Gaya Hidup

Uniqlo Bersama Adrie Basuki Luncurkan Pakaian Daur Ulang “Remake Project”

×

Uniqlo Bersama Adrie Basuki Luncurkan Pakaian Daur Ulang “Remake Project”

Sebarkan artikel ini
Uniqlo bersama Adrie Basuki luncurkan pakaian daur ulang "Remake Project" .

SinarHarapan.id – Perusahaan ritel asal Jepang, Uniqlo meluncurkan “Remake Project”, sebuah inisiatif berkelanjutan dari program Re.Uniqlo untuk memfasilitasi siapa saja yang ingin berkontribusi dalam menghijaukan bumi, dengan memberikan pakaian Uniqlo yang sudah tidak terpakai.

“Remake Project” merupakan implementasi dalam memberikan nyawa baru pada koleksi LifeWear favorit, agar bisa dimanfaatkan secara jangka panjang. Uniqlo menampilkan 40 pakaian upcycled yang telah di daur ulang dari pakaian yang sudah tidak terpakai, untuk menginspirasi masyarakat agar lebih menghargai pakaian dalam waktu yang lama.

“Proyek ini juga mempertegas inisiatif Neighborhood Collaboration sebagai upaya serius untuk memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis lokal dan UKM dalam mengembangkan potensi dan konsep bisnis berkelanjutan agar bisa berkontribusi bersama untuk lingkungan,” ujar Daniel Pieter, Marketing and E-Commerce Director PT Fast Retailing Indonesia.

Lebih dari 20 tahun Uniqlo telah menerapkan konsep keberlanjutan dalam menciptakan pakaian yang bukan hanya nyaman digunakan dengan bahan-bahan berkualitas, tapi bertanggung jawab di tengah berbagai masalah lingkungan dan kemanusiaan yang ada saat ini.

Melalui Re.Uniqlo box, pihaknya mengumpulkan pakaian-pakaian Uniqlo yang sudah tidak digunakan lagi oleh para pelanggan setianya. Kemudian didonasikan kepada yang membutuhkan hingga didaur ulang menjadi pakaian baru.

Uniqlo menggandeng Adrie Basuki, salah satu desainer yang dikenal kerap menciptakan pakaian dari bahan daur ulang. Adrie Basuki merupakan UKM Kolaborator Uniqlo Neighborhood di toko Uniqlo Botani Square, sekaligus juga UKM mitra binaan dari mitra Uniqlo pada proyek ini, yaitu Sarinah.

Sarinah juga akan mengadakan rangkaian seminar bertajuk “Sarinah Pandu” bagi para pemilik usaha lokal, untuk menambah peluang dalam mengembangkan konsep bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Dan juga menggandeng Menara Astra sebagai mitra untuk mengumpulkan pakaian-pakaian tidak terpakai melalui penempatan box agar menarik perhatian publik.

Pada gelaran ini, Adrie Basuki menghadirkan tema pakaian bertajuk “Godai” yang merepresentasikan lima elemen dalam budaya Jepang, yakni Bumi, Air, Api, Angin, serta Langit. Keseluruhan pakaian tersebut dihasilkan dari proses daur ulang dengan teknik recycle dan upcycle yang materialnya menggunakan sekitar 70% pakaian Uniqlo yang tidak terpakai yang dikumpulkan dari para pelanggan. (Red)

Ekonomi

SinarHarapan.id – UNIQLO, perusahaan ritel pakaian global asal Jepang terus melakukan berbagai inovasi demi mempermudah masyarakat mendapatkan pakaian yang…