26 February 2024

Yovie Widianto Jadi Ketua Umum Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI) Periode 2023-2026. Foto: Rudolf Adji

SinarHarapan.id – Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI) mengumumkan kepengurusan barunya periode 2023-2026, di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta (16/1).
Kini FESMI resmi di nahkodai oleh Yovie Widianto yang menggantikan Candra Darusman di periode sebelumnya (2020-2023).

“Hari ini memang ada pengumuman atau pengenalan pengurus baru FESMI periode 2023 – 2026 ini kesempatan kita berkumpul bersama, 90% hadir dan 10% ada tugas lain dan sebagian juga ada yang kampanye legislatif juga” Ungkap Yovie

Yovie menambahkan kenapa saya pingin lebih banyak lagi serikat musisi ini di Indonesia
“Dengan terbentuknya serikat-serikat musisi itu maka perjuangan musisi-musisi itu lebih kuat lebih punya kekuatan bersama dan sebagai unsur penekanya jadi sangat powerful karena mereka berjuang di sisi yang sama sehingga pemerintah dan juga pihak-pihak stakeholder sering bekerja dengan industri seni ini bisa saling bahu membahu untuk peningkatan kualitas hidup kesejahteraan baik senimannya dan juga memberikan keuntungan secara industri kreatif di seluruh negeri ini. ”

Dalam pengurus FESMI terdapat nama-nama musisi senior seperti Ikang Fauzi, Melly Goeslaw, dan Once,
sederet nama musisi muda seperti Ivan Alidiyan, Regina Poetiray, Anggi Marito, dan Putri Siahaan juga masuk dalam daftar kepengurusan. Lalu ada Febrian Nindyo Purbowiseso, Nino Kayam, Widi Puradiredja, Cholil Mahmud, Endah Widiastuti, Brian Kresnoputro, dan masih banyak lagi.

Para Pengurus Baru FESMI Periode 2023-2026

Yovie di masa kepemimpinannya berharap FESMI mampu menjadi organisasi bermutu yang relevan,berperan, dan mampu menjawab tantangan musisi dan industri musik di masa depan.
“Kami ingin meneruskan segala manfaat keanggotaan organisasi yang sudah terbangun agar dapat sustain. Mempererat hubungan dengan musisi di pusat dan daerah untuk tujuan mengenalkan pentingnya berorganisasi demi keberlanjutan profesi, baik melalui digital dan juga komunikasi langsung yang berdampak dan efektif,”ujar Yovie.

Saatnya Berdaya Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, FESMI era kepemimpinan Candra Darusman telah melakukan upaya-upaya untuk memberdayakan fungsi organisasi dan bersinergi
dengan berbagai stakeholder untuk memberi manfaat kepada musisi dan memberi solusi untuk tantangan yg ada di industri. Diantaranya, membangun sistem yang memungkinkan perlindungan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua, Oleh karena itu FESMI bekerjasama sama dengan BPJS Jamsostek ketenagakerjaan untuk mewujudkan
perlindungan para anggota karena pekerja seni ini masuk tenaga nonformal dan mensosialisasikannya melalui dialog #DISPERSI.

FESMI juga telah membentuk Tim Hukum dalam upaya pemberian konsultasi upaya kerja sama dengan organisasi lawyer LBH menyediakan dan memfasilitasi dialog terkait, merencanakan, dan menyediakan template kontrak kerja yang dapat dijadikan acuan.

Membuat kesepakatan MOU dengan Perhimpunan Advokat Indonesia
(PERADI) untuk memperkuat layanan bantuan hukum kepada anggota. Membangun kesepakatan kolektif tentang aktivitas cover mengcover.

Hingga memperjuangkan pengelolaan performing rights yang sesuai aturan
Undang-undang dengan dorongan konstruktif kepada LMKN, dan masih banyak lagi.
“Tentu tidak mudah bagi FESMI, sebuah organisasi yang dijalankan oleh musisi aktif untuk bisa bekerja agar mencapai cita-cita organisasi. Untuk itu FESMI juga mengajak semua musisi musisi, mulai dari yang kawakan hingga musisi pemula, juga antara musisi ibukota dengan musisi daerah untuk dapat membuat berbagai macam bentuk kegiatan-kegiatan tukar ilmu dan pemberdayaan agar memperkecil ketimpangan informasi. Sehingga musisi bisa lebih paham, berdaya, dan sejahtera,” pungkas Yovie.

Berikut daftar Pengurus FESMI Periode 2023-2026,
Ketua Umum ; Yovie Widianto
Wakil Ketua Umum 1 ; Ikang Fawzi (supervisi organisasi, kerja sama, dan pelayanan)
Wakil Ketua Umum 2 ; Melly Goeslaw (supervisi administrasi, keuangan, dan pendanaan)
Wakil Ketua Umum 3 ; Widi Puradiredja (supervisi komunikasi & penjangkauan)
Wakil Ketua Umum 4 ; Nino Kayam (supervisi pelatihan dan pemberdayaan)
Dewan Pembina ; Candra Darusman, Triawan Munaf, Prof. Ahmad Ramli
Sekretaris Jenderal ; Febrian Nindyo Purbowiseso
Sekretaris organisasi ; Novi Roeslan
Direktur Pelayanan ; Djati Rekso Wibowo
Direktur Keuangan & Pendanaan ; Menuk Hentiasanti
Direktur Hukum ; Panji PrasetyoDivisi Hukum:Kadri Mohamad, Once Mekel, Riyo Hanggoro, Diana Silfiani, Marcell Siahaan, Prayudhi Setiadharma, Adira Kania
Direktur Komunikasi ; Dzulfikri Putra MalawiDivisi Komunikasi:Ivan Alidiyan, Regina Poetiray, Anggi Marito
Direktur Platform Digital ; Bayu RanduDivisi Platform Digital ; Pandan P. Purwacandra
Direktur Riset & Pengembangan ; Cholil Mahmud
Divisi Riset & Pengembangan ; Ramadhan Handyanto
Direktur Pelatihan & Pemberdayaan ; Endah Widiastuti
Divisi Pelatihan & Pemberdayaan ; Putri Siahaan, Brian Kresnoputro. (atp)