SinarHarapan.id-Setelah sukses diselenggarakan tahun lalu, Parentalk Festival kembali digelar untuk kedua kalinya. Kegiatan tahunan ini digelar sebagai sarana bagi orang tua dan anak-anak untuk dapat menikmati momen kebersamaan melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan, sekaligus menjadi perayaan ulang tahun platform digital komunitas parenting, Parentalk, yang ke-6. Parentalk Festival 2023 akan digelar pada 2 Desember 2023 di Cibis Park, Jakarta.

Co-Founder & CEO Parentalk, Nucha Bachri, menyatakan, “Parentalk hadir sebagai medium bagi para orang tua untuk dapat bertumbuh, terus belajar dan beradaptasi dalam menjalani peran sebagai orang tua. Di tengah kesibukan yang dijalani orang tua dan anak, kami melihat urgensi untuk membangun kedekatan antara orang tua dan anak semakin besar. Parentalk Festival hadir sebagai medium bagi para orang tua dan anak untuk bisa merangkai memori indah bersama, yang harapannya dapat menjadi modal penting dalam membentuk koneksi dan pertumbuhan anak di masa depan.”

Memiliki momen kebersamaan antara orang tua dan anak sangatlah penting, bukan hanya bagi orang tua tapi juga tumbuh kembang anak. Sebuah studi menemukan bahwa ibu yang belajar cara membicarakan kembali kenangan bersama keluarga dengan anak balitanya akan membesarkan remaja dengan potensi kecemasan dan depresi yang lebih kecil.

“Sangat sulit untuk memprediksi apa yang akan diingat oleh anak. Memori seringkali mengejutkan kita, bahkan hal yang terasa remeh di masa lalu bisa dimaknai mendalam oleh anak dan menjadi bagian dari memori yang diingat hingga dewasa, sedangkan kadang hal yang kita rasa penting malah terlewat begitu saja dan terlupakan. Namun bukan berarti kita tidak bisa membantu anak memiliki core memory yang akan dikenang hingga dia dewasa nanti. Kuncinya adalah perbanyak pengalaman positif pada hidup anak, karena kumpulan pengalaman ini bisa menjadi kenangan dalam memori, berperan dalam membantu anak memahami siapa dirinya, mendukung kepercayaan diri, hingga kemampuan menyelesaikan masalah.” ungkap Co-Founder @goodenoughparents.id & Positive Discipline Parent Educator, Damar Wijayanti.

Ditambahkan Damar, beberapa langkah yang dapat dilakukan orang tua untuk menciptakan core memory bersama anak, antara lain:
Membangun antusias anak terhadap suatu aktivitas, dengan menceritakan apa yang bisa mereka alami dan pelajari.
Orang tua hadir sepenuhnya dan ikut menunjukkan antusiasme saat melakukan aktivitas bersama anak.

Libatkan semua indera dalam aktivitas bersama. Misal, dengan memutar lagu yang disukai anak sepanjang perjalanan, atau menggunakan parfum atau aroma yang menyegarkan.

Simpan memori melalui foto dan video, atau ajak anak melukis momen yang dilalui bersama orang tua.
Diskusikan kembali dengan anak tentang aktivitas bersama yang dilalui.

Upaya untuk merangkai banyak memori indah bersama anak, juga dilakukan Penyanyi, Penulis Buku Belahan Jantungku, dan Parenting Enthusiast, Andien Aisyah, “Buat ku dan suami, penting banget untuk punya momen-momen menyenangkan bersama Kawa dan Tabi. Gak melulu harus keluar kota. Selama aktivitas tersebut menyenangkan dan melibatkan kebersamaan kita berempat, menurutku itu bisa jadi kenangan manis yang harapannya bisa terus diingat oleh anak-anak, dan jadi modal mereka menghadapi tantangan ke depan. Makanya aku senang sekali bisa terlibat di acara Parentalk Festival. Bukan hanya bisa menciptakan memori bersama keluarga kecil kami, di kegiatan ini, kami juga bisa bertemu dengan keluarga-keluarga lain yang juga punya semangat untuk belajar dan bertumbuh.”

Manfaat memiliki momen kebersamaan dengan keluarga, juga dirasakan Multi-talented Kid & Brand Ambassador @wiliokids, Evolette Alexandra, “Aku tuh suka banget liat-liat foto dan video aku waktu kecil, sambil diceritain sama mama dan papa tentang bagaimana dulu aku mulai suka ikut berbagai lomba dan didampingi keluarga. Meski tidak selalu jadi juara, momen-momen menyenangkan selama ikut lomba, sudah jadi penyemangat aku untuk bisa lebih baik lagi. Sebab aku ingat pesan mama, kalau aku udah usaha sebaik-baiknya, jadi tidak perlu sedih, yang penting terus berlatih. Kebiasaan baik juga ditumbuhkan oleh mama papa bahwa pentingnya bergerak aktif dengan penuh semangat, demi mengejar apapun mimpi yang aku punya melalui berbagai bakat yang aku miliki.”

Kegiatan perdana Parentalk Festival digelar tahun lalu, dan sukses dihadiri lebih dari 1.000 pengunjung. Ditujukan bagi seluruh anggota keluarga, kegiatan ini menjadi puncak acara dari 3 rangkaian mini event yang digelar sebelumnya, yang terdiri dari playdate, workout, dan tennis party. Parentalk Festival juga dimeriahkan berbagai performers dan narasumber talk show yang menarik.

Parentalk Festival 2023 akan digelar di Cibis Park, Jakarta dengan tema ‘Under The Sea’ yang dekat dengan anak. Berbagai aktivitas edukatif dan interaktif akan dilaksanakan, mulai dari fun activity seperti Activity dari Kindy Cloud & BabyLoania dll. ParenTalkshow bersama Samantha Elsener kerjasama Parentalk & Santhosa, expert dari Good Enough Parents, serta Evolette Alexandra & Luna Allegra Kerjasama Parentalk & Wilio.

Activity booth dari sponsor seperti, ERHA Atopy & Skin Disease Center (activity skin check & face painting), Wardah (activity Doll Makeup Practice Corner), MY BABY (Activity Ocean in Jar & Mix Media Painting), Lemonilo, Aquaproof (Painting with Aquaproof), Wilio (Zumba for Moms & Kids), Kahf, Le Minerale, masih banyak lagi.

F&B Booth yaitu Glico, Sunkrips, Sunny Meal, Steggo dan masih banyak lagi hingga performa dari Andien Aisyah, Quinn Salman, Evolette Alexandra, dan performa menarik lainnya. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui website Parentalk.id.

“Melalui kegiatan Parentalk Festival 2023, kami ingin mengajak orang tua untuk bisa merangkai lebih banyak memori indah dan berkesan bersama anak-anak, juga keluarga lainnya. Lebih menyenangkan, karena akan banyak pula kegiatan dan ilmu yang harapannya bisa didapatkan di kegiatan ini. Mari kita rangkai cerita baik, untuk masa depan anak yang lebih baik,” tutup Nucha.