SinarHarapan.id – Kopi Indonesia tampil memukau dalam Seoul International Café Show ke-23, pameran kopi terbesar di Korea Selatan.
Acara yang berlangsung di COEX, Gangnam, Seoul, pada 6-9 November 2024 ini mempromosikan kopi Indonesia melalui konsep unik bernama Indonesia Coffee Lounge.
Konsep lounge tersebut dirancang untuk memberikan pengalaman minum kopi yang menyenangkan.
Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Seoul, Zelda Wulan Kartika, menjelaskan bahwa lounge ini memperkenalkan keramahan khas Indonesia dan cita rasa kopi kepada calon pembeli.
“Melalui suasana santai ini, kami harap kerja sama bisnis dapat tercipta,” ujar Zelda saat peresmian pada 6 November.
Eksportir dan Produk Unggulan
Enam eksportir kopi Indonesia turut berpartisipasi dalam pameran ini. Antara lain Coffee Spell, Harris Coffee, PT Haldin Pacific Semesta, PT Imela Jaya Bersama (Wow Coffee). Juga PT Karya Tetangga Tuku (Kopi TUKU), dan CV Sakha Insan Pasada.
Baca Juga: KBRI Seoul Gelar Indonesia-Korea Young Entrepreneurs Forum
Mereka membawa berbagai produk unggulan, termasuk arabika dan robusta dari Sumatra, Jawa, dan Sulawesi.
Produk inovatif seperti kopi gula aren dari TUKU, kopi pandan, dan coconut latte dari PT Haldin Pacific Semesta mendapat respons positif dari pengunjung.
Potensi Transaksi dan Peluang Ekspor
Indonesia Coffee Lounge membukukan potensi transaksi sebesar USD 3,25 juta atau sekitar Rp48,26 miliar.
Sementara itu, tindak lanjut kesepakatan akan memastikan ekspor kopi ke Korea Selatan.
Kepala ITPC Busan, Husodo Kuncoro Yakti, optimis peluang ini dapat memperluas akses kopi Indonesia ke jaringan distributor dan roastery di Korea Selatan.
“Kami akan terus memfasilitasi eksportir untuk memanfaatkan pasar yang terus berkembang ini,” jelas Husodo.
Tantangan dan Masa Depan
Indonesia bersaing ketat dengan negara-negara lain seperti Vietnam, Brasil, Ethiopia, dan Kenya.
Namun, varietas seperti Arabika Gayo dan Mandailing telah terkenal baik oleh para coffee roaster di Korea Selatan.
Dengan konsumsi kopi yang meningkat 2,42 persen per tahun, peluang ekspor terus terbuka, terutama dengan tren eco-friendly dan keberlanjutan konsumen Korea Selatan.
Sehingga, ajang seperti Seoul International Café Show memberikan pijakan kuat bagi kopi Indonesia di pasar global