SinarHarapan.id-Pada periode Januari – Agustus 2022, pasar otomotif nasional catatkan raihan penjualan ritel sekitar 637 ribu unit, atau naik sekitar 20% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sekitar 527 ribu unit.
Pada periode yang sama, penjualan ritel Daihatsu hingga Agustus 2022 tercatat sebanyak 123.584 unit, atau naik sekitar 38% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 lalu sejumlah 89.601 unit.
Secara persentase, raihan penjualan ritel Daihatsu selama 8 bulan ini lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional. Selain itu, market share Daihatsu juga meningkat menjadi sebesar 19,4%, naik sebesar 2,4% dibandingkan YTD Agustus 2021 sebesar 17,0%.
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu hingga Agustus 2022 tetap didominasi oleh top 3 model, seperti Sigra sebanyak 31.043 unit, atau berkontribusi 25,1%; disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 28.650 unit (23,2%); dan Xenia dengan raihan 16.570 unit (13,4%).
“Daihatsu bersyukur dapat mempertahankan posisi penjualan nomor 2 otomotif nasional. Penjualan Daihatsu hingga 8 bulan ini bahkan telah melebihi dibandingkan periode yang sama pada tahun 2019 atau sebelum pandemi Covid-19. Semoga capaian positif ini dapat terus berlanjut, dan lebih baik dari tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).