SinarHarapan.id – Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian penting yang dapat mendorong kinerja organisasi perusahaan. Peningkatan kualitas SDM menjadi hal yang mutlak dilakukan agar perusahaan dapat mencapai target yang diharapkan. Menyadari hal tersebut, PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) menerapkan berbagai strategi pengembangan SDM untuk mendukung akselerasi pencapaian kinerja perusahaan.
Dalam pengelolaan SDM, Tugu Insurance menerapkan strategi yang dimulai dari tahap talent acquisition hingga penyusunan strategi remunerasi yang baik dan kompetitif. Pemenuhan kebutuhan SDM dilakukan melalui perencanaan tenaga kerja yang matang (manpower planning) serta analisis kebutuhan yang berkelanjutan. Proses rekrutmen pun dirancang agar tepat sasaran, didukung oleh sistem dan teknologi yang memudahkan serta memberikan pengalaman terbaik bagi kandidat.
Untuk meningkatkan kualitas karyawan, Tugu Insurance melaksanakan program reskilling dan upskilling. Program ini bertujuan menciptakan efektivitas biaya, dengan melakukan investasi yang tepat pada talenta terbaik, baik dalam proses perekrutan, pelatihan, maupun pengintegrasian karyawan ke dalam perusahaan.
Direktur Keuangan dan Layanan Korporat Tugu Insurance, Emil Hakim, menyampaikan bahwa perusahaan terus berupaya mempertahankan karyawan berkualitas dan berpotensi tinggi agar tetap produktif dan loyal. “Kami telah melakukan berbagai program peningkatan pengetahuan dan keahlian karyawan, serta terus menanamkan budaya perusahaan demi keberlanjutan usaha,” ungkap Emil.
Strategi pengembangan SDM ini terbukti memberikan dampak positif terhadap kinerja keuangan perusahaan. Dalam tiga tahun terakhir, terdapat peningkatan pada berbagai parameter seperti pendapatan bisnis, hasil underwriting, hasil investasi, hingga laba usaha di luar pendapatan lain-lain.
Di sisi lain, strategi ini juga berdampak pada peningkatan tingkat keterlibatan karyawan (employee engagement), yang tercermin dari skor Engagement Score Survey sebesar 82 dari 100. Selain itu, keberhasilan dalam penerapan nilai-nilai inti AKHLAK BUMN serta penurunan tingkat voluntary turnover dari 8,51% menjadi 5,64% (Desember 2023 ke Desember 2024) juga menjadi indikator positif lainnya.
Atas keberhasilan tersebut, Tugu Insurance mendapatkan pengakuan eksternal dalam ajang Employee Experience Award yang diselenggarakan oleh Human Resources Online (HRO) di Jakarta. HRO, yang merupakan bagian dari Lighthouse Independent Media sejak 2004, memiliki fokus pada kemajuan SDM dan beroperasi di sejumlah negara Asia seperti Singapura, Malaysia, Hong Kong, Thailand, Indonesia, dan Filipina.
Dalam ajang Employee Experience Award 2025, Tugu Insurance meraih penghargaan untuk kategori “Best Onboarding Experience”, yang diterima langsung oleh Emil Hakim. Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang unggul dalam menciptakan pengalaman positif bagi karyawan, dengan fokus pada empat pilar utama: Leadership, Learning, Engagement, dan Talent Acquisition.
Penilaian dilakukan oleh dewan juri independen yang terdiri dari para praktisi HR profesional, berdasarkan beberapa indikator yang mencakup tantangan bisnis, strategi, dampak, serta pembelajaran (learning points).
Menanggapi penghargaan tersebut, Emil Hakim menyampaikan bahwa pencapaian ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam menjalankan transformasi berkelanjutan sesuai semangat “Reaching New Heights” yang menjadi identitas Tugu Insurance.
“Kami harap pencapaian ini dapat terus kami pertahankan. Kami akan terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan positive employee experience, yang nantinya juga akan memberikan dampak positif bagi seluruh pemangku kepentingan,” tutup Emil Hakim.