Gaya Hidup

Mengenal Local SEO Dan Cara Optimasinya

×

Mengenal Local SEO Dan Cara Optimasinya

Sebarkan artikel ini
local SEO

SinarHarapan.id – Sudahkah Anda melakukan optimasi local SEO untuk bisnis Anda? Strategi ini bisa diaplikasikan bagi bisnis online maupun online, dan akan sangat menguntungkan jika Anda memiliki toko fisik.

Local SEO adalah proses mengoptimalkan situs web dan konten Anda agar lebih mudah ditemukan oleh pelanggan lokal. Bisnis Anda dapat menjangkau pelanggan terdekat atau yang berada di sekitar lokasi fisik.

Strategi optimasi local SEO dapat dengan mudah dilakukan. Berikut kami rangkum beberapa cara melakukan optimasi local SEO untuk meningkatkan brand awareness dan peluang sales lebih tinggi.

Komponen Penting Local SEO

Untuk melakukan optimasi local SEO, Anda bisa memulai dari Google My Business (GMB). Anda harus memiliki profil GMB dan mengoptimasi informasi yang tertera. Umumnya, Anda harus mengisi informasi bisnis, termasuk jam operasional dan alamat.

Anda bisa memasukkan kata kunci lokal dalam informasi GMB maupun konten marketing Anda. Penggunaan kata kunci lokal misalnya menggunakan konteks lokasi atau geografis lokal.

Contohnya, jika Anda menyediakan produk lift barang yang berbasis di Surabaya, Anda bisa membuat konten blog dengan keywords “Harga Lift Barang di Surabaya,” atau “Service Lift Barang Surabaya,”

Kata kunci lokal sangat penting untuk menjangkau target pembeli yang relevan. Selain konten blog, Anda juga bisa menggunakan konten video animasi untuk mengembangkan brand awareness di sosial media.

Komponen local SEO lainnya yaitu ulasan pembeli dan konsistensi NAP. Bagikan ulasan pelanggan di situs web, social media, dan GMB bisnis Anda. Selain itu, pastikan juga Nama, Alamat, dan Nomor Telepon (NAP) bisnis Anda konsisten di semua platform online.

Strategi Optimasi Local SEO

Selain menggunakan Google My Business (GMB), ada strategi lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan local SEO. Selengkapnya sudah kami rangkum dalam empat poin berikut ini.

Optimalkan Situs Web Anda

Situs web Anda wajib dioptimalkan. Gunakan teknik SEO on-page yang fokus pada penggunaan kata kunci local, baik di tag judul, konten, dan deskripsi meta. Pastikan juga konten Anda bermanfaat dan tidak “clickbait” bagi pembaca.

Anda bisa menggunakan Google Trends atau Google Keyword Planner untuk mencari kata kunci lokal yang tepat. Kedua alat tersebut gratis untuk digunakan. Anda juga bisa menggunakan alat berbayar seperti Ahrefs untuk mendapat rekomendasi yang lebih detail dan akurat. 

Buat Konten Lokal

Setelah Anda mendapatkan rekomendasi keyword lokal, saatnya Anda membuat konten. Konten yang bisa Anda muat bisa dalam bentuk artikel blog, video, grafik, ilustrasi, studi kasus, atau lainnya.

Anda juga bisa berkolaborasi dengan influencer lokal untuk memperluas jangkauan audiens. Influencer yang relevan dengan industri Anda biasanya akan membuat konten eksklusif dan authentic sehingga dapat membangun citra bisnis. 

Aktif di Komunitas Lokal 

Anda bisa terlibat dengan komunitas lokal melalui berbagai cara. Misalnya, mengikuti proyek mereka dan terlibat sebagai sponsor. Namun, jika Anda tidak mampu untuk melakukan hal tersebut masih ada cara lainnya secara virtual. 

Anda bisa melakukan riset di media sosial untuk menemukan komunitas lokal yang aktif di wilayah Anda. Selanjutnya, Anda bisa mengirimkan penawaran kolaborasi membuat konten berbayar di media sosial ataupun bergabung dalam acara mereka. 

Manfaatkan Media Sosial

Seperti disinggung sebelumnya, media sosial bisa menjadi alat optimasi local SEO yang efektif. Selain berkolaborasi dengan influencer lokal, Anda juga bisa membagikan konten bisnis Anda untuk menarik pembeli terdekat.

Anda bisa menampilkan konten media sosial dengan engagement tinggi di situs web untuk meningkatkan SEO. Tambahkan juga konten media sosial seperti video singkat dan informasi berguna lainnya di akun GMB Anda untuk optimasi lebih lanjut. 

Strategi local SEO yang kita bahas di atas dapat membantu meningkatkan visibilitas bisnis Anda dan menarik lebih banyak pelanggan yang mencari solusi cepat. Anda bisa mulai mengoptimasi profil GMB dan menggunakan kata kunci lokal di konten Anda. 

Pastikan website Anda mobile-friendly. Banyak pencarian lokal dilakukan melalui perangkat seluler, jadi memiliki website yang beroperasi cepat sangat penting. Anda juga dapat memanfaatkan Google Analytics untuk melacak kinerja konten lokal dan melihat area mana yang perlu ditingkatkan.