SinarHarapan.id – Meningkatnya pariwisata dunia, mengundang Taiwan juga menggencarkan pariwisatanya di Indonesia, guna masyarakat tertarik mengunjungi negeri cantik berjuluk ‘Naga Kecil Asia’ ini. Taiwan Tourism Bureau M.O.T.C pun mengumumkan tahun 2025 sebagai tahun pariwisata ke Taiwan.
Tak salah kalau Taiwan mulai melakukan promosi dengan berbagai cara. Pasalnya, Taiwan pun menawarkan sejumlah hal menarik dinegaranya. Ada empat hal penting yang dapat menghibur pengunjung yang datang ke Taiwan: Pertama, lokasi alamnya yang indah dengan gunung dan laut yang memukau, Sejumlah tempat wisata alam yang spektakuler membuat kita akan merasa beruntung bisa berkunjung ke negeri ini.
Kedua, Kulinernya yang beragam bahkan halal untuk mulut pengunjung Indonesia yang kebanyakan Muslim. Masakan Taiwan itu merupakan perpaduan dari pengaruh Cina, Jepang, dan Indonesia. Jadi, tentu di mulut orang Indonesia pun selalu akan masuk.
Ketiga, Budayanya. Ya Taiwan merupakan negara yang kaya budaya, dengan sejarah panjangnya yang kerap dibuat dalam tontonan menarik bagi wisatawan. Banyak sekali museum dan galeri yang bisa dikunjungi termasuk Museum Istana Nasional yang menyimpan banyak koleksi artefak Tiongkok kuno. Sejumlah Festival pun semarak digelar sepanjang tahun.
Yang keempat adalah: Love atau cinta yang artinya semua warga Taiwan siap menyambut kehadiran para wisatawan dari Indonesia bahkan negara lain dengan hangat dan ramah juga cinta yang besar. Hal ini pun dipaparkan langsung MC yang membawakan acara jumpa pers dalam dua Bahasa, dengan tajuk ‘Pemutaran Perdana Video Pariwisata Indonesia-Taiwan’, di salah satu resto di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2025).
Tak Cuma itu. Soal gaya hidup, Taiwan jagonya. Karena itu, sejumlah mall dan toko-toko pun siap menyambut para wisatawan yang ingin berbelanja tas, sepatu, kain, dan pakaian-pakaian baik yang branded atau pun yang khusus dengan style dunia maupun Taiwan semua tersedia bagi para wisatawan.
Video yang diputarkan selanjutnya merupakan promosi Pariwisata Mikha Tambayong, Duta Pariwisata Taiwan Pertama di Indonesia, yang memukau dan menarik Perhatian berbagai media dan masyarakat, terlebih setelah ia juga hadir sebagai duta pariwisata Taiwan 2025 pada Travel Fair di Ice BSD, Serpong, Sabtu (22/2/2025).
Ya, Mikha Tambayong menjadi selebriti Indonesia yang baru saja diumumkan sebagai duta pariwisata Taiwan pertama di Indonesia, hadir dalam acara konferensi pers peluncuran video promosi pariwisata Taiwan di Jakarta dengan sangat menawan dengan busana cantik berwarna pink yang mengandung nilai keindahan Taiwan.

Acara ini diselenggarakan oleh Taiwan Tourism Bureau M.O.T.C, di mana Mikha menerima penghargaan sebagai ‘Duta Pariwisata Taiwan’ dari Duta Besar Taiwan nutuk Indonesia, Mr. Bruce Hung (Mr Hung Chen-Jung).
Pada kesempatan yang sama, Mikha juga diberikan simbol kehormatan berupa mahkota bunga ‘Duta Pariwisata Taiwan’ oleh Duta Besar Taiwan, Mr. Bruce Hung (Mr. Hung Chen-Jung).
Dalam sambutan Duta besar Taiwan, Mr Bruce Hung dalam bahasa Mandarin Taiwan yang diterjemahkan, “Indonesia dan Taiwan, we are friends,” katanya. Diakhir sambutannya, ia berbicara dengan bahasa Indonesia yang langsung dimengerti ‘Silahkan berkunjunglah ke Taiwan’ disambut tepuk tangan meriah sejumlah wartawan yang hadir. Dan, dilanjutkan dengan pemasangan selempang lagi kepada Mikha oleh direktur Dinas Pariwisata Taiwan di Jakarta,Tuan Zhou Shi bi.
Dengan begitu, Mikha pun resmi memulai peran pentingnya dalam mempromosikan pariwisata Taiwan di Indonesia. Sebagai duta, Mikha akan memperkenalkan Taiwan sebagai destinasi wisata utama bagi para wisatawan Indonesia yang ingin mengunjungi kawasan Asia Timur, dan membantu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Taiwan.
