SinarHarapan.id – PT Panca Tobacco Indonesia memperkenalkan 22 varian produk rokok dalam acara History of Panca Tobacco di Ballroom, Swissotel PIK, Jakarta. Direktur Utama Senwi Wandy mengungkapkan perusahaan berkomitmen menyediakan rokok berkualitas dengan harga terjangkau, sekaligus memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal
Panca Tobacco didirikan tahun 2000 sebelum pandemi, fokus pada produk turunan tembakau dengan mengadopsi dan memodernisasi UMKM dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perusahaan saat ini membawahi 10 pabrik di kedua provinsi tersebut.
“Kami tidak ingin rokok harus mahal, yang penting enak. Dengan harga Rp9.700 hingga Rp9.900 per bungkus, kami mendapat subsidi cukai dari pemerintah untuk rokok tier tiga,” Ungkap Senwi di kawasan PIK, Selasa (3/6/2025).
Industri rokok nasional sedang stagnan, namun hal ini justru menjadi peluang untuk memodernisasi produksi rokok tradisional. Ke depan, Panca Tobacco berencana memperluas jangkauan pabrik hingga 2026.
“Kami telah merangkul 10 pabrik UMKM, dari yang semula hanya produksi rumahan kini berkembang menjadi usaha berskala besar,” tambahnya.
Kartika, perwakilan perusahaan, menjelaskan misi Panca Tobacco adalah memperluas penetrasi pasar di semua kalangan, dari menengah bawah hingga atas. Produk telah tersedia di jaringan ritel seperti Indomaret, Indomarco, dan Indogrosir.
Andreas, Head of Marketing dari Panca Tobacco menambahkan bahwa pasar warung tradisional juga menjadi sasaran utama. Tiga varian unggulan, yaitu Putri Kretek (Original dan Mangga) serta Victory Teh Manis, sudah dipasarkan di Indomaret.

Prisca Aprilia, Brand Ambassador Panca Tobacco, mengungkapkan kebanggaannya terpilih mempromosikan produk ini.
“Saya akan memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan Panca Tobacco ke masyarakat,” ujarnya.
Adapun produk rokok yang diluncurkan seperti Poetri Original, Victory Grape Berry, Dewi Jambu, Nonie Apple, Kartika Mangga, Mr Long Tobacco, Victory Bold (Filter), hingga Moti – All Variant (e-Cigarette). Seluruh produk ini diolah oleh UMKM lokal yang kini telah dimodernisasi dengan dukungan dari Panca Tobacco.
Yang membedakan PT Panca Tobacco Indonesia dari perusahaan rokok lainnya adalah pendekatannya yang unik yaitu membangun dan membina pabrik-pabrik UMKM di berbagai daerah untuk berkembang dan bersaing secara sehat dengan industri besar. Dengan motto “Rokok Murah Berkualitas”, perusahaan hadir untuk menyediakan produk bagi seluruh lapisan masyarakat dari kalangan bawah hingga atas dengan tetap menjaga standar mutu dan rasa.
Untuk memperluas jangkauan pasar, Panca Tobacco menggandeng distributor nasional seperti PT Indomarco Adi Prima, serta jaringan ritel Indomaret dan Indogrosir. Produk Panca Tobacco akan tersedia di toko grosir, kelontong, hingga ritel modern di seluruh Indonesia.
“Kami percaya diri bersaing dengan brand besar karena kualitas produk kami terjamin. Sekarang masyarakat bisa membeli produk kami di Indomaret atau Indogrosir,” tutup Senwi.