SinarHarapan.id-Pasca membaiknya kondisi global setelah Corona yang menyebabkan tidak terlaksananya pameran, penerbangan dan pembatasan jarak, kini geliat ekonomi perlahan membaik.
Seperti Pameran Dagang China Homelife Indonesia yang berhasil digelar untuk ketiga kalinya.
Pameran tersebut telah berlangsung di Jakarta International Expo tanggal 16-18 Maret 2023.
Pada pameran Dagang China Homelife Indonesia pertama dan kedua pada tahun 2022 lahir dari inisiasi menteri perdagangan luar negeri China untuk memperluas pasar mereka di Kawasan Asia Tenggara pasca berlakunya perjanjian RCEP.
Pameran Dagang China Homelife Indonesia ke-3 diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Hangzhou bersama Biro Perdagangan Kota Jinhua, Biro Perdagangan Kota Jiaxing, Biro Perdagangan Kota Ningbo, Biro Perdagangan Kota Shaoxing, dan Biro Perdagangan Kota Yongkang. Pameran ini didukung oleh Dinas Perdagangan Provinsi Guangdong, Dinas Perdagangan Provinsi Jilin, Dinas Perdagangan Kota Hangzhou, dan Meorient International Exhibition.
Tak ketinggalan Himpunan Pengusaha Indonesia Tionghoa (HIPPINDO) juga ikut andil dalam acara ini.
Pameran tahun ini menampilkan 725 peserta dengan lebih dari 20 kota dan provinsi di Cina, termasuk Zhejiang, Jiangsu, Guangdong, Shandong, Fujian, dan Jilin. Total terdapat 1.000 booth dengan ukuran ruang pameran seluas 20.000 meter persegi.
Sebanyak 850 perwakilan peserta datang ke lokasi pameran. Hal tersebut menjadikannya sebagai kelompok peserta pameran Tiongkok terbesar di pasar luar negeri sejak pandemi.
Menariknya, untuk memastikan bahwa para peserta pameran tiba di Jakarta dengan nyaman dan cepat, penyelenggara pameran, Hangzhou Municipal Bureau of Commerce dan Meorient International Exhibition menggandeng Zhejiang Changlong Airlines untuk menyewa empat penerbangan langsung demi mengirim peserta pameran dari Hangzhou ke Jakarta pada tanggal 14 dan 15 Maret.
Lalu menjemput para peserta dari Jakarta untuk kembali ke Hangzhou pada tanggal 18 dan 19 Maret, sehingga total terdapat delapan penerbangan langsung untuk memastikan perjalanan yang lancar dan aman.
Inovasi berupa model pameran yang berbeda pada tahun ini berhasil dilaksanakan dan diapresiasi oleh publik internasional.
Salah satunya apresiasi delapan jenis pameran yang ditampilkan, termasuk produk Tekstil & Garmen, Elektronik Konsumen, Mobil & Sepeda Motor, Kecantikan, Bahan Bangunan & Perangkat Keras, Peralatan Listrik Rumah Tangga, Hadiah Rumah Tangga, serta Mesin Industri.
Peserta pameran dan para pembeli diundang sesuai dengan kategori produk agar pameran berjalan efektif dan mampu meningkatkan transaksi penjualan saat pameran berlangsung. Selain itu, pameran ini juga memperkenalkan metode pameran digital O2O melalui kombinasi AR / VR dan Internet. Sehingga metode ini mampu meningkatkan daya tarik dan pengalaman yang berbeda bagi pembeli.
Tahun ini, berbagai provinsi dan kota, seperti Departemen Perdagangan Provinsi Jilin, Biro Perdagangan Kota Hangzhou, dan Biro Perdagangan Kota Jiaxing mengirimkan kelompok kerja yang terdiri dari otoritas perdagangan, agen promosi perdagangan, dan pers untuk menyediakan berbagai layanan bagi para peserta pameran.
Diharapkan kelompok kerja tersebut dapat meningkatkan daya tarik pembeli, menyelenggarakan pameran perdagangan dengan lancar, membantu acara seminar, dan memperluas pasar untuk mempromosi.(isn)