SinarHarapan.id-PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan distributor dari kendaraan Mazda di Indonesia secara resmi meluncutkan The New Mazda CX-3.
Mazda CX-3 merupakan salah satu line-up unggulan dalam kategori segmen Compact SUV milik Mazda, yang kehadirannya dengan penampilan yang lebih aesthetic, dengan sejumlah fitur fungsional terbaru.
Melengkapi peluncuran The New Mazda CX-3, PT EMI juga memperkenalkan program layanan purna jual terbaru, yaitu 5 Years MyMazda Warranty, yang akan secara otomatis disematkan pada setiap pembelian unit Mazda dengan VIN tahun 2024. Program 5 Years MyMazda Warranty memberikan fasilitas masa garansi kepada para pemilik kendaraan Mazda, sampai dengan jangka waktu 5 tahun atau 150.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu). Bersama layanan 3 Years MyMazda Service yang telah tersedia sebelumnya, berkendara dengan mobil Mazda menjadi semakin percaya diri.
Sehubungan dengan peluncuran The New Mazda CX-3, Ricky Thio, Managing Director PT EMI menjelaskan bahwa, “Kami berharap The New Mazda CX-3 dapat disambut dengan baik oleh masyarakat, bahkan mampu menciptakan sebuah standar baru dalam kategori segmen Compact SUV.”
Mazda CX-3 pertama kali diluncurkan di pasar otomotif Indonesia pada tahun 2017. Sejak awal hingga kini, Mazda CX-3 kian berkembang menjadi salah satu kontributor penting dari penjualan Mazda di Indonesia. Pada tahun 2023 lalu, Mazda CX-3 bahkan sukses menjadi line-up dengan penjualan tertinggi di Indonesia, yang menyumbang hampir 35% dari keseluruhan penjualan.
Pada Februari ini, The New Mazda CX-3 hadir dengan penampilan terbaru, sejumlah improvement pada bagian eksterior dan interiornya. Kedua varian, 1.5 Sport dan 2.0 Pro disuguhkan untuk memenuhi permintaan para penggemar dan pelanggan Mazda yang beragam. The New Mazda CX-3 varian 1.5 Sport, bagi mereka yang mengutamakan kelincahan dalam berkendara dan efisiensi bahan bakar, sementara The New Mazda CX-3 varian 2.0 Pro.
Salah satu improvement yang paling menonjol pada bagian eksterior The New Mazda CX-3 terdapat pada bagian atap mobil, yang kini hadir dengan desain warna two-tone, dengan kombinasi warna hitam yang berkilau, sehingga menampilkan looks yang lebih sporty sekaligus elegan (khusus varian 2.0 Pro).
Beralih ke bagian interior, The New Mazda CX-3 kini hadir dengan jok berbahan kulit pada varian 1.5 Sport, dan jok berbahan kombinasi kulit dan suede pada varian 2.0 Pro. Jok kursi pada varian 2.0 Pro juga semakin dipercantik dengan aksen Arrow Pattern, untuk mengekspresikan kesan dinamis The New Mazda CX-3. Panel dasbor dan door trim pada varian 1.5 Sport juga menggunakan bahan suede, sementara pada varian 2.0 Pro menggunakan bahan kulit dengan aksen dot pattern.
Baik varian 1.5 Sport dan 2.0 Pro, keduanya juga sudah dilengkapi dengan sunroof, auto dimming interior mirror, auto headlamp, dan auto wiper.
Pro hadir dengan empat pilihan warna. Salah satu pilihan warna terbaru yang termasuk dalam kedua varian adalah Aero Grey Metallic, yang terinspirasi dari dinamika udara saat mobil sedang berada di dalam di wind tunnel. Warna terbaru ini diyakini mampu memberikan nuansa modern, yang membedakan The New Mazda CX-3 dengan mobil-mobil lainnya di pasaran.
Untuk proses pengecatan warna premium, seperti Soul Red Crystal Metallic, Machine Grey Metallic, dan Polymetal Grey Metallic, Mazda telah mengaplikasikan teknologi khusus, seolah diwarnai langsung oleh tangan pengrajin terampil. Keistimewaan ini disebut dengan istilah TAKUMI-NURI, yang berarti “Artisan Colouring”.
The New Mazda CX-3 varian 1.5 Sport menggunakan mesin SKYACTIV-G 1.5L, memberikan tenaga sebesar 111 ps dan torsi sebesar 144 Nm. Sementara, New Mazda CX-3 varian 2.0 Pro hadir dengan mesin yang lebih powerful, yaitu SKYACTIV-G 2.0, dengan tenaga mencapai 149 ps dan torsi 195 Nm.
Tidak hanya itu, salah satu fitur unggulan dari The New Mazda CX-3 juga adalah G-Vectoring Control, yang sukses mewujudkan filosofi Jinba-Ittai dalam setiap momen berkendaranya. Fitur ini dirancang untuk meningkatkan responsivitas kendaraan dan kenyamanan pengemudi serta penumpang. G-Vectoring Control mampu mengurangi gaya gravitasi yang dirasakan oleh pengemudi dan penumpang saat mobil menikung, dengan cara menyesuaikan torsi pada mesin. Kombinasi mesin yang handal dan bertenaga, dengan dukungan teknologi canggih seperti G-Vectoring Control, menjadikan The New Mazda CX-3 sebagai pilihan yang sempurna bagi para penggemar mobil SUV di Indonesia.
Fitur unggulan i-Activsense yang pertama adalah, Mazda Radar Cruise Control (MRCC), yang memungkinkan pengemudi untuk menjaga kecepatan konstan di perjalanan. Sistem ini secara otomatis menyesuaikan kecepatan mobil dengan mobil di depan, menjaga jarak aman, dan memberikan kenyamanan terutama pada saat perjalanan jauh. Kedua, fitur Lane Departure Warning System, yang membantu pengemudi dengan memberikan peringatan jika kendaraan keluar dari jalur tanpa disengaja. Begitu pula dengan Smart Brake Support, yang tidak hanya memberikan peringatan namun juga dapat melakukan pengereman otomatis jika terdeteksi resiko tabrakan di depan.
Driver Attention Alert juga merupakan fitur keselamatan yang penting, membantu mengingatkan pengemudi saat mereka kehilangan fokus atau menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Sementara, Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Monitoring, dapat membantu mengurangi resiko kecelakaan dengan memberikan peringatan saat ada kendaraan di samping, atau saat mundur dari parkiran.
Setiap pembelian unit Mazda dengan VIN tahun 2024, termasuk The New Mazda CX-3 telah dilengkapi dengan program layanan purna jual 5 Years MyMazda Warranty dan 3 Years MyMazda Service. 5 Years MyMazda Warranty adalah program garansi terbaru dari Mazda Indonesia, yang berlaku selama 5 tahun atau 150.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu). Program ini melengkapi layanan purna jual yang telah tersedia sebelumnya, 3 Years MyMazda Service, yang mencakup jaminan servis (parts dan labor), selama 3 tahun atau 60.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu).
Menyambut peluncuran program layanan purna jual 5 Years MyMazda Warranty, Igor Panjaitan, selaku Customer Service Director PT EMI juga menambahkan bahwa, “Bersama dengan layanan 3 Years MyMazda Service yang telah tersedia, kami yakin bahwa berkendara mobil Mazda tidak hanya akan memberikan pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga memberikan rasa kepercayaan diri yang tinggi.”(isn)