SinarHarapan.id-Era digitalisasi berdampak pada beberap sendi kehidupan, dalam hal ini komunikasi.
Banyak dijumpai belakangan ini, masyarakat lebih sibuk dengan gawainya hingga kurang memperhatikan sekitarnya.
Memahami kondisi tersebut, TALKINC -institusi pendidikan yang berfokus pada pengembangan keahlian berkomunikasi- mengusung tema Act of Kindness dalam rangka merayakan hari ulang tahunnya yang ke-18 yang jatuh pada tanggal 26 November 2022.
Berdasarkan data dari Indonesia Millenial Report 2022 dan Indonesia Gen Z Report 2022 yang dikeluarkan oleh IDN Research Institute menemukan bahwa kedua kelompok umur (millennial adalah penduduk kelahiran antara 1981-1996 dan Gen Z adalah penduduk kelahiran tahun 1997-2012) ini rata-rata menghabiskan rata-rata 1 hingga 3 jam sehari untuk melakukan aktivitas di sosial media.
Hal ini mengakibatkan teguran, sapaan dan senyum berganti menjadi emoticon sehingga mengurangi sentuhan personal dalam berkomunikasi, yang secara tidak langsung mempengaruhi kualitas hubungan antar sesama.
“Ketidakmampuan seseorang untuk membangun relasi dengan orang lain, tekanan hidup yang semakin berat dan menantang membuat manusia kemudian menjadi egosentris dan sulit membangun hubungan dengan orang lain, ditambah pengaruh media sosial yang membuat kita semakin terkotak-kotak, lebih berkelompok, acuh kepada orang lain bahkan mendadak menjadi social justice warrior. Hidup kemudian semakin tidak nyaman ditambah ketidakmampuan dalam berkomunikasi yang merupakan faktor mendasar dalam membangun hubungan yang berarti.” jelas Erwin Parengkuan selaku Founder & CEO TALKINC.(24/11/2022)
Untuk itu TALKINC berkomitmen selalu menyebarluaskan “virus komunikasi” baik dari sisi pengalaman dan ilmu dalam mendukung kemampuan setiap pribadi untuk dapat terus berkomunikasi dengan tepat, relevan, serta memiliki respek kepada setiap orang yang mereka ajak bicara.
Bersama KATATALKINC yang merupakan platform digital terbaru kami khusus diluncurkan untuk memperluas pendidikan di segala aspek dalam membentuk mentalitas diri dan menjadi manusia yang utuh untuk terus dapat berkontribusi baik, dalam program tersebut 18 fasilitator TALKINC akan berbagi tentang bagaimana menjadi pribadi yang terus mengembangkan “Act of Kindness” dalam konteks komunikasi.
Rangkaian konten tersebut akan membahas tentang Emotional Intellegence, Growth Mindset, Becoming an Ambivert, Influential Communication, Generation Gapless, Leadership Communication, dan lain-lain.
Konten tersebut akan mulai ditayangkan di kanal Youtube KATATALKINC dari tanggal 26 November hingga 30 Desember 2022.
Selain itu, TALKINC juga akan memberikan sumbangan sebesar 18 juta rupiah kepada Wahana Visi Indonesia, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus kepada pendidikan dan kesehatan untuk anak-anak di Timur Indonesia.