Gaya Hidup

23 Tahun Starbucks Indonesia, Bawa Kopi Indonesia ke Kancah Global

×

23 Tahun Starbucks Indonesia, Bawa Kopi Indonesia ke Kancah Global

Sebarkan artikel ini

SinarHarapan.id-Selama 23 tahun, Starbucks telah membangun koneksi dengan kopi Indonesia yang mendunia.

Sebagai wujud apresiasi, tema ulang tahun kali ini adalah “Kebanggaan Indonesia, Mendunia.”

Anthony Mc Evoy, CEO Starbucks menyebut kopi Sumatra menjadi awal keterikatan Starbucks dan Indonesia sejak 1971.

Kini, Starbucks tercatat sebagai pembeli terbesar kopi Arabika premium asal Indonesia.

Kontribusi tersebut mengangkat nama Indonesia di peta kopi global. Perayaan ini juga mencerminkan dampak sosial dan lingkungan dari Starbucks.

Melalui program keberlanjutan, mereka menyumbangkan lebih dari 500.000 bibit kopi. Bibit itu selanjutnya untuk petani di Jawa hingga Sumatra sebagai bentuk dukungan jangka panjang.

Selain itu, mereka membuka toko edukatif seperti Seed-to-Cup Store di Bali. Toko-toko ikonik seperti Starbucks Reserve menjadi etalase kopi nusantara bagi dunia.

Lebih dari 4.000 karyawan terlibat dalam aksi sosial dengan 18.000 jam kontribusi komunitas. Tahun ini, 50 ribu bibit kopi kembali diberikan kepada petani di Sumatra Utara.

Produk spesial ulang tahun termasuk minuman terinspirasi dari dawet karya Gregorius Michael. Merchandise Bearista edisi terbatas juga tersedia untuk menyemarakkan perayaan.

Starbucks juga ambil bagian dalam World of Coffee Asia 2025 di Jakarta. Keikutsertaan ini menunjukkan komitmen Starbucks terhadap warisan kopi nusantara.

Sejak dulu, kopi Indonesia telah menjadi bagian penting rantai pasok global Starbucks. Melalui Farmer Support Center di Sumatra Utara, Starbucks menjalin kemitraan dengan petani lokal.

Komitmen mereka mencakup pemberdayaan dan regenerasi petani muda Indonesia. Wilayah dukungan meliputi Aceh, Jambi, Jawa Barat, dan Sulawesi.

Di ajang World of Coffee, Starbucks hadirkan pengalaman perjalanan kopi dari biji ke cangkir. Pengunjung dapat mencicipi kopi pilihan, olahan barista terampil di Brewers Bar.

Gorgeous Lord Immanuel menjadi juara Asia Pasifik 2024 di Hong Kong. Ia akan mewakili kawasan Asia Pasifik di Global Barista Championship di Las Vegas.

Melalui momen ini, Starbucks ingin terus menyuarakan potensi kopi Indonesia ke dunia. Kebanggaan Indonesia dalam setiap cangkir yang dinikmati di seluruh dunia.