26 February 2024

Masyarakat Desa Boto, Baturetno, Wonogiri, Jawa Tengah berkumpul bahagia lantaran akses air bersih yang disedikan PT Kable Farma Tbk sangat membantu mereka dari bahaya kekeringan. (Dok/SH.ID).

SinarHarapan.id – Akses air bersih yang dibuka PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) bagi masyarakat Desa Boto, Baturetno, Wonogiri, Jawa Tengah menuai banyak manfaat. Program pembukaan akses air bersih ini mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan ketersediaan air bersih yang mudah dan terjangkau.

“Sangat bersyukur sekali. Apalagi saat ini sedang terjadi bencana kekeringan di desa kami,” ujar Kitet, warga Desa Boto, Minggu (10/12/2023).

Kekeringan terjadi di Desa Boto merupakan akibat dari El Nino yang melanda Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sejumlah wilayah di Pulau Jawa akan mengalami bencana kekeringan hingga penghujung tahun 2023. Kabupaten Wonogiri yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa menjadi salah satu wilayah yang memiliki curah hujan yang rendah.

Air bersih yang mengaliri Desa Boto tidak hanya dimanfaatkan warga setempat. Sejumlah warga dari desa sekitar juga mengambil air bersih untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti: mandi, minum dan mencuci. Pengelolaan akses air bersih oleh warga Desa Boto dilakukan melalui paguyuban yang dibentuk oleh warga dan Kalbe, Paguyuban Manunggal Lestari.

“Saat ini, banyak pihak yang mencari sumber mata air, dan Desa Boto menjadi salah satu tujuan untuk mendapatkan air bersih. Kami sih tidak menutup mata. Justru itu merupakan sarana kita berbagi dengan sesama yang dilanda kekeringan,” jelas Antonius Agus Widodo, Ketua Paguyuban Manunggal Lestari.

Akses air bersih di Desa Boto, Jawa Tengah. (Dok/SH.ID).

Sementara itu, Kepala Desa Boto Edi Suroso Bambang Setiawan mengatakan bahwa masyarakat melakukan pengambilan air ke Desa Boto secara berkala. “Bahkan ada yang mengambil tiga kali dalam seminggu,” tambah Edi.

Wujud Konkret Akses Layanan Kesehatan

Dibukanya akses air bersih kepada 120 kepala keluarga di Desa Boto menjadi wujud implementasi komitmen keberlanjutan Kalbe Bersama Sehatkan Bangsa. Akses layanan Kesehatan menjadi program utama yang menjadi fokus keberlanjutan Kalbe.

Sebelumnya, pembukaan akses air bersih di Desa Boto telah diresmikan oleh Wakil Bupati Wonogiri Setyo Sukarno, disaksikan perwakilan Kalbe, Pemerintah Kabupaten Wonogiri dan Paguyuban Manunggal Lestari pada 9 Maret 2023. Akses air bersih ini ini merupakan hasil penggalangan dana seluruh karyawan Kalbe menyambut ulang tahun Kalbe ke-56 tahun 2022. Uang sejumlah lebih dari Rp 217 juta berhasil dikumpulkan untuk mendukung terbangunnya akses air bersih di Desa Boto.

“Kami bersyukur, apa yang telah dilakukan Kalbe dapat bermanfaat tidak hanya bagi masyarakat sasaran. Kalbe berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik. Mari kita Bersama sehatkan bangsa,” ujar SFD Arie Wibowo, Kalbe Corporate Sustainability Assistant Manager.   (non)