26 February 2024

SinarHarapan.id-Zapfinance merupakan firma perencanaan keuangan independen terkemuka di Indonesia yang telah berdiri sejak 2009.

Dalam menyambut ulang tahunnya ke-14, pada 19 November 2023, Zapfinance menggelar rangkaian acara bertajuk #ZapfinancePeduliGuru untuk membantu meningkatkan dan mensosialisasikan literasi keuangan di kalangan guru.

“Dalam menyambut hari ulang tahun Zapfinance ke-14 yang bersamaan dengan Hari Guru Nasional, pada 25 November, kami membekali literasi keuangan yang baik, para guru dapat mempraktikkannya di kehidupan mereka. Selain itu para guru juga mampu memberikan literasi keuangan tersebut ke anak didiknya, dan juga orang tua murid,” ucap Prita Hapsari Ghozie – CEO & Principal Consultant @zapfinance.(23/11/2023)

Memahami pentingnya literasi pengelolaan keuangan bagi para guru, Zapfinance dengan tajuk #ZapfinancePeduliGuru mengadakan serangkaian kegiatan khusus bagi para guru untuk membantu meningkatkan literasi perencanaan keuangan mereka.

Hal ini dikuatkan dari data OJK yang menyebutkan bahwa sebanyak 42% korban pinjol ilegal adalah guru, data juga menunjukan saat ini gaji guru di Indonesia paling rendah dibandingkan dengan negara tetangga seperti: Singapura, Thailand, Filipina, dan Malaysia,”

Hal ini ditegaskan oleh Ayank Irma – Founder & Psikolog anak, remaja, dan keluarga @ruangtumbuh.id : “Kesehatan mental para guru di sekolah akan mempengaruhi proses belajar mengajar yang tentu saja akan memiliki dampak langsung terhadap para murid di sekolah. Karena seringkali permasalahan keuangan yang dialami para guru memiliki dampak psikologis yang signifikan bagi setiap orang di lingkungan sekolah,”.

Rangkaian kegiatan #ZapfinancePeduliGuru akan dimulai pada tanggal 24 November 2023 sebagai rangkaian Roadshow De’Java ke 7 kota di Pulau Jawa, di antaranya : Kota Sleman DIY, Semarang Jateng, Gunung Kaler – Banten, Depok, Bekasi, Bogor Jawa Barat dan Webinar Nasional untuk berbagai guru secara online dipusatkan dari DKI Jakarta oleh lebih dari 500 guru.

Pada kesempatan menyambut hari jadinya ke-14 ini, Zapfinance juga memperkenalkan logo barunya yang mengandung tiga filosofi, yaitu : pertama adalah menjadi wadah satu kesatuan untuk semua orang bisa belajar, berkarya dan bermanfaat di bidang literasi keuangan, direpresentasikan dari penulisan Zapfinance yang bersambung, kedua menjadi pemimpin untuk menarik gerbong literasi keuangan bagi masyarakat Indonesia direpresentasikan dari huruf Z kapital yang dominan, dan yang terakhir, Z yang berbentuk anak panah ini merepresentasikan harapan semoga Zapfinance bisa selalu melesat ke atas dengan pijakan ilmu literasi keuangan yang benar dan pondasi yang kuat, menjadi berkah bagi masyarakat untuk mencapai kesejahteraan & kebahagiaan hidup. Ketiganya merupakan perwujudan semangat baru yang memperkuat Zapfinance menjadi edukator literasi keuangan kepada masyarakat Indonesia.