SinarHarapan.id – PT Chery Sales Indonesia (CSI) mengukir sejarah dengan menghadirkan Chery X sebagai Global Concept Launch untuk pertama kalinya di Indonesia pada perhelatan GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2025, Senin, 25 November 2025.
Langkah ini juga sekaligus menjadi penampilan perdana Chery X di global setelah di China. Saat itu, debut fenomenal Chery X terjadi di ajang Chery Brand Night 2025 pada Oktober lalu di Wuhu, China.
Baca Juga: Setelah Gagal di Gunung Tianmen, Chery Akui Kelalaian dalam Penilaian Risiko
“Wawasan dari pengguna adalah energi yang mendorong kami mendobrak batas inovasi. Bagi Chery, kebutuhan pelanggan bukan sekadar sumber inspirasi, melainkan penggerak utama pergeseran strategi kami. Pendekatan yang semula berorientasi fungsi, kini bertransformasi menjadi pendekatan yang berorientasi skenario (scenario-oriented),” kata Rifkie Setiawan, Head of Brand & Marketing Department PT Chery Sales Indonesia.
“Berlandaskan wawasan tersebut, setiap elemen Chery X dirancang secara presisi untuk menjawab kebutuhan nyata dalam berbagai situasi keluarga. Kendaraan ini lahir dari kolaborasi langsung dengan pengguna, bukan semata-mata dari asumsi kami sebagai pabrikan,” kata Rifkie Setiawan lagi.

Mendobrak Desain Konvensional
Mengusung konsep “Ultimate Space Family Multi-SUV”, Chery X mendobrak batasan desain konvensional dengan menawarkan fleksibilitas ruang dan fungsi modular yang dapat beradaptasi sesuai kebutuhan penggunanya.
Konsep Multi-SUV muncul saat Chery memperkenalkan konsep inovatif “6=1” yang memungkinkan satu kendaraan berubah secara fleksibel. Fungsi kendaraan bisa berubah melalui pengaturan ulang kursi, pelepasan pintu bagasi belakang. Secara total, mobil ini bisa menjadi enam konfigurasi interior dan eksterior berbeda yang mampu mencakup 99 persen skenario mobilitas keluarga.
Visi di balik konsep ini adalah untuk menghadirkan “Mobile Home” yang menyimpan kehangatan keluarga. Ada ruang untuk mewujudkan impian pribadi dan kebebasan dalam berpetualang.
Istimewanya, Indonesia menjadi kontributor pembuatan konsep produk dan juga panggung pertama di global untuk menampilkan konsep futuristik tersebut.
Langkah ini juga menegaskan peran strategis Indonesia dalam peta bisnis global Chery, sekaligus menjadi bukti nyata untuk menghadirkan inovasi yang berpusat pada pelanggan, selaras dengan semangat “The New Revolution Built For Indonesia”.
Chery turut mendefinisikan ulang masa depan mobilitas berkelanjutan lewat penyematan teknologi Chery Super Hybrid (CSH).
Dengan demikian, Chery X bukan hanya menjawab tuntutan efisiensi dan emisi rendah, tetapi juga menetapkan tolak ukur baru bagi segmen Sustainable Performance SUV melalui pengelolaan energi yang cerdas serta pengalaman berkendara yang responsif dan andal.
Dengan manajemen energi cerdas, teknologi CSH secara mulus beralih antara mode pure electric untuk perjalanan dekat tanpa emisi dan mode hybrid penuh untuk jangkauan yang diperluas (extended range), secara efektif menghilangkan range anxiety.




