SinarHarapan.id-Royco resmi meluncurkan Royco Bumbu Kaldu Rasa Ikan untuk mempermudah masyarakat mengolah aneka masakan ikan. Peluncuran ini menjadi yang pertama di Indonesia.
Royco menjawab tantangan dalam mengolah ikan yang kerap dianggap amis, rumit, dan kurang diminati.
Inovasi ini mendukung program “Gemarikan” dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang mendorong konsumsi ikan nasional.
Royco menghadirkan bumbu kaldu dari saripati ikan asli dengan lima rempah pilihan.
Produk ini mampu memperkuat rasa ikan, mengurangi amis, dan cocok untuk berbagai jenis masakan seperti goreng, bakar, kuah, dan kukus.
Royco juga mengedukasi cara penggunaan bumbu kaldu ini lewat situs resmi, Instagram, TikTok, dan YouTube. Satu sachet bisa digunakan untuk 1 kg ikan goreng.
Untuk sup, kukus, dan bakar, Royco menyarankan penggunaannya saat marinasi dan memasak.
Senior Brand Manager Royco, Kinanti Rakayantias, menyebut Royco ingin membantu ibu-ibu memasak ikan secara mudah dan lezat.Royco juga mengajak masyarakat menyambut Hari Ikan Nasional dengan konsumsi ikan yang lebih tinggi.
Inul Daratista ikut menyuarakan dukungannya. Ia merasa bumbu kaldu Royco membuat masak ikan jadi cepat, enak, dan tidak amis.
KKP mencatat konsumsi ikan masyarakat Indonesia pada 2024 mencapai 25,31 kg/kapita.
Wilayah dengan konsumsi tertinggi antara lain Papua Barat Daya, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara. Menu “Ikan Goreng” bahkan masuk tiga besar makanan favorit versi Menu Check Study oleh Kantar.
Direktur Pengolahan KKP, Tri Aris Wibowo, menegaskan bahwa masyarakat masih menghadapi mitos dan stigma negatif soal ikan.
Ia mengajak semua pihak berkolaborasi memperkuat sektor perikanan demi mewujudkan Generasi Emas 2045.
Royco dan KKP akan menggelar berbagai kegiatan menjelang Hari Ikan Nasional November mendatang untuk memasyarakatkan Gemarikan.
Royco berharap bumbu kaldu rasa ikan ini bisa jadi primadona baru di meja makan keluarga Indonesia.