26 February 2024

Warga Meenten berharap pemerjiksaan Kesehatan legkip seperti ini bisa diteladani elemen masyarakat lain. (Dok/SH.ID).

SinarHarapan.id – Warga RW 02 Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat merasa senang dengan kedatangan tim Relawan Prabowo Rabu Biru Untuk Indonesia (RBUI), Sabtu pagi (23/12/2023).

Pasalnya relawan pendukung setia pasangan capres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka itu membawa tim medis lengkap, obat-obatan dan dua unit mobil Rumah Sehat Keliling RBUI untuk mengobati warga yang sakit.

“Aksi RBUI di sini sangat bagus dan simpatik. Mereka mengobati 150 warga yang sakit sekaligus memeriksa kadar gula darah, kolesterol dan asam urat kami,” kata Ny. Tina, 32, warga setempat usai mendapat layanan kesehatan di Balai RW 02, Jalan Anyer, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Ny. Tina yang tengah hamil lima bulan mengungkapkan, dirinya bukan hanya mendapat pengobatan, namun juga diberi edukasi hidup sehat oleh tim medis RBUI yang menerjunkan tiga dokter, enam perawat dan empat peracik obat. Penyuluhan hidup sehat diberikan untuk menghindari stunting (gizi buruk), risiko saat hamil dan melahirkan kelak.

Warga lainnya, Wahyu, 43, juga merasa terharu dan berterima kasih kepada RBUI yang rela ‘jemput bola’ alias datang ke tengah pemukiman warga untuk melayani kesehatan dengan ramah. “Tadi saya diperiksa tim dokter RBUI, ternyata ada tekanan darah tinggi dan kolesterol. Lalu saya diberi obat,” cetus Wahyu yang sehari-hari berprofesi sebagai ojek online.

Di tempat sama, Ketua Umum Rabu Biru Untuk Indonesia (RBUI), Henny Daeng Parani mengutarakan, pihaknya tetap konsisten mengupayakan layanan kesehatan masyarakat di berbagai tempat.

Tim Medis RBUI sigap dan ramat melayani berbagai keluhan penyakit warga Menteng, Jakarta Pusat. (Dok/SH.ID).

“Kami menyadari masih banyak warga yang belum sempat mendatangi Puskesmas atau rumah sakit karena kesibukan mereka. Makanya kami jemput bola dengan terjun langsung ke tengah pemukiman,” kata wanita asal Sulawesi Selatan ini yang membawa relawan sebanyak 50 orang.

Selama tiga pekan terakhir, lanjutnya, RBUI sudah menggelar serangkaian bakti sosial di tiga kotamadya Jakarta. Yakni di Cikoding (Cilincing, Koja dan Kelapa Gading) Jakarta Utara serta kawasan Cengkareng, Jakarta Barat. Kali ini RBUI hadir kembali di Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. “Agustus 2023 lalu kami juga baksos di Bogor melakukan pemeriksaan kesehatan dan edukasi terhadap 100 ibu hamil dan 100 balita,” urai Henny.

Mengenai dana kegiatan baksos tersebut, Henny juga menyatakan rasa terima kasihnya kepada sesama relawan RBUI dan beberapa pihak yang mau menyumbangkan dukungan untuk diberikan kepada warga yang membutuhkan. Dukungan relawan RBUI dan sejumlah pihak itu berupa dana, konsumsi, air mineral, obat-obatan, vitamin, peralatan, 2 unit mobil sehat keliling, tenaga medis, dll.

Penasihat RBUI, Roy Maningkas menambahkan, pihaknya terjun ke tengah masyarakat dengan hati dan kasih. RBUI juga akan memperluas cakupan bakti sosial ke beberapa daerah seperti Jabodetabek, Cikarang, Karawang, dll.

“Kepada masyarakat luas, mari bergandengan tangan dengan RBUI untuk membantu sesama di tiga bidang kehidupan. Yakni kesehatan, pendidikan dan kelestarian lingkungan,” papar Roy.

Roy mengemukakan, pemeriksaan kesehatan warga penting dilakukan karena sering terjadi hasil cek kolesterol, gula darah, asam urat dan tekanan darah di luar perkiraan warga. “Ternyata banyak hasil cek menunjukkan kadar yang tinggi dan membahayakan. Ini lah langkah preventif kami agar warga tetap sehat,” katanya.

Pemeriksaan kesehatan dan edukasi hidup sehat warga secara berkala oleh RBUI ini, sambungnya, sesuai program Asta Cita keempat yang dicanangkan pasangan capres Prabowo-Gibran, yakni memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, serta penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas. (non)