26 February 2024

SinarHarapan.id-PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia mengumumkan hasil keputusan para pemegang saham memutuskan Daisuke Okamoto menjadi Presiden Direktur PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motor menggantikan Nobukazu Tanaka efektir per 1 Februari 2024.

Nobukazu Tanaka menjabat sebagai Presiden Direktur PT. KTB sejak 1 Februari 2022. Selama kepemimpinannya banyak pencapaian yang telah ditorehkan oleh KTB. Di April 2022, di awal masa jabatannya KTB berhasil melewati masa peralihan FUSO Euro 2 ke Euro 4 dengan sukses. Beliau juga membawa KTB, memasuki era Euro 4 dengan meluncurkan FUSO Canter dan Fighter X dengan mesin Euro 4 yang lebih ramah lingkungan. Produk FUSO Canter dan Fighter X Euro 4 mendapatkan respon positif dari konsumen di seluruh Indonesia, dan KTB berhasil mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pangsa pasar kendaraan niaga dengan perolehan 41,1% di tahun 2022.

Di tahun 2023, KTB meluncurkan FUSO Fighter X Mining Equipment version 2 dan Canter Bus sehingga total variant produk Mitsubishi Fuso menjadi 37 dengan 17 varian Canter dan 20 varian Fighter X. Di bawah kepemimpinan Nobukazu Tanaka, KTB terus melakukan penguatan tidak hanya sisi produk tetapi juga layanan sisi purna jual dengan penambahan dealer baru, Bengkel Siaga 24 Jam, Part Depo dan pendirian Cabin dan Casis Repair untuk kendaraan niaga sehingga KTB menjadi distributor Mitsubishi Fuso dengan jaringan dealer dan layanan purnajual terluas dan terbanyak di seluruh Indonesia. Total 221 dealer, 16 Bengkel Siaga 24 Jam, 18 Part Depo, 127 Mobile Workshop Service (MWS) dengan lebih dari 6700 outlet spare part.

Di sisi teknologi KTB menghadirkan aplikasi Runner 3.0 dan My Fuso dimana aplikasi ini menghadirkan kemudahan untuk konsumen memonitor kondisi kendaraan dan mendapatkan informasi terbaru mengenai Mitsubishi Fuso. Semua penyempurnaan terus dilakukan untuk memenuhi kepuasan konsumen sehingga pada tahun 2023, KTB melalui brand Mitsubishi Fuso juga berhasil mendapatkan Gold Winner Champion kategori Kendaraan Komersial sebagai WOW Brand dari MarkPlus.

Di bawah kepemimpian Nobukazu Tanaka, respon yang positif juga didapat oleh KTB saat melakukan uji coba Fuso eCanter yaitu truk tenaga listrik kepada beberapa perusahaan logistik seperti Goto, Wings, Pos Logistik, dan lainnya.  Hal ini menjadi acuan untuk KTB mengambil langkah selanjutnya terkait dengan elektrifikasi kendaraan niaga. KTB juga peduli terhadap dunia pendidikan dengan memberikan truk FUSO Euro 4 kepada 8 sekolah kejuruan di seluruh Indonesia untuk dijadikan alat praktik para siswa kejuruan otomotif.

Daisuke Okamoto, yang akan menjabat sebagai Presiden Direktur KTB efektif 1 Februari 2024, bukanlah orang baru di dunia otomotif beliau sebelumnya pernah menjabat Direktur Sales and Marketing PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors selama 4,5 tahun sejak 2011 hingga 2016 dan selanjutnya beliau menjabat sebagai General Manager Automotive Business Division di Mitsubishi Corporation. Kemudian kembali lagi ke Indonesia, tentunya dengan pengalamannya dan keahliannya di dunia otomotif, akan meneruskan kesuksesan pendahulunya memberikan yang terbaik kepada konsumen Mitsubishi Fuso di seluruh Indonesia dan tentunya membawa KTB lebih sukses lagi.(isn)