SinarHarapan.id-Setiap anak memiliki hak untuk tumbuh bahagia dan berkembang secara optimal. Dalam prosesnya, terdapat peran sentral yang dimainkan oleh orang tua dalam memberikan kebutuhan yang memadai.

Baik itu kasih sayang, lingkungan yang sehat,pendidikan, asupan nutrisi, mainan dan pakaian, hingga kebutuhan lainnya demi mendukung tumbuh kembang. Menariknya, di balik kebutuhan anak yang bervariatif ini diiringi oleh pertumbuhan brand lokal yang kian inovatif dalam menghadirkan koleksi berkualitas, sehingga mendorong kreativitas para orang tua dalam memilih produk yang sesuai preferensi. Fenomena ini semakin diperkuat oleh platform belanja online seperti Shopee, tidak hanya menyediakan pilihan produk lengkap dari brand lokal terpercaya, tetapi juga menawarkan berbagai promo menarik hingga fitur belanja interaktif, Shopee Live dan Shopee Video yang siap membantu orang tua memenuhi kebutuhan keluarga dengan lebih mudah dan efisien.

Memperingati perayaan Hari Anak Nasional, pada acara Webinar Shopee: Peran Keluarga,Kunci Anak Tumbuh Bahagia, kehadiran Anissa Aziza, seorang Mom Influencer, telah memberikan perspektif baru tentang bagaimana peran penting orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak di era digital. Diskusi ini juga menyoroti Jumaliu, owner Kazel, brand fashion anak, yang menekankan bahwa inovasi dan kreativitas dalam dunia digital dapat membantu brand lokal semakin dekat dengan konsumen, memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan kebutuhan anak dan preferensi para orang tua yang terus berkembang Peran Shopee Memenuhi Kebutuhan Anak yang Dinamis Lewat Brand Lokal Terpercaya.

Di balik kebutuhan anak yang bervariasi ditambah aktivitas mereka yang dinamis dan penuhgerak, memilih kebutuhan lewat produk berkualitas dari brand terpercaya juga menjadi langkah penting yang harus diperhatikan. Sebagai platform e-commerce, Shopee berfungsi sebagai jembatan antara orang tua dengan brand lokal dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Melalui Shopee, dapat dengan mudah menemukan produk-produk yang mendukung perkembangan anak, sekaligus memberikan dukungan langsung pada ekonomi kreatif di Indonesia.

Selain orang tua, fitur Shopee yang saling terintegrasi juga berkontribusi membawa dampak positif terhadap pertumbuhan UMKM dan Brand lokal di Indonesia. Maka dari itu, di tengah persaingan industri brand lokal yang semakin ketat di era digital ini, Kazel berhasil muncul sebagai salah satu brand lokal anak yang sukses memanfaatkan platform Shopee. Didirikan oleh Jumaliu pada tahun 2015, Kazel memulai perjalanannya dengan visi yang kuat untuk menyediakan pakaian anak yang nyaman, desain fungsional, berkualitas, serta terjangkau.Sejak berkomitmen untuk terus mengadopsi kemajuan teknologi, Kazel berhasil mencapai konsumen secara luas dan efektif dengan strategi inovatif melalui Shopee Live dan Shopee Video. Strategi pemasaran ini tidak hanya meningkatkan kesadaran merek, tetapi juga mencatat pencapaian luar biasa. Pada kuartal kedua 2024, Kazel berhasil mencatat peningkatan pesanan di Shopee Live hingga 32 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

“Strategi kami menitik beratkan pada kemampuan untuk terus mengikuti perkembangan tren dan teknologi. Maka dari itu, mengoptimalkan platform seperti Shopee beserta fitur interaktifnya,Shopee Live dan Shopee Video, menjadi fokus utama dalam menjangkau target pasar dan mendekatkan diri dengan calon konsumen. Fitur-fitur ini tidak hanya memudahkan kami berinteraksi langsung secara real-time, tetapi seakan membuat kami sedang jualan di toko offline yang bisa secara langsung memberikan edukasi lebih efektif. Mulai dari informasi produk Kazel yang sudah bersertifikasi SNI dan OEKO TEX Internasional, hingga program After Sales Service, khusus customer komplain bisa langsung kami tangani dengan cepat dan baik. Takhanya itu koleksi produk Kazel yang variatif, hampir lebih dari 30 jenis produk, sehingga pelanggan bisa menyesuaikan apa yang mereka butuhkan.” tambah Jumaliu, owner Kazel.

