SinarHarapan.id-Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong terciptanya lingkungan ramah disabilitas pada pelayanan operasi penerbangan di Indonesia.
Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Cecep Kurniawan mengajak semua pihak di bidang penerbangan untuk meningkatkan pelayanan dan pemahaman kepada penumpang berkebutuhan khusus.
“Standar pelayanan penumpang berkebutuhan khusus memastikan bahwa tersedianya fasilitas yang memadai, serta peningkatan pemahaman bagi petugas di lapangan sehingga penumpang berkebutuhan khusus dapat mempunyai kemandirian dan memiliki kesempatan yang sama dengan penumpang lainnya untuk menggunakan moda transportasi udara,” jelas Cecep sebagaimana dikutip pada Jumat (22/3/2024).
Lebih lanjut dirinya kembali mengimbau kepada Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU) dan Penyelenggara Bandar Udara untuk memberikan fasilitas yang sesuai, serta melatih dan meningkatkan kesiapan petugas di lapangan agar mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada para penumpang berkebutuhan khusus.
Melalui sinergi, koordinasi, dan kolaborasi, diharapkan tercipta pelayanan yang ramah bagi semua pengguna jasa penerbangan, termasuk kaum disabilitas.
“Direktorat Jenderal Perhubungan Udara berkomitmen meningkatkan pelayan bagi penumpang berkebutuhan khusus dalam moda transportasi udara, demi menciptakan lingkungan yang inklusif, mandiri dan setara sehingga memiliki kesempatan yang sama dengan penumpang lainnya,” imbuhnya.(isn/infopublik)