Ekonomi

Inovasi Hypermart Jadi Kunci Dekat Dengan Masyarakat

×

Inovasi Hypermart Jadi Kunci Dekat Dengan Masyarakat

Sebarkan artikel ini

SinarHarapan.id – Gerai swalayan modern Hypermart yang tersebar di 65 kota di seluruh Indonesia, terbentang dari Binjai di Sumatera Utara hingga Abepura di Papua, sudah lebih dari 20 tahun melayani konsumen dan menjadi retailer pertama yang memperoleh sertifikat Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sejak tahun 2022.

Dalam beberapa tahun terakhir, merupakan tahun penuh tantangan bagi Hypermart terutama karena pandemi Covid 19 menyebabkan perubahan pola berbelanja dan gaya hidup konsumen terutama di kalangan Milennial dan Generasi Z. Menyadari akan adanya perubahan pada keinginan dan kebutuhan pelanggan, maka Hypermart pun menyelaraskan diri agar tetap relevan dan dekat dengan konsumennya. Produk baru terus ditambahkan dan konsep gerai dibuat lebih nyaman untuk meningkatkan pengalaman belanja bagi konsumen yang mayoritas berbelanja dengan keluarga, gerai Hypermart memfokuskan pada destination category seperti Fresh, Cooking, Snacks, Health & Beauty, Baby Needs.

Hypermart tak ketinggalan dalam memudahkan para pelanggan memperbanyak amal baik untuk berbagi kepada sesama dengan menyediakan produk-produk khusus yang dibutuhkan oleh masyarakat mengisi momen bulan Ramadan. Selain kelengkapan produk, harga juga dibuat terjangkau dengan berbagai promosi yang membuat pelanggan dapat lebih hemat sehingga bisa membeli lebih banyak produk.

Marketing Director PT Matahari Putra Prima Tbk Iriana Ekasari menjelaskan, “Khususnya di tahun 2024 ini, Hypermart mewujudkan rasa syukur atas kemajuan usaha yang telah dicapai oleh Perusahaan di tahun 2023 lalu. Di tahun 2023, ada banyak inovasi di aspek produk, operasional gerai dan penataan gerai yang diwujudkan guna memuaskan pelanggan, yang semuanya direspon sangat positif oleh pelanggan kami. Untuk itu, kami berterimakasih kepada pelanggan dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan cara mendonasikan ketupat kepada masyarakat di sekitar gerai melalui program Sejuta Bahagia Berbagi Ketupat. Sebuah program yang dimaksudkan untuk berbagi kebahagiaan.”

Mengapa Ketupat? 

Ketupat adalah makanan khas dalam budaya perayaan Idul Fitri di Indonesia sebagai symbol perayaan keluarga dan sosial. Akhir Ramadan akan ditandai oleh keluarga dengan berbuka makan ketupat dan berbagi ketupat antar tetangga. Dalam budaya Jawa ada tradisi Lebaran Ketupat yaitu merayakan Hari Raya pada tanggal 8 Syawal, seminggu setelah Iedul Fitri karena 6 hari setelah 1 Syawal dilanjutkan dengan puasa sunnah Syawal sebagai penyempurna puasa Ramadan.

Ketupat dipilih karena memiliki filosofi yang sesuai dengan kondisi Hypermart saat ini. Kata ketupat dapat dimaknai dari kependekan kata Laku Papat yaitu : empat tindakan – lebaran, luberan, leburan dan laburan). Lebaran bermakna selesai, jadi diharapkan telah selesai semua perselisihan atau permasalahan. Luberan bermakna melimpah ruah sehingga luber – ini juga dimaknai sebagai doa bahwa rejeki mendatang akan sampai berlimpah, namun harus dijemput dengan memberi atau berbagi. Leburan bermakna melebur atau menyatu dengan masyarakat.   Terakhir adalah kata Laburan artinya dilabur atau ditutup dengan penutup yang berwarna putih melambangkan kembali suci. Bagi Hypermart, filosofi ketupat ini sangat selaras karena Hypermart ingin melebur dengan masyarakat dan membagikan banyak kebahagiaan sehingga diharapkan menjadi pilihan utama pelanggan.

Untuk mendukung kelancaran program ini, Hypermart juga dengan bangga berkolaborasi dengan FoodCycle Indonesia, organisasi nirlaba yang mendapat ijin untuk mendistribusikan makanan dari berbagai sumber, kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan. Program ”‘Sejuta Bahagia Berbagi Ketupat” juga didukung iklan yang gencar di media sosial serta didukung oleh mitra lainnya seperti Zurich Syariah dan Kredivo.

Hypermart berkomitmen untuk terus dekat dengan pelanggannya melalui kegiatan di gerai, menyediakan produk-produk baru yang dicari oleh masyarakat, menambah mitra pemasok baik pemasok besar maupun UMKM, mengembangkan aplikasi Hi-card untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan terus membuka gerai-gerai baru di lokasi yang relevan dan pemanfaatan omni-channel.