Bagi Kazel, fitur-fitur interaktif yang dihadirkan Shopee, baik Shopee Live dan Shopee Video initelah memberikan banyak pengalaman yang berdampak positif pada bisnis. Selain peningkatan penjualan yang signifikan, Kazel kini dapat mempekerjakan lebih banyak anggota tim untuk mendukung berbagai aspek produksi, termasuk pemasaran, manajemen konten, layanan pelanggan, dan kontrol kualitas. Dari awal yang hanya berdua dengan istri, Kazel kini telah berkembang menjadi sekitar 350 anggota tim dan 100% produksi lokal, bahkan bisa berkontribusi pada lapangan kerja baru dan peningkatan ekonomi lokal. Keseriusannya terus berlanjut lewat jadwal Shopee Live yang hampir setiap hari mulai dari Senin-Sabtu, di jam11.00-14.00 WIB dan 19.00-23.00 WIB. Beberapa produk-produk Kazel yang paling banyak dicari mencakup KAZEL Zebe Setelan Oasaka Edition, KAZEL Jobel Zebe Youra Shorts Girl, serta berbagai baju dalam anak lainnya.

Membangun kepribadian anak yang positif dan bahagia dimulai dari menciptakan hubungan yang erat serta penuh kasih sayang antara orang tua dan anak. Proses ini akan menjadi kunci utama pembentukan karakter mereka dan menjadi fondasi yang membangun kepercayaan diri,empati, dan kemampuan mereka dalam mengatasi tantangan hidup. Di tengah padatnya aktivitas dan tantangan zaman yang serba digital, peran orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak menjadi semakin penting, hal ini turut dirasakan oleh Anissa Aziza, sebagai ibudari dua orang anak yang juga aktif bekerja sebagai influencer. Bagi Anissa, menyeimbangkan waktu antara keluarga dan pekerjaan memang tidak mudah, tetapi perkembangan teknologi memainkan peran penting dalam membantunya menjalani tantangan tersebut. Selain menjadi wadah yang membantu brand lokal memaksimalkan potensi, kehadiran platform belanja online seperti Shopee telah membantu para orang tua modern dalam memenuhi kebutuhan buah hati.

“Tentunya, aku sangat mengapresiasi bagaimana Shopee telah sangat membantu kami sekeluarga dalam memilih dan mendapatkan produk terbaik dari berbagai kategori, sehingga belanja menjadi semakin nyaman dan efektif. Apalagi sekarang fitur di Shopee semakin lengkap, bukan hanya dibanjiri promosi saat kampanye angka kembar, kehadiran fitur-fiturseperti Shopee Live dan Shopee Video juga memberikan kesempatan kepada aku dan paraorang tua lainnya untuk mendapatkan informasi, saran, dan rekomendasi produk daribrand-brand lokal yang terpercaya dan berkualitas. Bagi aku, Shopee sekarang sudah lebih darisekadar platform belanja online, tetapi juga menjadi tempat untuk berinteraksi dan memperluas pengetahuan aku sebagai konsumen dan orang tua,” ujar Anissa Aziza.

Seiring dengan membantu menjalankan perannya sebagai ibu, Shopee juga memberikan dampak positif kepada Anissa sebagai seorang influencer yang bergabung dan aktif mengikuti Shopee Affiliate Program. Hadirnya fitur Shopee Live dan Shopee Video tidak hanya menjadi cara berbelanja yang lebih interaktif dan informatif, namun juga kerap menjadi sumber inspirasibagi Anissa untuk menemukan produk yang dapat ia berikan sebagai rekomendasi kepada para followers-nya di media sosial. Selain itu, berkat komisi yang diraih sebagai Shopee Affiliate,Anissa dapat menambah budget untuk berbagai kebutuhan, mulai dari tabungan pendidikan anak hingga tambahan uang jajan saat liburan keluarga.
Selain membagikan pengalaman positifnya dalam memanfaatkan fitur dan program yang dihadirkan Shopee, dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional,