Network

Gernas BBI dan BBWI Dihelat Bareng HUT ke-79 Jateng di Salatiga

×

Gernas BBI dan BBWI Dihelat Bareng HUT ke-79 Jateng di Salatiga

Sebarkan artikel ini
Acara Puncak Gernas BBI dan BBWI Provinsi Jawa Tengah menjadi momentum penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di daerah ini. Tidak hanya menjadi ajang pameran produk-produk lokal, tetapi juga menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk berinteraksi dengan konsumen dan memperluas jaringan bisnis. (Dok/SH.ID).

SinarHarapan.id – Dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) tahun 2024, digelar Acara Puncak Gernas BBI dan BBWI sebagai salah satu rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Provinsi Jawa Tengah.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) ditunjuk sebagai Campaign Manager, serta menjalankan peran dan fungsinya sebagai Government Public Relations (GPR) yang turut serta mendukung kegiatan Gernas BBI dan BBWI 2024 berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Acara ini diselenggarakan di Kota Salatiga.

Menteri Komunikasi dan Informatika dalam sambutanya yang diwakili oleh Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Septriana Tangkary, mengatakan sektor ekonomi dan bisnis khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) adalah pihak yang paling terdampak pandemi pada awal tahun 2020 lalu.

Oleh karena itu, Pemerintah mengambil inisiatif untuk meluncurkan Gernas BBI yang diluncurkan secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Mei 2020.

“Gernas BBI bertujuan untuk mendorong penguatan branding, mengajak masyarakat Indonesia agar makin mencintai produk dalam negeri, sekaligus mengajak penjual UMKM agar beralih ke ruang digital. Gerakan ini merupakan kolaborasi masif yang melibatkan seluruh Kementerian dan Lembaga, BUMN, swasta, e-commerce serta asosiasi dan organisasi di bidang UMKM,” jelas Septriana.

Kemkominfo terus berkolaborasi dengan seluruh Kementerian dan Lembaga selama kurang lebih empat tahun terakhir. Septriana mengungkapkan saat ini onboarding UMKM ke ruang digital sudah mencapai sekitar 25,2 juta onboardingdari target 30 juta UMKM onboarding pada tahun 2024.

Untuk mendukung misi Gernas BBI dalam pemanfaatan teknologi digital bagi produk-produk artisanal lokal, Kemkominfo berkomitmen untuk terus mendukung melalui pembangunan infrastruktur digital dan ekosistem digital termasuk pendampingan UMKM secara digital.

“Atas terselenggaranya acara yang luar biasa ini. Semoga dapat berdampak positif pada eksistensi pelaku UMKM Jawa Tengah, produk lokalnya, serta tingkat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi provinsi secara umum,” tutupnya.

Acara Puncak Gernas BBI dan BBWI Provinsi Jawa Tengah menjadi momentum penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di daerah ini. Tidak hanya menjadi ajang pameran produk-produk lokal, tetapi juga menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk berinteraksi dengan konsumen dan memperluas jaringan bisnis.

Penjabat (Pj) Walikota Salatiga, Yasip Khasani, yang menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas penunjukkan Kota Salatiga sebagai tuan rumah penyelenggaraan HUT ke-79 Provinsi Jawa Tengah.

“Tentu ini menjadi satu momen besar dan berharga bagi Kota Salatiga yang merupakan kota tertua kedua di Indonesia setelah Palembang. Tidak hanya merasa bangga, namun dengan adanya kegiatan ini banyak manfaat yang kami rasakan,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, bersama Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenko Marves, Odo RM Manuhutu juga menyerahkan Piagam Apresiasi Gernas BBI BBWI kepada 5 UMKM Champions dari berbagai industri, para pemenang lomba pesiar Jateng, serta para pemenang lomba video Jelajah Jateng Sekarang.

Dalam sambutannya, Nana Sudjana, menyampaikan bawah Jawa Tengah memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Jawa Tengah memiliki daerah atau lahan yang subur. Sekarang adalah bagaimana kita terus mengembangkan potensi-potensi tersebut. UMKM kita hari ini pun kita libatkan dalam rangka hari jadi ke-79, ada 190 UMKM. Maka kami tentunya berharap pada masyarakat Salatiga dan Jawa Tengah untuk hadir dan berkunjung,” ujar Nana.

Lewat Gerakan BBI,  masyarakat Indonesia diharapkan lebih mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri dan meningkatkan daya saing produk lokal. Sejalan dengan itu, kampanye BBWI bertujuan untuk mempromosikan potensi wisata Indonesia dan mendorong masyarakat untuk berlibur di dalam negeri.

Sebab, Indonesia memiliki kekayaan alam, budaya, dan sejarah yang sangat beragam dan menawarkan pengalaman wisata yang unik dan menarik. Dengan berwisata di dalam negeri, masyarakat tidak hanya dapat menikmati keindahan alam dan budaya Indonesia, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan sektor pariwisata.

Selain Acara Puncak Gernas BBI dan BBWI, pada peringatan HUT ke-79 Provinsi Jawa Tengah akan ada juga kegiatan lain seperti Fun Run, Jateng Expo, Festival Jamu dan Kuliner, Pentas Seni dan Budaya, Festival Band Pelajar, dan penampilan berbagai artis.  (non)