Ekonomi

Sun Life Donasikan Rp10 Miliar untuk Dukung Gaya Hidup Sehat Melalui Olahraga Basket

×

Sun Life Donasikan Rp10 Miliar untuk Dukung Gaya Hidup Sehat Melalui Olahraga Basket

Sebarkan artikel ini

SinarHarapan.id – PT Sun Life mendonasikan Rp10 miliar untuk fasilitas lapangan basket guna mendukung gaya hidup sehat bagi anak-anak kurang mampu di Asia.

Lapangan basket tersebut bisa digunakan oleh komunitas pemuda dan olahraga di Indonesia, Filipina, Hong Kong, Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Donasi ini bertujuan mendukung gaya hidup sehat bagi anak-anak kurang mampu di Asia.

Program filantropi yang dijalankan bersama Beyond Sport, yayasan olahraga global yang berfokus pada perubahan sosial ini merupakan respons atas laporan Active Healthy Kids Global Alliance 2022 yang didukung Sun Life.

Laporan tersebut menyoroti kurangnya aktivitas fisik dan banyaknya perilaku sedentari di kalangan anak-anak dan remaja di Asia, yang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, obesitas, gangguan kesehatan mental, serta berbagai kondisi kesehatan lainnya yang merugikan.

Menurut laporan tersebut, dalam hal aktivitas fisik, Hong Kong dan Malaysia mendapat nilai D, sementara Indonesia, Filipina, dan Vietnam mendapat nilai F. Hasil ini mengindikasikan bahwa kurang dari 20% anak berusia 6 sampai 17 tahun mencapai rata-rata aktivitas fisik moderat hingga intens selama minimal 60 menit setiap hari.

Kaiser Simanungkalit, Vice President, Branding Communications & Client Experience Sun Life Indonesia, menyatakan, “Di Sun Life, kami berkomitmen membantu jutaan keluarga untuk meraih kemapanan finansial dan menjalani hidup yang lebih sehat. Kurangnya aktivitas fisik dan perilaku yang cenderung statis di kalangan generasi muda Asia telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, dan berisiko terhadap peningkatan berbagai kondisi kesehatan serius. Oleh karenanya, perlu ada upaya untuk meningkatkan kesadaran serta menyediakan fasilitas dan edukasi berkualitas tentang pentingnya gaya hidup sehat, terutama bagi komunitas yang kurang mampu. Kami bangga bisa berkolaborasi dengan Beyond Sport dan mitra strategis lokal lainnya untuk menyajikan solusi inovatif dan menciptakan dampak sosial yang lebih luas di Asia.”

Dari pihak Beyond Sport, Executive Director Fred Turner menekankan bagaimana anak muda di berbagai belahan dunia kerap menghadapi hambatan dalam mengakses olahraga dan segala manfaatnya.

“Hambatan tersebut terkadang hanya soal ketersediaan ruang yang aman untuk berolahraga dan bermain,” ungkapnya.

“Kami pun merasa terhormat bermitra dengan Sun Life untuk meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental anak-anak yang kurang beruntung. Kami berharap program yang dirancang dengan mempertimbangkan keberlanjutan dan keterlibatan komunitas, dapat memotivasi generasi muda di Asia untuk membentuk kebiasaan positif yang akan mendukung perkembangan mereka sepanjang hidup.”

Inisiatif ini adalah bagian dari kampanye #MovementMatters Sun Life, yang berfokus pada promosi aktivitas fisik sebagai unsur kunci dalam mewujudkan gaya hidup yang lebih sehat.

Kampanye ini dimulai dengan Acara Amal 3×3 yang diselenggarakan secara serentak di Jakarta, Indonesia dan Manila, Filipina, pada tanggal 18 hingga 20 Agustus.

Acara “Celebrity & Basketball Weekend” di Jakarta berlangsung di Gandaria City Mall dengan kehadiran 650 peserta. Acara tersebut dimeriahkan oleh berbagai tokoh selebriti dan influencer basket, antara lain Dion Wiyoko, Tarra Budiman, Andovi, Jovial Da Lopez, Augie Fantinus, Rayi Putra, Samuel Rizal, Danang Suryonegoro, Maria Selena, Choky Sitohang, dan Bams.

Melalui acara ini, Sun Life mendonasikan 1 juta rupiah untuk setiap peserta baik di Jakarta, Manila maupun Filipina, serta setiap like, share, komentar, dan unggahan di media sosial yang memakai tagar #MovementMatters turut menambah jumlah donasi, yang total keseluruhannya mencapai 10 miliar rupiah.

Acara tersebut juga bertepatan dengan keikutsertaan Tim Kanada dan pemain-pemain unggulannya di Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 yang diselenggarakan di Jakarta. Sun Life sendiri merupakan Mitra Asuransi Resmi dari Canada Basketball.

“Kami sangat antusias dengan momentum yang telah tercipta untuk kampanye #MovementMatters dan berharap dapat selalu menerima dukungan dari masyarakat,” ungkap Kaiser. “Melalui upaya bersama, saya percaya, kita dapat membantu lebih banyak individu untuk memiliki hidup yang lebih sehat.” (rht)