StockReview.id – Pemegang Saham Pengendali (PSP) PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO), PT Megapratama Karya Persada (MKP) mengurangi porsi kepemilikan saham di emiten rumah sakit tersebut.

MKP merupakan anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) dengan penerima manfaat akhir (ultimate beneficial owner), James Riady.

MKP melepas sekitar 13,5 juta lot, setara 10,4 persen saham SILO kepada Sight Investment Company Ltd, perusahaan asal Singapura. transaksi itu dilakukan di harga Rp2.850 sehingga nilai transaksinya mencapai Rp3,85 triliun.

“Transaksi (tersebut) telah selesai dilaksanakan,” kata Corporate Secretary LPKR, Ratih Safitri dikutip Minggu (16/6/2024).

Usai transaksi, kepemilikan MKP atas SILO berkurang menjadi 39,2 persen dari total modal yang disetor dan ditempatkan di perseroan.

Transaksi tersebut dilakukan pada 14 Juni. Berdasarkan data broker, transaksi itu difasilitas oleh BNI Sekuritas (NI) sebagai penjual dan Ciptadana Sekuritas (KI) sebagai pembeli. Transaksi tersebut diklaim bukan transaksi afiliasi

MKP sebelumnya telah menandatangani perjanjian penjualan saham bersyarat pada 13 Mei dengan Sight Investment Company Pte. Ltd. Transaksi ini terkait dengan pembelian obligasi senior 2025 dan 2026 oleh anak usaha LPKR, Theta Capital Pte.