Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita KiniEkonomi

Wisma BCA Foresta Raih Sertifikat Green Mark Super Low Energy Building dari Singapura

×

Wisma BCA Foresta Raih Sertifikat Green Mark Super Low Energy Building dari Singapura

Sebarkan artikel ini

SinarHarapan.id – Wisma BCA Foresta, gedung kantor milik PT Bank Central Asia Tbk (BCA), berhasil meraih sertifikat Green Mark Super Low Energy Building dari Building and Construction Authority (BCA) Singapura. Sertifikasi ini diperoleh karena Wisma BCA Foresta dinilai berhasil mencapai efisiensi energi tinggi dalam operasionalnya, menjadikannya gedung pertama di Indonesia yang menerima sertifikasi prestisius tersebut berdasarkan standar internasional Green Mark.

Sertifikat ini secara resmi diterima oleh Direktur BCA, Frengky Chandra Kusuma, pada Rabu (2/10). Gedung Wisma BCA Foresta berhasil memenuhi berbagai parameter efisiensi, termasuk menekan penggunaan energi listrik hingga 60% lebih hemat dibandingkan standar gedung biasa menurut kriteria Green Mark Singapura. Tak hanya efisien dalam penggunaan energi, gedung ini juga dirancang dengan konsep keberlanjutan, mencakup ekosistem hijau yang dipersiapkan sejak tahap perencanaan, desain, hingga perawatan bangunan.

Example 300x600

“Diperolehnya sertifikasi ini merupakan kebanggaan bagi kami karena mencerminkan upaya serius BCA dalam mendukung keberlanjutan di seluruh aspek operasional. Walaupun Wisma BCA Foresta masih tergolong gedung baru, kami sudah mendapatkan berbagai penghargaan yang memotivasi kami untuk terus memajukan komitmen kami dalam prinsip ESG,” ungkap Frengky.

Wisma BCA Foresta dilengkapi dengan berbagai teknologi hemat energi, seperti Building Automation System, Chiller Plant Management System, serta sistem tata udara yang dirancang untuk menjaga suhu dan kelembapan secara optimal. Desainnya juga mencakup material bangunan yang meminimalkan perpindahan suhu. Gedung ini turut memasang panel surya untuk mengurangi ketergantungan pada energi berbahan bakar fosil. Sistem air minum reverse osmosis, pemanfaatan air daur ulang, dan pengolahan air hujan juga menjadi bagian dari konsep bangunan hijau yang diterapkan.

Sebagai tambahan, Wisma BCA Foresta menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang terbuka bagi publik. Sejak diresmikan tiga tahun lalu, gedung ini telah meraih berbagai penghargaan, termasuk sebagai pemenang dalam kategori Energy Efficient Building pada ASEAN Energy Awards 2023 dan peringkat pertama dalam Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) 2022. Wisma BCA Foresta juga meraih sertifikasi Greenship building level platinum dari Green Building Council Indonesia (GBCI) pada 2021.

Pencapaian Wisma BCA Foresta selaras dengan pertumbuhan penyaluran kredit BCA untuk sektor-sektor berkelanjutan, yang mencapai 9,3% secara tahunan (YoY) hingga Rp198 triliun pada Juni 2024, atau sekitar 23,2% dari total portofolio pembiayaan BCA. “Komitmen BCA terhadap keberlanjutan lingkungan akan selalu menjadi prioritas. Wisma BCA Foresta hanyalah permulaan dari upaya kami mengintegrasikan praktik perbankan yang ramah lingkungan. BCA akan terus berinovasi dalam mendukung keberlanjutan bisnis dan lingkungan,” tutup Frengky.