SinarHarapan.id-Allianz Indonesia terus mendukung peningkatan literasi dan penetrasi asuransi di berbagai lapisan masyarakat.
Hari Asuransi, yang diperingati setiap 18 Oktober, menjadi pengingat pentingnya perlindungan asuransi bagi masyarakat Indonesia.
Allianz berpartisipasi dalam acara Literasi Hari Asuransi 2024 yang digelar oleh Dewan Asuransi Indonesia (DAI) dan PT PNM.
Pada tahun ini, Allianz menjadi fasilitator literasi keuangan dan asuransi bagi pelaku UMKM di Bandung pada 15 Oktober 2024.
Menurut data Kadin Indonesia, pada 2023 terdapat sekitar 66 juta pelaku usaha UMKM. UMKM menyumbang 61% dari PDB Indonesia, sekitar Rp9.580 triliun, dan menyerap 117 juta pekerja.
Sebagai kontributor utama PDB, UMKM perlu memahami pengelolaan keuangan, risiko keuangan, dan pentingnya asuransi.
Perlindungan asuransi sangat penting bagi UMKM untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik dan sejahtera.
“UMKM adalah komunitas penting dalam perekonomian bangsa. Kami terus mendukung perkembangan industri asuransi melalui peningkatan literasi secara konsisten di Indonesia,” ujar Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli.
Allianz Indonesia, melalui Tim CSR dan kantor cabang Bandung, mengajak 60 pelaku UMKM untuk memahami pengelolaan keuangan dengan Allianz SmartPlan Board Game.
Permainan ini mensimulasikan kondisi sehari-hari untuk memberikan pemahaman tentang dasar pengelolaan keuangan dan risiko keuangan.
Peserta juga belajar tentang pinjaman online, faktor eksternal yang memengaruhi keuangan, serta pengelolaan arus kas dan pengeluaran.
Allianz SmartPlan Board Game juga memberikan pengalaman tentang jenis aset produktif untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan.
Peserta diajak memahami skenario yang mempengaruhi nilai aset, seperti kondisi pasar yang fluktuatif.
Pemenang dalam permainan ini adalah peserta yang berhasil mengumpulkan aset terbanyak.
Allianz Indonesia juga memberikan literasi keuangan dan asuransi di SMKN 2 Bandung untuk siswa kelas X dan XI.
Melalui permainan board game, siswa diajarkan cara mengelola keuangan dan pentingnya asuransi.
Allianz mengadakan social media challenge, mendorong siswa membuat video edukasi tentang literasi keuangan, seperti simulasi anggaran bulanan.
Dengan begitu, siswa lebih bersemangat memahami perencanaan keuangan melalui media sosial, yang sangat dekat dengan remaja.
“Usia remaja adalah waktu yang tepat untuk memulai pemahaman keuangan,” kata Ni Made.
Literasi keuangan secara berkala membentuk generasi muda cerdas finansial yang mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa.