5 December 2023

SinarHarapan.id – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan terus mendorong pengembangan ekosistem kewirausahaan dengan memberikan pembinaan kepada wirausaha mahasiswa melalui Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW).

Sebagai puncak dari program itu, ratusan mahasiswa wirausaha dari seluruh penjuru nusantara mengikuti Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIV Tahun 2023 yang digelar di Universitas Pendidikan Ganesha pada tanggal 15 – 17 November 2023.

KMI Expo menjadi kegiatan tahunan yang mewadahi mahasiswa untuk berkompetisi, mengenalkan produk bisnisnya, dan membangun jejaring bisnis dengan pemangku kepentingan seperti investor, mentor, dan pakar industri. Tahun ini, KMI Expo mengangkat tema “Entrepreneurs in Disruption Era: Adaptation, Innovation and Collaboration” dengan tujuan menginspirasi, memotivasi, dan memberdayakan para wirausaha muda Indonesia dalam menghadapi tantangan dan peluang di era disrupsi.

KMI Expo XIV 2023 diikuti oleh 275 perguruan tinggi seluruh Indonesia baik negeri maupun swasta. Adapun jumlah stan sebanyak 350, dengan 674 produk terdaftar yang terdiri dari 440 produk utama dan 234 produk pendukung. Terdapat enam kategori produk bisnis yang ditampilkan antara lain bisnis digital, budidaya, makanan dan minuman, industri kreatif jasa dan perdagangan, manufaktur, dan teknologi terapan.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Sri Suning Kusumawardani pada penutupan KMI Expo, Jumat (17/11) mengatakan bahwa KMI Expo XIV 2023 merupakan bentuk komitmen dari Kemendikbudristek untuk selalu melaksanakan berbagai program kewirausahaan demi menunjang peningkatan jumlah mahasiswa berwirausaha di Indonesia dalam mencapai Indonesia emas 2045.

“Teman-teman mahasiswa harus bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan jejaring dan persaudaraan serta kompetensi diri sebab kalianlah yang nantinya akan memimpin kemana arah bangsa ini akan berlabuh. Ingat visi Indonesia emas 2045 berada di tangan teman-teman semua maka dari itu ini merupakan langkah awal dari perjalanan teman-teman mahasiswa untuk bisa memberikan dampak yang lebih besar lagi kepada masyarakat di masa yang akan datang,” ucap Sri dalam keterangannya dikutip di Jakarta, Sabtu (18/11/2023).

Sebelumnya, Rektor Universitas Pendidikan Ganesha I Wayan Lasmawan turut menyampaikan bahwa KMI Expo XIV dapat menjadi wadah bagi para wirausaha muda untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik dalam menghadapi tantangan di era disrupsi.

“KMI Expo mengingatkan kita semua betapa pentingnya peran Indonesia muda dalam menggapai Indonesia emas pada tahun 2045 mendatang dengan memberikan kesempatan kepada wirausaha-wirausaha muda untuk bisa melakukan inovasi, eksplorasi, dan pembuktian yang nantinya dapat dituangkan dalam aktivitas membangun bangsa dan negara,” ungkap I Wayan Lasmawan.

Menurut Lasmawan, kegiatan ini sekaligus merupakan momentum untuk bisa memperkenalkan dan mempromosikan karya unggulan mahasiswa dari seluruh nusantara kepada khalayak umum untuk bisa bersaing secara lokal maupun internasional. Ia juga mengeklaim bahwa KMI Expo ke XIV merupakan KMI Expo pertama yang diadakan di luar ruangan alias outdoor, bukan di dalam ruangan seperti edisi KMI sebelum-sebelumnya.

Rachel Nathania, mahasiswa peserta KMI Expo XIV asal Universitas Pelita Harapan mengungkapkan kegiatan KMI Expo merupakan wadah yang tepat untuk dirinya dapat memperluas jaringan dengan mahasiswa di seluruh Indonesia sembari memperkenalkan produk buatannya.

“Dengan mengikuti kegiatan KMI Expo ke XIV saya ingin memperluas network saya dengan mahasiswa-mahasiswa dari universitas lain yang pastinya juga memiliki produk-produk inovasi lain dan juga tentunya saya bisa belajar bagaimana caranya memasarkan produk khususnya produk kami yakni Lawana Batik Indonesia,” ungkap Rachel.

Rachel juga berharap ke depannya semoga KMI Expo harus tetap diselenggarakan sebagai wadah para wirausahawan muda dari seluruh Indonesia untuk bisa saling berbagi ide dan inovasi.

Senada, Esther Talita Simbiak, mahasiswa peserta KMI Expo XIV dari Universitas Cendrawasih pun mengungkapkan bahwa kegiatan KMI Expo dapat memotivasi dirinya untuk terus bisa mengembangkan produk buatannya, memperluas relasi, menambah pengalaman dan ilmu wirausaha serta menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab.

Selain menampilkan produk bisnis mahasiswa, KMI Expo juga dimeriahkan oleh serangkaian acara antara lain KMI Award, Seminar Kewirausahaan, Sarasehan, Business Matching, dan Kirab Budaya, Social Media Marketing Contest. SHID/Elv/InfoPublik.id