Hingga Rp 1,8 Milyar

Sebarkan artikel ini

SinarHarapan.id – Di hari ketiga gelaran INACRAFT on October 2023, 20 UMKM PT Pertamina (Persero) betul-betul membuktikan kualitas dan keunggulannya. Hal tersebut terlihat dari total transaksi yang membukukan angka hingga lebih Rp1,8 Milyar.

“Saya lihat luar biasa keren ini kurasinya, dengan produk yang ditampilkan benar-benar layak jual dan bisa bersaing baik di pasar domestik maupun dipasar global ,” ujar Eny Retno Yaqut, Istri Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas saat berkunjung ke booth UMKM Pertamina di Hall A Balai Sidang JCC.

Eny juga mengajak semua lapisan masyarakat datang ke Inacraft untuk melihat kekayaan produksi UMKM terutama 20 booth UMKM Pertamina.

Dihari ketiga, produk payung lukis UMKM Adhimas Batik Handycraft menjadi produk yang paling banyak diburu pengunjung. Selain penjualan retail, hingga saat ini telah menerima pesanan dari sejumlah instansi di Jakarta dan Surabaya  hingga 2.000 payung lukis dengan total transaksi mencapai Rp800 juta.

“Seharian saya menelepon istri untuk memastikan ketersediaan bahan baku dan kesiapan pekerja,” ujar Suyanto, pemilik UMKM Adhimas. Suyanto merasa bahagia, karena ini pertama kalinya turut serta dalam kegiatan pameran sebesar Inacraft.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero),  Fadjar Djoko Santoso mengatakan bahwa keikutsertaan 20 UMKM binaan Pertamina pada Inacraft on October ini, merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka pengembangan UMKM agar semakin kuat dan berkelanjutan, sehingga mampu mengakselerasi UMKM naik kelas, dan go global.

“Pertamina terus melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, untuk dapat memfasilitasi para UMKM dalam mengembangkan usahanya. Salah satu nya melalui pameran, dimana UMKM bisa mempromosikan produknya dalam rangka meningkatkan minat masyarakat terhadap produk lokal, sehingga bisa diterima di pasar nasional maupun pasar internasional,” ucap Fadjar.

Selain menghadirkan showcase berbagai produk UMKM, Pertamina menyuguhkan aktivasi yang diharapkan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya nusantara, diantaranya : melukis di atas kain, membatik dengan menggunakan media kayu, serta membuat anyaman tas dari bambu. Kegiatan tersebut melibatkan UMKM Haluan Bali, Adhimas Craft, dan Loyok Kreatif.

“Pengunjung juga bisa mendapatkan official merchandise MotoGP sambil menikmati secangkir kopi mitra binaan Pertamina Geothermal Energy Kamojang,” pungkas Fadjar.

Pertamina akan membantu UMKM untuk naik kelas menjadi UMKM unggul dan mandiri. Hal ini senada dengan implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke-8 yakni menyediakan pekerjaan yang layak dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Selain itu juga mendukung ESG (Environmental, Social & Governance) di bidang sosial. Dengan cara ini, Pertamina yakin dapat senantiasa menghasilkan manfaat ekonomi di masyarakat sesuai dengan tanggung jawab lingkungan dan sosial. ***