Transformasi digital JEC Group mencakup berbagai inisiatif bertujuan meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. (Dok/SH.ID)

JEC Group Raih Penghargaan Prestisius di Tahun 2024 atas Transformasi Digital dalam Memudahkan Pasien, Mempercepat Layanan, dan Mengurangi Waktu Tunggu

SinarHarapan.id –  Lebih dari 40 tahun JEC Group menjangkau masyarakat Indonesia, memudahkan akses dan mendekatkan layanan kesehatan mata berkualitas. Diiringi dengan hadirnya 15 cabang JEC Group di wilayah Jabodetabek dan luar Jabodetabek. JEC Group sebagai market leader di industri kesehatan mata, berkomitmen selalu relevan dengan perkembangan zaman melalui penerapan transformasi digital di berbagai lini.

Transformasi digital JEC Group mencakup berbagai inisiatif bertujuan meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. Sebagai langkah progresif dalam menghadapi revolusi digital, JEC Group meluncurkan inisiatif transformasi digital yang dirancang untuk mempercepat pelayanan, meningkatkan akurasi diagnosis, dan memberikan kenyamanan kepada pasien.

Penerapan Electronic Medical Record (EMR) telah menghasilkan peningkatan signifikan dalam akses data pasien, memungkinkan tim medis memberikan perawatan yang lebih terfokus dan tepat waktu. EMR memungkinkan pasien berkonsultasi dan meneruskan perawatan secara berkelanjutan di JEC Group cabang manapun karena kemudahan akses terhadap rekam medis pasien secara online.

Selain itu, pengaturan janji konsultasi dengan dokter melalui platform digital telah memberikan kemudahan bagi pasien, mengurangi waktu tunggu dan memastikan pengalaman yang lebih nyaman. JEC Group juga menerapkan KIOSK registrasi yaitu penggunaan mesin anjungan mandiri yang membantu pasien secara mandiri dalam mendapatkan pelayanan.

Di samping itu, layanan ini juga dilengkapi dengan fitur notifikasi yang memungkinkan pasien untuk menerima pengingat tentang janji temu dan perawatan yang perlu mereka lakukan di masa mendatang. Selanjutnya, penerapan kecerdasan buatan (AI) pada platform WhatsApp difokuskan untuk mempercepat pelayanan dan meningkatkan utilisasi tim Contact Center, memastikan respon yang cepat dan efisien terhadap pertanyaan dan kebutuhan pasien. Dengan hal tersebut, JEC Group semakin konsisten untuk semakin mendekatkan diri kepada pasien demi memberikan pelayanan terbaik.

Transformasi digital JEC Group mencakup berbagai inisiatif bertujuan meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. (Dok/SH.ID). 

JEC Group juga melakukan pendekatan pemasaran masa depan yang menjawab pengalaman pelanggan yang semakin phygital – meleburnya fisik dan digital. Hal ini didukung dengan penggunaan strategi pelacakan Google UTM yang telah membantu JEC Group dalam mengidentifikasi dan menganalisis sumber lalu lintas digital, sehingga memungkinkan untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan dalam strategi pemasaran secara real-time, yang pada akhirnya meningkatkan konversi dan ROI (Return on Investment).

Dengan berbagai perubahan yang dilakukan JEC terhadap kemajuan teknologi saat ini, hari ini (13 Maret 2024), JEC Group mendapatkan penghargaan pada ajang Marketeers OMNI Awards 2024 untuk kategori Digital Customer Engagement. Dify M Purba MBA selaku Kepala Divisi Social Network & Multimedia JEC Group dan Pandu Jati Kuncoro selaku Marketing and Communication Manager JEC Group hadir untuk menerima penghargaan branding campaign, yang diberikan langsung oleh Iwan Setiawan, CEO Marketeers.

“Terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Marketeers, juga para pasien dan masyarakat luas atas upaya yang kami lakukan dalam memberikan yang pelayanan terbaik kepada pasien. JEC Group selalu mengikuti perkembangan zaman dalam strategi branding dan marketing melalui komunikasi 360 yang terintegrasi di semua platform.

