26 February 2024

Khairani Fauziah biasa di sapa Embun, Promotor Kebugaran atau Fitness Influencer Foto: Istimewa

SinarHarapan.id – Semakin tinggi kesadaran masyarakat untuk hidup sehat berdampak pada pesatnya penyebaran konten-konten kesehatan di media sosial dari berbagai kalangan.

Khairani Fauziah yang akrab disapa dengan Embun, promotor kebugaran atau fitness influencer, saat diwawancarai dalam salah satu event kesehatan menjelaskan bahwa masyarakat dapat dengan mudah belajar tentang gaya hidup sehat melalui media sosial.

“Walau informasi berlimpah, kita harus waspada terhadap sumbernya. Dari yang saya pelajari, informasi kesehatan merupakan kategori informasi yang memiliki tingkat hoax yang tinggi. Kalaupun ada informasi dari narasumber terpercaya, penyampaiannya terkesan kaku dan kurang menarik”, jelasnya.

Khairani Fauziah berikan cara angkat beban yang benar. Foto: Istimewa

Untuk menginspirasi masyarakat Indonesia agar lebih peduli terhadap kesehatan, Khairani kerap menyisipkan unsur komedi agar edukasi yang dia bagikan dapat lebih mudah diterima oleh berbagai kalangan. “Dari pengalaman saya, masyarakat saat ini kurang tertarik untuk menyimak apabila pengemasan informasi yang terlalu serius,” ucapnya.

Khairani juga berpendapat bahwa tidak ada kata terlalu muda atau terlalu tua untuk memulai menerapkan gaya hidup sehat. “Saat kita sehat, maunya banyak. Namun saat kita sakit, maunya cuma sehat. Maka dari itu, harapan saya adalah agar masyarakat selalu ingat bahwa kekayaan yang paling tidak ternilai adalah kesehatan”, tutupnya.

Berikut ini tips sehat yang kerap disosialisasikan Khairani kepada masyarakat:

1. Berjalan kaki lebih banyak apabila belum rutin berolahraga. Mulailah dengan 3.000 langkah per hari dan tingkatkan secara bertahap hingga mencapai 7.000 langkah.

2. Mulai rutin latihan beban. Jenis latihan ini dapat mempertahankan metabolisme tetap tinggi hingga lanjut usia.

3. Memiliki jam tidur yang teratur. Tidur sangat penting agar tidak mudah lelah saat beraktivitas dan menekan keinginan untuk ngemil.

4. Minum air putih lebih banyak. Dengan cukup minum atau minimal 2 liter sehari memberikan manfaat yang baik untuk fungsi tubuh kita. (atp)