SinarHarapan.id – Sejumlah seniman tampil dalam pertunjukan teater bertajuk Janji Soekma: Langgam Gambang Kehidupan di Gedung Kesenian Jakarta, Jumat (6/10/2023). Pertunjukan yang menjadi produksi ke-14 Teater Abang None Jakarta ini merupakan kelanjutan kisah dari pertunjukan Soekma Djaja tahun 2013 dan pertunjukan yang bekerja sama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation ini bertujuan untuk melestarikan budaya Betawi dengan memperkenalkan seni orkestra Gambang Kromong.

Menggunakan lagu tema bertajuk seloaras dari Kunto Aji, Janji Soekma: Langgam Gambang Kehidupana ini mengisahkan tentang Lia, generasi termuda di keluarga seniman Soekma Djaja, berjuang memenuhi janji pada almarhum ayah angkatnya, Maman Djaja untuk menghidupi warisan leluhur Gambang Kromong Soekma Djaja.

Namun rencana dan strategi yang telah dirancang terhalang situasi berbahaya, sehingga Lia harus memutuskan antara menjaga gambang kromong atau menjualnya demi keselamatan semua orang. Selain mengangkat dan menghidupkan keunikan dari orkestra khas Betawi, gambang kromong, kisah ini menggambarkan perjuangan dan pengorbanan dalam melestarikan kebudayaan pasca pandemi. Foto: SHID/Ruht Semiono