Mikha Tambayong yang terkenal cantik dan menarik dalam setiap perannya sebagai model atau pemain sinetron ini, berbagi pengalaman pribadi untuk menjawab sejumlah pertanyaan media soal Taiwan, dengan menceritakan pesona wisata Taiwan yang paling menawan dan beragam.
Ketika Mikha pertama kali menginjakkan kaki di Taiwan pada November 2024, ia langsung terpesona oleh keindahan pesona pulau Taiwan. Selama perjalanan syuting di Taiwan, Mikha mengunjungi berbagai destinasi wisata terkenal di seluruh Taiwan, termasuk Taipei 101, Kepala Ratu di Ye liu, Danau Sun Moon, dan Museum Qi Mei, juga beberapa destinasi pariwisata lainnya yang menjadi tujuan para wisatawan dunia.
Tidak hanya menikmati berbagai macam makanan lezat Taiwan, Mikha juga mengunjungi kebun bunga yang indah, menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan, bernyanyi dan menari bersama suku asli yang ramah, serta merasakan lingkungan yang sangat ramah bagi umat Muslim.
Semua pengalaman ini tercatat dalam video promosi pariwisata Taiwan, yang bertujuan untuk memperkenalkan citra pariwisata Taiwan yang berkualitas dengan tema ‘menikmati pemandangan pegunungan, menikmati keindahan lautan, dan menjelajahi pulau yang penuh cerita & sejarah’
Melalui pengalaman langsung Mikha, Film ini diharapkan dapat dibagikan kepada para penggemar dan masyarakat umum, untuk menarik lebih banyak wisatawan Indonesia berkunjung ke Taiwan.

“Taiwan adalah pulau yang diberkahi dengan penuh keindahan oleh Tuhan!” Itulah kesan mendalam Mikha saat pertama kali menginjakkan kaki di Taiwan. Ia mengatakan, “Berwisata ke Taiwan, Anda akan merasakan kebahagiaan yang melimpah.”
Mikha sangat ingin membagikan kebahagiaan tersebut kepada semua orang—yaitu tiga H yang Taiwan berikan kepadanya: Happy(Bahagia),Healthy(Sehat),danHarmony(Harmoni), pengalaman wisata yang memenuhi segala keinginan, dari makanan, belanja, gaya hidup sehat, serta romansa yang kaya.
Dalam wawancara dengan MIkha, ia bahkan mengatakan kalau 5 hari baginya di Taiwan sangat kurang. “Saya merasa hari sangat cepat berlalu di sana karena banyak yang bisa dinikmati. Tak ada waktu yang terbuang percuma. Semua diisi dengan hal-hal Indah. Lain kali harus sebulan kalau ke Taiwan,” tutur Mikha.
Indonesia, negara dengan lebih dari 270 juta penduduk yang beragam suku bangsa, memiliki lebih dari 30 juta warga keturunan Tionghoa dan merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Indonesia merupakan salah satu pasar wisatawan yang sangat diincar oleh Taiwan.
Untuk meningkatkan brand pariwisata Taiwan di wilayah Indonesia, Taiwan Tourism Bureau membuka Taiwan Tourism Service Office di Jakarta pada tahun 2024 dan aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan promosi. Dari Januari hingga November 2024, jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Taiwan telah melebihi 200.000 orang, meningkat 11,92% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Dalam konferensi pers, Mikha juga mengungkapkan rencananya untuk mengadakan serangkaian kegiatan promosi di Indonesia tahun ini, dengan harapan membuat “Saatnya Berkunjung ke Taiwan” menjadi kenangan terindah di hati masyarakat Indonesia, serta menarik lebih banyak wisatawan Indonesia untuk berkunjung ke Taiwan.
Selain Mikha, empat influencer lainnya juga akan segera meluncurkan video promosi untuk mempromosikan empat tema utama pariwisata Taiwan: Kuliner, Gaya Hidup Sehat, Belanja, dan Perjalanan Romantis. Diharapkan, dengan daya tarik dan pengaruh para selebriti Indonesia ini, masyarakat Indonesia dapat merasakan ‘TAIWAN–Waves of Wonder’ dan mengetahui bahwa Taiwan adalah destinasi yang menyenangkan sepanjang tahun, tidak peduli itu musim semi, musim panas, musim gugur, atau pun musim dingin.
Serangkaian video promosi ini akan dimulai pada kuartal pertama 2025 dan akan dipromosikan melalui berbagai platform online, papan elektronik luar ruangan, serta pameran dan kegiatan promosi lainnya. Kampanye ini juga akan diperkua melalui berbagai platform media di Indonesia.
Pihak penyelenggara berharap, dengan proyek promosi video pariwisata Taiwan ini, lebih banyak masyarakat Indonesia akan jatuh cinta pada Taiwan dan memicu gelombang kunjungan wisatawan Indonesia ke Taiwan. (nr)