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi semakin canggih dan kami harus beradaptasi dengan itu demi memberikan pelayanan terbaik kepada pasien, sambil menjaga standar etika dan profesionalisme dalam praktik medis. Diharapkan bahwa langkah-langkah ini akan memperkuat posisi JEC sebagai pusat kesehatan mata terdepan yang terus berinovasi dalam menyediakan layanan yang unggul,” ujar Mubadiyah, S.Psi, MM selaku Kepala Divisi Marketing and Communication JEC Group.

Ditambahkan pula oleh Dify M Purba MBA selaku Kepala Divisi Social Network & Multimedia JEC Group, “Lima tahun mendatang akan lebih banyak disrupsi yang terjadi daripada lima belas tahun terakhir. Bahkan, banyak teknologi yang muncul tiga tahun lalu yang tidak lagi relevan pada masa kini. Tak sekedar itu, persaingan di dunia bisnis juga semakin sengit, hingga strategi marketing kami pun membutuhkan adaptasi tanpa henti. Mulai dari kegiatan yang dilakukan secara digital maupun hybrid untuk menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan, agar tiap informasi dan edukasi bisa menjangkau banyak lapisan masyarakat di berbagai daerah.”

Presiden Direktur JEC Group, DR. Dr. Johan A Hutauruk, SpM(K) mengatakan, “Penghargaan ini tentunya menjadi awal yang baik di tahun 2024 ini. Selama 40 tahun, JEC telah menjangkau lebih dekat masyarakat Indonesia untuk memudahkan akses dan mendekatkan layanan kesehatan mata yang berkualitas. Tentunya kami juga berharap dapat terus meningkatkan standar kami di skala internasional sekaligus secara kolektif turut mendorong kualitas pelayanan kesehatan mata di Indonesia untuk dapat terus maju bersama. JEC dengan mutu ekosistem eye care serta implementasi digital yang terintegrasi dan dapat diandalkan serta keberadaannya yang kian mudah dijangkau, masyarakat tidak perlu lagi ke luar negeri untuk mendapatkan layanan kesehatan mata tepercaya.”

Dengan pengalaman 40 tahun sejak berdiri pada 1984, kiprah JEC dalam memberikan layanannya diakui dalam berbagai bentuk penghargaan prestasi, antara lain: Akreditasi dari Joint Commission International yang diraih tiga kali berturut-turut oleh JEC @ Kedoya pada 2014, 2017 dan 2020; penobatan “JEC LASIK Center” sebagai Pionir LASIK pertama di Indonesia oleh MURI (2007); Akreditasi Penuh Tingkat Paripurna dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; serta pemberian penghargaan “Indonesia Healthcare Most Reputable Brand 2014 dan 2015” untuk kategori rumah sakit mata di Jabodetabek dan 7 kota besar di Indonesia dari Majalah SWA dan pemenang the Best Corporate Image 2015-2019.

JEC menjadi pelopor dalam pembentukan ASEAN Association of Eye Hospital (AAEH) – dan kini menjadi anggota aktifnya, di samping berperan dalam World Association of Eye Hospital. JEC hingga saat ini telah memiliki 4 rumah sakit mata serta 9 klinik utama mata yang tersebar di beberapa kota besar, yaitu Rumah Sakit Mata JEC @ Menteng, Rumah Sakit Mata JEC @ Kedoya, Rumah Sakit Mata JEC-Primasana @ Tanjung Priok dan Rumah Sakit Mata JEC-Candi @ Semarang, Klinik Utama Mata JEC @ Cibubur, JEC @ Tambora, JEC @Cinere, JEC @ Bekasi serta JEC-Candi @ Semarang, JEC-Anwari @ Purwokerto, JEC-Java @ Surabaya, JEC-Orbita @ Makassar dan JEC-Bali @ Denpasar.  (non)